Laman

Sabtu, 27 Oktober 2018

NATALIE MERCHANT



Dilahirkan dengan nama Natalie Anne Merchant pada 26 Oktober 1963 di Jamestown, New York, AS adalah seorang penyanyi rock-penulis lagu alternatif Amerika. Dia bergabung dengan band folk rock 10.000 Maniacs pada tahun 1981, dan menjadi vokalis dan penulis lirik utama untuk grup itu. Dia tetap bersama grup untuk lima album pertama mereka dan meninggalkannya untuk memulai karir solonya pada tahun 1993. Dia telah merilis tujuh album studio.
Natalie Merchant adalah anak ketiga dari empat anak dari Anthony dan Ann Merchant. Kakek dari pihak ayah, yang memainkan akordeon, mandolin dan gitar, beremigrasi ke Amerika Serikat dari Sisilia; nama keluarganya adalah "Mercante" sebelum dirubah ke dalam bahasa Inggris.

Ketika Merchant masih kecil, ibunya mendengarkan musik (terutama Petula Clark tetapi juga the Beatles, Al Green, Aretha Franklin) dan mendorong anak-anaknya untuk belajar musik, tetapi tidak akan mengizinkan TV setelah Natalie berusia 12. "Saya sering dibawa ke simfoni karena ibuku suka musik klasik. Tapi aku diseret untuk melihat Styx ketika aku berumur 12 tahun. Kami harus menyetir 100 mil ke Buffalo, New York. Seseorang muntah di sampingku dan orang-orang merokok ganja. Saya ingat Styx punya piano putih yang naik dari panggung. Sangat mengagumkan dan inspirasional." "Dia [ibunya] memiliki lagu-lagu pertunjukan, dia memiliki soundtrack dari West Side Story dan South Pacific. Dan kemudian akhirnya ... dia selalu menyukai musik klasik dan kemudian dia menikahi seorang musisi jazz, jadi begitulah musik yang saya sukai. Saya tidak pernah benar-benar punya teman yang duduk di sekitar dan mendengarkan stereo dan berkata 'hei, dengarkan yang ini', jadi saya belum pernah mendengar siapa Bob Dylan sampai saya berumur 18 tahun." Merchant mengklaim dia tidak memiliki TV antara 1988 dan 1989: "Saya dibesarkan di sebuah rumah di mana tidak ada yang menonton berita di televisi dan tidak ada yang membaca koran. Saya telah menemukan hal-hal ini ketika saya semakin tua, dan berita telah mempengaruhi saya lebih dari sebelumnya."

Merchant mulai bekerja di toko makanan kesehatan pada usia 16 tahun. Ia menjalani sebuah karir di pendidikan khusus setelah mengikuti program musim panas untuk anak-anak cacat, tetapi pada tahun 1981 mulai bernyanyi untuk sebuah band, Still Life, yang menjadi 10.000 Maniacs.

Merchant adalah vokalis utama dan penulis lirik utama untuk 10.000 Maniacs, bergabung dalam masa pertumbuhannya pada tahun 1981 ketika ia masih menjadi mahasiswa di Jamestown Community College. Kelompok ini merekam album Human Conflict Number Five mereka , dan merekam video musik yang sesuai di Hotel Franklin dan di studio Group W Westinghouse di Jamestown, New York, pada tahun 1982. Merchant menyanyikan vokal utama, dan kemudian memainkan piano juga di tujuh studio album dengan 10.000 Maniacs. Pada tahun 1993 dia mengumumkan bahwa dia meninggalkan grup. Rekaman terakhirnya dengan band, cover dari “Because the Night” milik Bruce Springsteen dan Patti Smith di penampilan MTV Unplugged milik 10.000 Maniacs, mencapai #11 di chart single, menjadi lagu tertinggi di AS. 

Setelah dia berpisah dengan 10.000 Maniacs Merchant begitu bersemangat untuk mulai menulis materinya sendiri dimana dia pulang ke rumah hari itu dan menyusun lagu "I May Know the Word", yang semula dimaksudkan untuk muncul di soundtrack film Tom Hanks Philadelphia. Lagu ini akhirnya dicoret dari soundtrack, tetapi itu akan muncul di album solo debut milik Merchant, Tigerlily, yang dirilis pada label Elektra pada tahun 1995. Merchant memilih untuk menamai albumnya Tigerlily saat dia merasakannya menangkap nuansa album, yang digambarkannya sebagai "sengit" dan "halus".

