Laman

Selasa, 16 Oktober 2018

CARL HOGAN



Carl D. Hogan, dilahirkan pada15 Oktober 1917 adalah seorang gitaris dan bassis jazz dan blues Amerika. Dia dikenal karena memainkan riff gitar utama pada "Ain't That Just Like a Woman (They’ll Do It Every Time)" milik Louis Jordan yang kemudian ditiru oleh Chuck Berry untuk hitnya "Johnny B. Goode".

Hogan lahir dari pasangan Broadus Henry Hogan dan istrinya Luerena, mungkin di Louina, Alabama. Dia menghabiskan waktu sebagai seorang anak di Tallapoosa dan Atlanta, Georgia, dan di Pensacola, Florida di mana ayahnya adalah seorang pengkhotbah. Catatan sensus menggambarkan keluarga ini sebagai "mulatto". Sumber-sumber lain menyatakan bahwa ia dibesarkan di St. Louis, Missouri. Pada tahun 1940 ia tinggal di Conway, Arkansas . Karir musik awalnya termasuk jabatan pada gitar dan bass dengan Jeter-Pillars Orchestra dan George Hudson's Orchestra.

Hogan direkrut untuk bergabung dengan Louis Jordan's Tympany Five sebagai pemain bass sementara. Jordan menginginkan Po Simkins sebagai seorang bassis, tetapi Simkins tidak dapat memberi Jordan tanggal pembebasannya dari Angkatan Bersenjata AS, jadi sampai pembebasannya selesai, Hogan mengisi sebagai bassis Jordan. Dengan band Jordan, Hogan muncul di soundtrack untuk Look Out Sister (1946), Beware (1946), dan Reet, Petite, and Gone (1948). Ia tampil dalam berbagai rekaman bersama Jordan, termasuk " Choo Choo Ch'Boogie ", "Don’t Worry ‘Bout That Mule", "Ain’t That Just Like a Woman (They’ll Do It Every Time" , "Ain’t Nobody Here But Us Chickens", "Jack, You’re Dead", "Let The Good Times Roll", "Open the Door, Richard", "Boogie Woogie Blue Plate", dan "Early in the Mornin'". Pada “Ain’t That Just Like a Woman" rilisan 1946, Hogan pertama kali merekam riff gitar yang menjadi "ciri khas paling terkenal di rock 'n' roll".

Hogan terus merekam dengan Jordan and the Tympany Five hingga 1949.

Chuck Berry menggunakan riff Hogan pada tahun 1958 - hampir not per not - sebagai pengantar untuk "Johnny B. Goode". Berry juga menggunakan riff serupa di "Roll Over Beethoven", dirilis satu tahun sebelumnya. Saat menjelaskan penggunaan riff-nya, Berry mengatakan:

Pertama kali saya mendengar [riff] ini saat berada di salah satu riff milik Carl Hogan di band Louis Jordan. Kami memiliki T-Bone Walker ; Saya suka gaya [dia] dia bluesy. Jadi, letakkan sedikit Carl Hogan, sedikit T-Bone Walker, dan sedikit Charlie Christian bersama - sama, dan lihatlah rentang orang yang akan Anda buat senang! Dan menjadikannya sederhana adalah faktor penting lainnya ... untuk dapat memainkan musik saya. Jika Anda bisa menyebutnya musik saya. Tidak ada yang baru di bawah matahari.

Hogan meninggal di St. Louis pada tangga 8 Juli tahun 1977, saat berusia 59 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...