Laman

Jumat, 05 Oktober 2018

ANA JOHNSON



Dilahirkan dengan nama Anna Lovisa Johnsson (Jonsson), yang lebih dikenal dengan nama panggungnya Ana Johnsson (Pengucapan Swedia: [ˈana ˈjoːnsɔn]) pada 4 Oktober 1977 di Gothenburg, Swedia, adalah seorang penyanyi dan penulis lagu Swedia, paling dikenal untuk lagu "We Are" dari soundtrack Spider-Man 2.

Johnsson dari pasangan Rolph Johnsson dan Carina G. tetapi kemudian pindah ke Sunne, sebuah desa di provinsi Värmland. Orang tua - keduanya arsitek - berkontribusi pada minatnya yang besar dalam desain, dia telah mempelajari ekonomi dan multimedia, dan bermimpi menjadi seorang desainer grafis, tetapi pada akhirnya musik menjadi fokus utamanya. Saat masih remaja ia pindah ke Karlstad dan kemudian, sebagai siswa pertukaran di Minneapolis, AS. Dia mengambil ski sebagai hobi dan menjadi seorang pemain seluncur semi profesional untuk sementara waktu. Kembali di Swedia dia menggabungkan studi dengan pekerjaan di toko rekaman dan sebagai pengelola klub malam.

Bakat menyanyi Johnsson menjadi jelas ketika dia remaja, dia pindah ke Karlstad dan menggawangi band-band cover bernama @groove dan Soulcream bersama dengan kakaknya Petter, yang bermain drum. Band-band ini memainkan versi cover lagu oleh antara lain Jamiroquai, Lenny Kravitz, Blur dan Red Hot Chili Peppers. 


Dia membuat terobosan besarnya melalui musim pertama serial TV Popstars. Dia berhasil mencapai final, setelah itu dia membentuk grup wanita R&B Excellence dengan Jenny Bergfoth, Malin Olsson, Johanna Landt, dan Susanna Patoleta. Mereka mencetak lima top 10 hits di Swedia, terjual platinum, dan menyelesaikan tur yang terjual habis. Johnsson meninggalkan band karena bukan gaya musiknya. Excellence secara singkat berlanjut sebagai band empat orang, selama waktu itu mereka merekam lagu resmi Olimpiade Musim Dingin 2002 "Vi ska vinna!" dengan Markoolio. Grup ini berpisah segera setelah single ini dirilis pada tahun 2002.

Setelah berhenti dari Excellence, Johnsson mulai bekerja sebagai artis solo. Johnsson memilih 'Ana' sebagai nama panggungnya, untuk membedakan kehidupan pribadinya dari kehidupannya sebagai seorang seniman, dan karena nama aslinya "Anna" adalah nama yang lebih umum. Pada musim gugur 2003, ia merilis single pertamanya, "The Way I Am". Ini menjadi hit radio di Swedia dan Jerman, dan mengumpulkannya nominasi untuk Penghargaan NRJ 2004. Single lebih lanjut dari debut solo 2004-nya Cuz I Can adalah "Life" dan "Cuz I Can". Album ini hanya dirilis di Swedia. 


Johnsson didekati oleh kepala Columbia Tristar selama sebuah pelayaran dan diundang untuk menyumbangkan lagu ke soundtrack Spider-Man 2. Lagunya "We Are" adalah single pertama dari soundtrack, dan dirilis di seluruh dunia untuk mendapat pujian tinggi, mencapai 10 besar di beberapa negara, termasuk Inggris, Jerman dan Jepang. Album solo keduanya, berjudul The Way I Am, dirilis secara internasional. Ini menampilkan lagu-lagu dari Cuz I Can, bersama dengan setengah lusin lagu baru, dan masuk tinggi di tangga album di hampir 20 negara. Penjualan album melebihi 500.000 dan "We Are" sendiri ditampilkan pada lima juta kompilasi yang dijual di seluruh dunia. Di Jepang, albumnya terjual lebih dari 100.000 eksemplar, membuatnya mendapatkan peringkat sertifikasi emas nomor 1 selama empat minggu berturut-turut. Single lebih lanjut dirilis meliputi "Don't Cry for Pain" yang ditulis bersama dan diproduksi oleh Max Martin, dan "Coz I Can". Pada musim panas 2005, "Coz I Can" dipilih sebagai lagu resmi untuk seri balap DTM Jerman, dimana Johnsson juga tampil secara langsung.