Lagu ketiga di album, "Beloved Wife", ditampilkan sebagai lagu pertama di trailer untuk film Message in a Bottle.

Mencari kontrol kreatif, Merchant memilih untuk mendanai Tigerlily sendiri, menolak uang muka dari perusahaan rekaman. Dia juga ingin bekerja dengan kelompok inti dari para musisi muda yang dia rasa akan antusias dengan musik. Kelompok ini terdiri dari gitaris Jennifer Turner, bassis Barrie Maguire, dan mantan Wallflower dan akhirnya pacar dari Merchant, Peter Yanowitz, yang bermain drum di album dan yang terus melakukannya dengan Merchant sampai perpecahan mendadak mereka pada tahun 2000.

Tigerlily adalah sebuah kesuksesan secara kritik dan komersial, menelurkan hit top-ten pertamanya di single "Carnival", dan mencapai sukses top-40 dengan single selanjutnya "Wonder" dan "Jealousy". Album ini terjual lebih dari lima juta kopi, dan terus menjadi album Merchant yang paling sukses hingga saat ini. Merchant melakukan tur ekstensif untuk album dan membuat banyak penampilan di televisi, termasuk pertunjukan di Saturday Night Live, di Rock and Roll Hall of Fame, dan pada acara talk show pada larut malam. Pengaruh langsung dan kritik media terhadap ikon kebudayaan dan budaya menjadi minat khusus bagi Merchant. Dalam "River", sebuah lagu dari Tigerlily, Merchant membela River Phoenix saat ia menghukum media untuk secara sistematis membedah aktor cilik ini setelah kematiannya.

Tiga tahun berlalu sebelum Merchant merilis usaha solo keduanya, Ophelia. Sementara Tigerlily memiliki instrumentasi yang jarang, musik di Ophelia memiliki aransemen yang lebih rumit. Reprise pada penutupan album menampilkan aransemen simfonik yang disusun dan dilakukan oleh komposer Inggris Gavin Bryars yang akan berkolaborasi sembilan tahun kemudian untuk memasukkan soneta milik Shakespeare ke musik. Merchant memperlakukan rekaman Ophelia sebagai serangkaian lokakarya, di mana dia akan mengundang berbagai musisi yang telah dia temui selama bertahun-tahun ke dalam studio rumahnya untuk berkolaborasi dan rekaman. Pada akhirnya, 30 musisi berbeda ditampilkan di album, di antaranya frontman Brand New Heavies N'Dea Davenport (dengan siapa dia berduet di lagu "Break Your Heart"), pemain terompet Chris Botti, dan duo suami dan istri, Don dan Karen Peris dari band The Innocence Mission.

Sementara Ophelia bukanlah sebuah rekeman konsep dalam arti tradisional, judul album dan judul lagu adalah referensi sastra Ophelia milik Shakespeare. Dalam drama Hamlet, Ophelia menjadi gila dan akhirnya melakukan bunuh diri ketika Hamlet tetap tidak berkomitmen dan kehilangan dirinya. Ophelia milik Merchant menggambarkan serangkaian wanita sepanjang waktu — wanita yang berani mempertanyakan status quo patriarki dan yang sering dihukum karena melakukan hal itu — dan merupakan seruan bagi hak-hak perempuan dan untuk lebih memahami arketipe perempuan di luar lingkup "ibu" dan "pelacur", yang keduanya sangat membatasi wanita dan berusaha mengubahnya menjadi lebih dari sekadar harta. Penggambaran para wanita dalam lagu tersebut adalah penghormatan kepada tipe wanita non-tradisional yang "terlalu pintar untuk kebaikannya sendiri" yang sering disalahpahami oleh masyarakat. Saat lirik lagu itu berseru, "Your common sense, your best defense, was wasted and in vain!" Sebagai cerminan dari seorang perempuan yang didorong oleh keterbatasan sosial, penghargaan Natalie yang menggambarkan Ophelia sebagai "carmelite pemula", "hak pilih", "ratu sirkus", "demigoddess" dan "pelacur mafia". Pada artistik album, Merchant digambarkan dalam kostum berwarna-warni dan hiasan sebagai masing-masing karakter yang berbeda. Sebagai pendamping album, dia juga merilis sebuah film di mana dia menggambarkan masing-masing karakter yang berbeda ini, dengan voice-overs yang digunakan untuk "novice carmelite", "sweetheart" dan "pelacur" karena mereka masing-masing adalah bahasa Spanyol, Jerman, dan Italia.

