Laman

Jumat, 08 April 2016

STEVE HOWE


Lahir dengan nama lengkap Stephen James Howe pada 8 April 1947 di Holloway, London utara dan adalah anak bungsu dari empat anak. Dia tumbuh dengan mendengarkan musik brass band. Dia menyebut beberapa pengaruh dari koleksi rekaman orangtuanya termasuk Les paul dan Tennessee Ernie Ford. Selan ini, Howe mendengarkan gitar dan jazz klasik, menyebut Barney Kessel sebagai pengaruh utamanya, “permainannya luar biasa campuran dari ‘single line’ dan ‘chords’, yang menginspirasi saya untuk percaya bahwa setiap gitaris yang tidak mengerti kord tidak akan bisa memaonkan lebih dalam alur tunggal karena mereka sangat berhubungan”. Howe juga menyebut Wes Montgomery dan Chet Atkins, yang dia dengar pertama kali pada 1959, sebagai sebuah inspirasi besar. Howe mengatakan dia mengambil ilmu dari Atkins, “ide dimana seorang gitaris dapat memainkan segala gaya permainan gitar.” Howe bersekolah di Hollowat School.

Howe menerima gitar pertamanya, sebuah skustik f-hole, sebagai hadiah Natal dari orangtuanya pada usia 12 tahun dan kemudian mulai bermain di gedung-gedung lokal. Dia membeli gitar listrik pertamanya, sebuah Guyatone solid body, sekitar 1961, dan salah satu gitar yang paling identik dengan Gibson ES-175D, pada 1964. Tentang gitar ini, Howe mengatakan: “Tak seorangpun bermain archtop, gitar hollowbody dalam sebuah rock band. Orang-orang tertaw pada saya dan berpikir saya sangat aneh. Bagi saya, itu sebuah obyek seni, itu bukan hanya sebuah gitar.” Dia membuat rekaman pertamanya, “Maybellene”-nya Chuck Berry, pada 1964 dengan The Syndicats, dengan produser Joe Meek. Dia dan anggota lain dari Tomorrow ambila bagian dalam pertarungan roti dalam komedi 1967 tentang kaum Mod di London, Smashing Time, dibintangi Rita Tushingham, Lynn Redgrave, dan Michael York. Pada 1968, dia merekam album baik dengan Tomorrow (awalnya bernama The In Crowd) dan Bodast.


Howe menolak tawaran baik dari The Nice dan Jethro Tull saat menunggu sebuah kontrak rekaman untuk rekaman bagi Bodast, tapi label prospektif grup menjadi bangkrut. Dia kemudian didekati oleh para anggota Yes sebagai pengganti yang layak untuk Peter Banks, yang muncul di dua album pertama grup.


Pada Juni 1970, Howe bergabung dengan Yes dan setelah beberapa gig, termasuk Lyceum Theatre, London, (dimana versi “Clap” di The Yes Album direkam), band menuju ke sebuah lading di Devon untuk melatih dan menulis materi baru. Howe ada di gambar dengan grup di jaket non Eropa dari album kedua mereka, Time and a word, yang dirilis pada Agustus, walaupun itu adalah Banks yang sebenarnya bermain di rekamanitu. Album Yes pertama dimana Howe bermain adalah The Yes Album. Gitar listik dan akustik Howe, bergabung dengan vokal Jon Anderson, bass Chris Squire, dan kibord Tony Kaye dilihat sebagai bagian penting dari sound awal band. Dirilis pada 1970, album ini adalah terobosan komersil bagi grup. Setelah kepergian Kaye pada 1971, penggantinya oleh Rick Wakeman untuk album selanjutya, Fragile, menciptakan sound Yes klasik dari Anderson-Howe-Squire-Bruford-Wakeman bersatu dengan puncak pencapaian awal band dengan Fragile, grup telah merilis salah satu karya mereka paling sukses, sebuah album lompatan yang mencuatkan status mereka sebagai salah satu grup rock progresif paling produktif pada saat itu. Di musim semi 1971, baik Wakeman dan Howe berkontribusi pada rekaman album solo pertama Lou Reed sebagai musisi sesi, bekerja bersama untuk pertama kalinya pada kesempatan ini.