Pada tahun 2005, di NRJ Music Awards, Johnsson memenangkan penghargaan dalam kategori "Best Swedish Female" dan "Best Swedish Song". Di Swedia, Johnsson dinominasikan untuk semua penghargaan domestik paling bergengsi, termasuk Grammy Award. Dia memenangkan penghargaan Rockbjörnen 2005 dalam kategori "Best Newcomer" dan European Border Breakers Award untuk album "The Way I Am". Dia menjadi pembawa acara upacara NRJ Radio Awards pada tahun 2006.

Album kedua Johnsson, Little Angel, dirilis di Swedia pada 18 Oktober 2006. Album ini tidak masuk ke tangga album Swedia, meskipun baik "Days of Summer" dan "Exception" berhasil masuk tangga lagu single Swedia (masing-masing mencapai nomor tujuh dan sepuluh).

"Exception" digunakan sebagai lagu tema untuk film thriller Swedia, Exit. Johnsson juga merekam lagu "Fate" dengan band rock Finlandia Bleak dan pemain akorden Finlandia Kimmo Pohjonen, di mana Johnsson menyanyikan duet dengan penyanyi utama Bleak. Lagu ini digunakan sebagai judul lagu dari film Finlandia-Cina Jadesoturi (Jade Warrior), dan muncul di soundtracknya, yang dirilis pada 11 Oktober 2006 di Finlandia. Film ini ditayangkan pada 13 Oktober. Video musik juga telah diambil untuk lagu milik Eyesonlymedia. Pada 19 Januari 2007, lagu tersebut menerima penghargaan untuk "Lagu Nordic Terbaik" di NRJ Radio Awards.

Pada bulan Desember 2006, diumumkan bahwa lagu "Catch Me If You Can" telah dipilih sebagai lagu resmi untuk FIS 2007 Alpine World Ski Championships di Åre, Swedia, yang diadakan awal Februari. Lagu ini menjadi single ketiga dari Little Angel pada 17 Januari 2007.

Little Angel dirilis di Jepang pada 14 Februari 2007 dengan dua lagu bonus: "Falling to Pieces," yang dimasukkan sebagai B-side pada single "Days of Summer", dan lagu baru berjudul "If I'm Not Dreaming." Sebuah situs resmi Jepang baru dibuat untuk merilis album di Jepang. Dalam sebuah pesan di situs resmi, Johnsson menyatakan bahwa dia akan melakukan beberapa promosi di Jepang pada akhir Januari. Edisi deluxe untuk rilisan Jepang juga termasuk DVD, berisi video musik untuk "Exception" ditambah promosi dan video langka dan pertunjukan akustik. Album mencapai nomor 28 di chart album Oricon. Album ini telah terjual lebih dari 20.500 eksemplar di Jepang hingga 13 April 2007. "Exception" dirilis sebagai single pertama di Jepang. 


Pada tahun 2008, Johnsson menjadi wajah dari Invercote! (Iggesund Paperboard), di mana kampanye komunikasi sebagian berkisar di sekitar lagunya "Catch Me If You Can". Johnsson tampil langsung di dua layar pribadi Iggesund. Sebuah EP juga dibuat, yang menampilkan lagu "We Are", "Break Through Time" dan "Catch Me If You Can".

Pada 17 Mei 2012, Ana Johnsson mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa "musik baru dijamin, meskipun saya tidak akan mengatakan kapan". Rencana untuk kembali ke studio untuk merekam album baru selama musim gugur 2012 diberhentikan karena alasan kehidupan pribadi, setelah itu karir musiknya ditunda.

Dalam sebuah wawancara yang diterbitkan dalam edisi 31 majalah Inspire Iggesund, Johnsson mengatakan bahwa dia akan pindah ke Amerika Serikat, mengambil cuti, dan mulai menulis lagu untuk album baru. Dia tinggal di San Diego, California dari 2006 hingga 2010, setelah itu dia kembali ke Stockholm. Dia melahirkan anak pertamanya, seorang bocah laki-laki, pada 1 Juni 2011, dan memiliki bayi kedua pada Januari 2013.

Johnsson menyebut Foo Fighters, Red Hot Chili Peppers, Creed, Erykah Badu dan Jane's Addiction sebagai beberapa band favoritnya. Dia menyerbut Dave Grohl dan produser Rick Rubin adalah beberapa panutannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...