Single pertama dari album ini adalah lagu sederhana yang bahagia dan tidak biasa yang berjudul "Kind and Generous", yang menerima penayangan besar-besaran di VH1 dan yang memperkuat peran Merchant sebagai artis solo yang bonafide. Musim panas itu, Sarah McLachlan mengundang Merchant untuk menjadi salah satu penampil utama festival musik terbesar tahun ini dengan dia, Lilith Fair. Pemaparan dari tur membantu album mencapai status Platinum hanya dalam waktu kurang dari satu tahun, dengan single berikutnya "Break Your Heart" dan "Life Is Sweet" menerima penayangan sedang di stasiun kontemporer dewasa. Tidak ada video yang difilmkan untuk yang terakhir, namun, dengan klip dari penampilan Merchant pada VH1 Storytellers digunakan sebagai gantinya. Dia juga akan muncul di Sessions di West 54th milik PBS dan Hard Rock Live milik VH1 sebelum akhir tahun ini. Pada 1998, Merchant juga merekam “But Not for Me” milik George Gershwin untuk album kompilasi dari Red Hot Organization, Red Hot + Rhapsody, sebuah penghargaan untuk George Gershwin, yang mengumpulkan uang untuk berbagai amal yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan AIDS dan memerangi penyakit.

Tur Ophelia berakhir pada tahun 1999 dengan beberapa pertunjukan terakhir yang dilakukan dan direkam di Broadway. Pertunjukan akan dirilis sebagai album Natalie Merchant: Live in Concert dengan video pendamping dengan judul yang sama. Pertunjukan itu terkenal karena menampilkan banyak cover meliputi lagu-lagu oleh David Bowie, Neil Young, dan Katell Keineg.

Pada tahun 2000, Merchant memulai sebuah tur folk di Amerika Serikat dengan banyak pertunjukan yang didukung oleh band alt-country Wilco.

Album studio berikutnya milik Merchant pada label Elektra adalah Motherland, dirilis pada tahun 2001. Motherland melihat Merchant di musiknya yang paling eksperimental. Motherland mencapai Emas di tangga lagu Billboard setelah memulai debutnya masing-masing di No. 30 di Billboard 200 dan No. 13 pada Top Internet Albums 2001. Rolling Stone menyukai album ini dengan 3½ bintang, dan juga melihat perbedaan dalam suara Merchant, yang lebih dalam dan dalam seperti Sade daripada album sebelumnya. Single yang dirilis dari Motherland adalah “Just Can’t Last", "Built a Leeve " dan "Tell Yourself".

Merchant memulai tur satu setengah tahun untuk mempromosikan Motherland. Putaran pertama dari tur dimulai di Minneapolis, Minnesota pada 17 Oktober 2001, dengan pertunjukan di seluruh Amerika Serikat, dan menuju ke Eropa dengan beberapa pertunjukan akustik khusus di Eropa. Merchant juga berpartisipasi dalam Festival Rock am Ring dan Rock im Park pada tahun 2002. Pada musim panas 2002, ia dipasangkan dengan Chris Isaak dan bermain di stadion dan arena.

Setelah kontraknya dengan Elektra berakhir pada Agustus 2002, Merchant memutuskan untuk tidak menandatangani kontrak dengan mereka lagi, atau label besar lainnya. [10] Album studio berikutnya, The House Carpenter's Daughter , dirilis pada bulan September 2003 pada labelnya sendiri, Myth America Records. Sampai saat ini, ini adalah satu-satunya rilis di Mitos Amerika.

Pada bulan Oktober 2009, situs-situs Nonesuch Records dan Natalie Merchant mengumumkan bahwa dia telah menandatangani kontrak dengan label tersebut. Leave Your Sleep dirilis pada 13 April 2010 dan merupakan kompilasi dari lima tahun inspirasi dari "percakapan" dengan putrinya selama "6 tahun pertama hidupnya". Album ini memulai debutnya di Billboard Top 200 di No 17, Billboard Folk Albums di No. 1, Amazon.com di No.1, dan iTunes, No. 3. Album ini diproduseri bersama oleh Andres Levin.

Merchant menyumbangkan cover dari "Learning the Game" milik Buddy Holly ke album tribute Listen to Me: Buddy Holly, dirilis 6 September 2011.