Untuk suara gitar listrik dan akustiknya yang telah mendapatkan pengakuan, Howe menambahkan pendekatan yang unik dengan pedal steel guitar di album selanjutnya, Close to the Edge, dirilis pada 1972. Gitar klasiknya yang telah terlatih berpadu dengan eksperimentasinya, membantu menghasilkan gaya permainan  yang unik diantara para musisi, sedangkan grup sebagai kesatuan mengambil posisi sebagai band rock progresif terdepan. Mengikuti Close to the Edge, Howe bermain di Tales from Topographic Oceans, Relayer, Going for the One dan Tormato, menjadikan salah satu band paling sukses pada dekade itu. Dua dari lima album ini mendapatkan sertifikasi platinum di AS, dan tiga lainnya disertifikasi emas.


Pada Oktober 1975, Howe merilis Beginnings, album solo pertamanya. Yang menampilkan anggota band Yes Alan White, Bill Bruford dan Patrick Moraz dan mencapai nomor 63 di tangga album AS dan nomor 22 di UK. Album solo keduanya, The Steve Howe Album, dirilis pada Nopember 1979. Howe bermain sendiri di separuh lagu, sedangkan yang lain menampilkan lagi White, Bruford dan Moraz, bersama dengan vokalis Claire Hamill. Sejak 1991, Howe telah merilis rekaman solo hampir setiap tahun, terentang dari akustik ke progresif ke penghormatan Bob Dylan. Pada 2001, Howe merilis Natural Timbre, secara eksklusif dengan gitar akustik. Putranya Dylan, kini adalah seorang musisi jazz terhormat, memainkan drum di rilisan solo instrumentalnya pada 1998, Quantum Guitar, sedangkan Elements, dirilis pada 2003, menampilkan baik Dylan dan putra bungus Howe, Virgil (kibord dan vokal), sebagai bagian dari proyek bernama Remedy.


Pada awal 1980, Anderson dan Wakeman meninggalkan grup dan digantikan beberapa minggu kemudian oleh Trevor Horn dan Geoff Downes. Drama pada 1980, memperlihatkan perubahan gaya untuk Yes, menggabungkan elemen new wave ke adonan rock progresif mereka. Howe terus dengan band hingga Yes bubar secara resmi pada awal 1981. Walaupun grup kembali bersama kurang dari satu tahun kemudian. Howe tidak disertakan dalam lineup baru. Setelah beberapa tahun kemudian, Howe  berkontribusi pada beberapa album yang diproduseri Horn untuk artis-artis lain (termasuk Frankie Goes To Hollywood dan Propaganda). Yes merilis dua album tanpa Howe (digantikan oleh Trevor Horn), 90125 pada 1983 dan Big Generator pada 1987, keduanya dianggapa sebagai arah baru grup, melompat ke genre pop rock dan new wave.


Pada 1981, Howe, John Wetton (King Crimson, U.K.), Carl Palmer (Atomic Rooster, Emerson, Lake & Palmer), dan Geoff Downes (The Buggles, Yes) membentuk band Asia, tapi setelah dua album terkenal dan beberapa single hit, Howe meninggalkan band karena perbedaan dengan Wetton.


Pada 1985, Howe membentuk supergrup GTR dengan mantan gitaris Genesis Steve Hackett. Album mereka satu-satunya, GTR, mencapai nomor 11 di AS, dan disertifikasi emas. Single utama album ini juga sukses, mencapai nomor 14 di Hot 100. Namun, minat Hackett dalam mengejar proyek solo membawa akhir dari grup. Grup juga tidak setuju tentang bagaimana penghasilan band harus dipisahkan.


Pada 1988, Jon Anderson meminta Howe, Wakeman, dan Bill Bruford jika mereka bisa ambil bagian di proyek barunya. Howe berkontribusi beberapa ide lagu untuk album Anderson Bruford Wakeman Howe. Kuartet baru ini secara virtual adalah reformasi lineup Close to the Edge-nya Yes (minus Squire), menyebabkan perselisihan hukum terhadap kepemilikan nama “Yes”. Akhirnya, dibawah tekaman baik dari manajemen dan label, mereka semua bersatu dengan para anggota “resmi” Yes (Tony Kaye, Trevor Rabin, Chris Squire dan Alan White) sebagai lineup “mega-Yes” untuk merekam album, Union, yang dirilis pada 1991. Walaupun album ini lumayan sukses, Howe meninggakan grup untuk kedua kalinyadi tahun berikutnya.


