Laman

Senin, 04 April 2016

MIKE STARR




Lahir dengan nama Michael Christopher Starr pada 4 April 1966 di Honolulu, Hawaii, dikenal sebagai bassis asli Alice In Chains, dimana dia bermain dengan band dari tahun 1987 hingga 1993.


Pada 1983, Starr membentuk sebuah band heavy metal SATO, grup pertamanya yang tercatat. Mereka dikenal dengan lagu "Leather Warriors" yang muncul di Northwest Metalfest, sebuah album kompilasi yang menampilkan beragam band metal yang dirilis pada 1984 oleh label Seattle lokal Ground Zero Records. Starr dengan singkat bergabung dengan band lain dengan nama Gypsy Rose, yang menyertakan produser Alice N' Chains awal Tim Branon pada vokal utama dan rekan seband masa depannya Jerry Cantrell pada gitar. Starr dan Cantrell meninggalkan Gypsy Rose dan keduanya mulai bekerja sama untuk membentuk sebuah band. Pertama, mereka mengontak drumer Sean Kinney, yang secara kebetulan mengencani adik Starr Melinda pada saat itu dan telah bertukar nomor telepon dengan rekan sekmar Cantrell Layne Staley. Kemudian trio ini mulai manggung apa yang Cantrell dan Kinney kemudian katakan sebagai audisi palsu untuk memancing Staley bergabung dengan band mereka. Kemudian, Staley keluar dari band lain dimana dia bergabung pada saat itu dan bergabung dengan band mereka.


Band ini mendapatkan perhatian besar di wilayah Seattle bermain dibawah beberapa nama yang berbeda sebelum mereka pada akhirnya mantapa dengan nama Alice In Chains, yang mereka ambil dari band terdahulu Staley Alice N' Chains. Band ini kemudian tekan kontrak dengan Columbia Records dan menikmati sukses besar via penjualan rekaman dan siaran radio di gerakan grunge awal 1990an. Starr dengan grup untuk album-album Facelift dan Dirt dan EP Sap.

Starr meninggalkan grup saat tur untuk mendukung album Dirt. Menurut mantan penyanyi Layne Staley, di sebuah artikel Rolling Stones dari Februari 1994, kepergian Starr dari Alice In Chains berasal dari "sebuah perbedaan prioritas. Kami ingin terus tur dan wawancara secara intens, Mike siap untuk pulang." Namun, Starr menyebut dalam sebuah episode Celebrity Rehab bahwa dia dikelaurkan dari band karena kecanduan berat akan narkoba. Starr kemudian dipekerjakan untuk bermain bass di band Sun Red Sun, yang menampilkan Ray Gillen dan Bobby Rondinelli, keduanya mantan anggota Black Sabbath. Proyek ini dihentikan secara singkat oleh kematian Gillen pada 1993. Setelah pembubaran Sun Red Sun, Starr tidak lagi bermain musik secara profesional hingga 2010.


Pada 2010, Starr dilaporkan sedang bekerja dengan bandnya, yang termasuk tur dengan band Dauys of the New. Namun, ini hanya singkat karena kematian mendadaknya.

Starr tampil di musim ketiga dari seri tv realitas VH1 Celebrity Rehab with Dr. Drew pada 2010, yang mendokumentasikan perawatannya untuk kecanduan methadone dimulai pada Agustus 2009 di Pasadena Recovery Center. Kehidupannya yang telah bersih kemudian didokumentasikan di spinoff Sober House. Dia dan sesama pecandu yang sembuh Mackenzie Phillips dan Tom Sizemore muncul di episode ke 8 dari musim ke 4 Celbrity Rehab untuk mengisi pengakuan tentang kesembuhan mereka pada para pasien musim itu. Selama pemunculan ini, Starr telah sembuh selama 7 bulan dan 7 hari.

Dalam sebuah wawancara di Celebrity Rehab-mya VH1 dengan ibu Layne Staley, Nancy McCallum, Starr berkata dia menghabiskan waktu dengan Staley satu hari sebelum dia meninggal pada hari ulang tahun Starr 4 April. Starr mengklaim bahwa Staley sangat sakit tapi tidak memanggil 911. Kedua mantan rekan seband ini kemudian berargumen, yang pada akhirnya Starr pergi. Starr menyatakan bahwa Staley memanggilnya saat dia pergi: "Bukan seperti ini, jangan pergi seperti ini". Sejak Staley diyakini meninggal satu hari kemudian, pada 5 April, Starr mengekspresikan penyesalan bahwa dia tidak memanggil 911 untuk menyelamatkan hidup temannya; Starr melaporkan bahwa Staley mengancam untuk mengakhiri pertemanan mereka jika dia melakukannya. Starr adalah orang terakhir yang melihat Staley hidup. Wawancara berakhir dengan Starr meminta maaf pada McCallum untuk tidak memanggil 911, tapi McCallum yakin bahwa baik dia atau siapapun di keluarganya menyalahkan Starr karena kematian Staley. Dia juga mengatakan pada Starr: "Layne akan memaafkanmu. Dia akan berkata, 'Hey, aku melakukan ini. Bukan kamu.'" Dengan perkataan itu, Starr masih menyalahkan dirinya untuk kematian Stakey. Starr tetap menjaga cerita ini menjadi rahasia hingga pemunculannya di Celebrity Rehab pada Agustus 2009. Selain itu, selama wawancara ini Starr mengklaim bahwa Staley menyelamatkan hidupnya saat Alice In Chains sedang tur pada januari 1993 dengan Nirvana. Baik Staley dan Kurt Cobain memberinya suntikan heroin pada malam saat tur. Tepat setelah Staley menyuntiknya lagi, Starr pingsan, tapi dengan cepat ditolong oleh Staley dengan memberinya CPR. Starr kemudian mengingat saat bangun Staley menangis secara histeris.

Baik Jerry Cantrell dan Sean Kinney mengjritik acara Celebrity Rehab, menyebutnya "menjijikkan'. Namun, mereka berhenti mengkritik mantan rekan seband mereka dan mengekspresikan harapan bahwa Starr akan merubah hidupnya. "Saya secara total mendukung Mike dan saya mendukung usahanya untuk berish dan menjadi seseorang yang saya dan band sangat pedulikan," kata Cantrell. "Dia teman kami, dan kami mengharapkan yang terbaik bagi dia." Kinney juga berterima kasih pada Starr dengan semua anggota Alice In Chains baik dulu dan sekarang dalam catatan kaki di album Black Gives Way to Blue-nya Alice In Chains.

Pada 8 Maret 2011 pada pukuk 1:42 pm, polisi dipanggil ke sebuah rumah di Salt Lake City dimana mereka menemukan mayat Starr yang berusia 44 tahun. Sebuah acara pribadi diadakan untuk Starr di Experience Music Project pada 20 Maret 2011. Ada sejumlah 400 orang yang hadir, termasuk mantan rekan seband Jerry Cantrell dan Sean Kinney. Dr. Drew Pinsky mengatakan bahwa kematian Starr akibat dari "overdosis narkoba". Penasehat kecanduan narkoba Bob Forrest mendeskripsikan Starr dan sesama alumni Celebrity Rehab Jeff Conaway (yang meninggal dua setengah bulan kemudian) sebagai "pecandu pada umumnya."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...