Pada Februari 2014, Merchant mengumumkan album berikutnya. Album ini terdiri dari karya-karya baru. Ini adalah koleksi pertama dari materi aslinya sejak tahun Motherland pada 2001. Natalie Merchant dirilis 6 Mei 2014, di Nonesuch Records dan diberi nama Album of the Week oleh The Daily Telegraph. Album ini debut di #20 di Billboard’s Top 200 album dan #2 di Billboard’s Folk Albums chart untuk minggu 24 Mei 2014. Dia melakukan tur dari 3 Juli 2014, dimulai di Kingston, New York, diakhiri di Pabst Theater di Milwaukee pada 25 Juli 2014.

Pada 2015, Merchant merilis album rekaman baru dari lagu-lagu dari album solo multi-platinum-nya. Dia meningkatkan banyak lagu dengan alat gesek dan merubah yang lainnya. Dia mengatakan, "Jarak yang ditempuh musik ini begitu meninggalkan tanganku terasa rendah, dan aku tersentuh oleh berapa banyak kehidupan yang telah disentuh di sepanjang jalan."

Merchant bertemu Michael Stipe dari band R.E.M. pada tahun 1983. Keduanya menjadi teman dekat dan akhirnya memiliki hubungan romantis. Keduanya saling menghargai sebagai inspirasi untuk beberapa penulisan lagu mereka. Dalam sebuah wawancara dengan The Independent, Stipe berkata, "Natalie benar-benar alasan pekerjaan saya dipolitisasi pada akhir tahun delapan puluhan."

Pada 2003, Merchant menikahi Daniel de la Calle dan memiliki seorang putri bernama Lucia. Dalam sebuah wawancara pada tahun 2012, dia mengindikasikan bahwa dia telah bercerai.

Dia suka berkebun dan melukis. Beberapa lukisan dapat dilihat di situs webnya.

Dia telah menjadi vegetarian sejak tahun 1980, kecuali selama masa kehamilannya ketika dia kembali makan daging untuk sementara. Pada tahun 1997, dia berkata:

Estetika '60 -an tidak pernah benar-benar menarik bagi saya, pemakai obat sambil berjalan tanpa alas kaki melalui hutan dalam pengaruh LSD. Saya rasa itu bukan saya. Tapi saya sudah menjadi vegetarian selama 17 tahun, dan saya menganggap diri saya seorang pencinta lingkungan sebanyak yang saya bisa, mengingat pekerjaan yang saya miliki. Saya lebih suka tinggal di pedesaan daripada di kota - saya merasa lebih waras dan bertahan untuk diri saya sendiri.

Pada tahun 1998, Merchant berkolaborasi dalam pembuatan album tribute Woody Guthrie, Mermaid Avenue dengan Billy Bragg dan Wilco, menampilkan materi Guthrie yang belum pernah dirilis sebelumnya. Dia menyediakan vokal untuk lagu "Birds and Ships", dan kemudian muncul di volume kedua dari album pada tahun 2000, Mermaid Avenue Vol. II, dengan vokal pada lagu "I Was Born".

Pada 2012, Merchant, bersama dengan aktor dan penulis Mark Ruffalo, menyelenggarakan konser untuk memprotes kebocoran minyak dan gas di negara bagian New York. Sebuah film dokumenter, ditulis dan disutradarai oleh Jon Bowermaster, dibuat dari peristiwa itu dan berjudul Dear Governor Cuomo. Ia mengarahkan sebuah film dokumenter pendek berjudul Shelter: A Concert Film to Benefit Victims of Domestic Violence, yang menyorot sekelompok wanita yang tinggal di wilayah pertengahan Hudson di New York State menanggapi krisis kekerasan rumah tangga di lingkungan mereka dengan belas kasih dan kreativitas. Itu terinspirasi oleh sebuah peristiwa One Billion Rising, sebuah kampanye global yang menyerukan untuk mengakhiri kekerasan terhadap perempuan, yang diadakan pada tanggal 14 Februari 2013. Merchant mempresentasikan pemutaran film di Old Dutch Church di Kingston, New York, pada hari dari One Billion Rising for Justice.

Merchant, seorang pengkritik yang terang-terangan dari Presiden Donald Trump, berpartisipasi dalam protes anti-Trump yang diselenggarakan oleh Mark Ruffalo dan Michael Moore, yang diadakan di luar Trump International Hotel and Tower di New York City pada 19 Januari 2017. Merchant menampilkan single "Motherland" -nya. Dia menutup acara dengan kelompok yang menyanyikan lagu milik Woody Guthrie berjudul "This Land is Your Land". Acara ini diliput oleh CNN dan disiarkan langsung.

Merchant adalah seorang anggota dari Badan amal Kanada Artists Against Racism dan telah bekerja dengan mereka di masa lalu pada kampanye kesadaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...