Pada 1991, Howe berkontribusi solo gitar flamenco untuk single nomor satu “Innuendo” oleh Queen, sesuatu yang dia katakana dia sangat bangga untuk memainkannya. Saat Geoff Downes mereformasi Asia pada 1992, Howe kembali memainkan gitar di Aqua di enam lagu dari 13 lagu di album itu, juga bermain di tur Aqua Club mereka sebagai tamu khusus. Pada 1983, Howe memainkan gitar dan ikut menjadi produser Symphonic Music of Yes, sebuah album aransemen orkestra dari lagu-lagu Yes klasik. Dia kemudian meninggalkan band setelah label Victory Music tidak memberinya undangan untuk berpartisipasi di sesi studio yang membawa pada album Talk tahun 1994.


Howe bergabung kembali dengan Yes untuk ketiga kalinya pada 1995 untuk rekaman Keys to Ascensuib dan Keys to Ascension 2, dua album ganda yang berisi baik trek live dan studio. Sejak Keys to Ascension, Howe telah muncul pada setiap album yang direkam oleh Yes. Kemudian, pada lima tahun berikutnya, grup merilis Open Your Eyes pada 1997, The Ladder pada 1999 dan Magnification pada 2001, sebelum melakukan hiatus empat tahun antarea 2004 dan 2008. Mengikuti hiatus mereka, Yes merilis Fly from Here pada 2011 dan Heaven & Earth pada 2014.


Pada 24 Mei 1996, Howe menerima doktor kehormatan di Musical Arts (DMA) dari Five Towns College di Dix Hills, New York. Juga pada 1996 dia bermain dengan Asia pada sebuah lagu berjudul Ginger yang diperuntukkan bagi Arena, tapi tidak dimasukkan dalam album dan dirilis pada Archiva Vol. 1 kemudian di tahun itu. Dia juga menambahkan gitarnya untuk dua lagu dari Arena, yang dirilis pada 2001.


Pada 2007, Howe mendirikan Steve Howe Trio, sebuah band jazz dilengkapi oleh putranya Dylan pada drum dan Ross Stanley pada organ Hammond. The Steve Howe Trio telah merilis dua album: sebuah album studio, The Haunted Melody pada 2008 dan sebuah album live,Travelling pada 2010.


Howe bergabung kembali dengan tiga anggota pendiri lain dari Asia di tur reuni ulang tahun ke 25 pada akhir 2006. Sejak itu Asia telah merilis sebuah DVD, Fantasia, dan sebuah CD musik berjudul Phoenix pada April 2008. Pada awal 2010 band merilis CD reuni kedua mereka, Omega. Album reuni ketiga band berjudul XXX dirilis pada Juli 2012. Pada 10 Januari 2013, Howe meninggalkan band untuk ketiga kalinya, untuk fokus pada Yes, karya solo dan trionya. Tiga anggota pendiri yang tersisa memutuskan untuk berlanjut tanpa dia. Dia digantikan oleh Sam Coulson.


Pada Maret 2015, sebuah koleksi dua disk, 33 lagu dari materi solo Howe dirilis sebagai Anthology. Howe mendukung perilisannya dengan tur solo di UK pada April 2015.


Howe dipilih sebagai “Best Overall Guitarist” di majalah Guitar Player lima tahun berturut-turut (1977-1981) dan pada 1981 adalah pemain gitar rock pertama yang dilantik ke dalam Guitar Player Hall of Fame. Hanya dua gitaris lain yang memenangkan kategori “Best Overall Guitarist” untuk “Gallery of Greats” adalah Steve Morse dan Eric Johnson.


Gibson Guitar Corporation, pembuat gitar listrik kedua Howe (yang masih dimainkan 40 tahun kemudian), mengatakan bahwa Howe “merubah gitar rock menjadi bentuk seni” dan “membantu menentukan gaya musik baru yang dikenal sebagai art rock.” Dalam sebuah penghormatan Howe dan gitar ES-175 favorit pribadinya, Gibson memproduksi sebuah Steve Howe Signature ES-175 pada 2002.


Pada 2012 Howe mengatkan praktek lamanya dari Transcendental Meditation:

Saya telah bereksperimen dengan pendekatan yang berbeda untuk meditasi untuk beberapa saat dan kemudian pada 1983 saya mengambil meditasi transcendental sebagai praktek untuk saya. Saya masih melakukannya. Saya sangat menyukainya dan juga banyak orang lain. Itu bukan permintaan. Ini bukan tentang sebuah agama. … Itu memiliki efek besar, positif bagi saya. Saya mengetahuinya dengan yakin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...