Laman

Selasa, 05 April 2016

LES BINKS




Dilahirkan dengan nama lengkao James Leslie Binks pada 5April 1948 di Portadown, Irlandia Utara. Dia terkenal sebagai mantan drummer Judas Priest.

Mantan drummer untuk Eric Burdon, Binks adalah drummer di album Roger Glover tahun 1974, the Butterfly Ball and the Grasshopper’s Feast, yang menampilkan nama-nama legendaris seperti David Coverdale, Glenn Hughes, dan Ronnie James Dio sebagai vokalis. Album ini dimulai sebagai soundtrack untuk filem animasi berdasarkan sebuah buku terkenal di Inggris. Glover menggunakan penyanyi yang berbeda untuk karakter yang berbeda, tapi sebuah promo untuk filem tidak pernah mendapatkan perhatian, maka proyek ini dihentikan. Glover kemudian merilis soundtrack dengan judul ‘Roger Glover and Friends’. Vokalis Eddie Hardin ikut menulis 3 lagu dalam album  dengan Glover dan kemudian merilis proyek yang ditulis dan diproduseri sendiri, yang pertama adalah Eddie Hardin’s Wizard’s Convention pada 1976, yang kembali melibatkan Binks pada drum dengan David Coverdale dan Jon Lord-nya Deep Purple pada piano. Baik Butterfly Ball dan Wizard’s Covention ditempatkan bersama dan dirilis ulang beberapa kali sebagai CD combo, dan label Teichiku dari Jepang mengedarkan kompilasi CD mereka berjudul Best of Rare Collection dan menjualnya sebagai album Deep Purple. Melalui koneksi Glover, Judas Priest mengaudisi dan mempekerjakan Binks pada tur dunia 1977 mereka – yang pertama di Amerika. Dia juga bermain untuk band Inggris Fancy yang memiliki dua hit di AS dengan sebuah cover “Wild Thing”, dan “Touch Me”.


Binks bertahan dengan Judas Priest selama dua tahun dari Maret 1977 hingga Juli 1979, merekam dua album studio dan satu LP live. Meskipun dia melakukan permainan drum yang impresif di Stained Class dan Killing Machine, Binks memiliki kesulitan memainkan saat live. Terlebih lagi, Judas Priest pada saat ii mencari sound yang lebih berorientasi groove dengan permain Binks yang terinspirasi jazz. Saat ditanya jika dia bisa merubah gayanya, dia menjawab bahwa itu tidak mungkin dan dia berpisah dengan band dibawah syarat tertentu tidak lama sebelum mulai jadwal Amerika Utara dari tur Killing Machine. Judas Priest mempekerjakan Dave Holland dari Trapeze dan menjadi drummer mereka selama 1980an. Judas Priest menyelesaikan dekade itu dengan mempekerjakan drummer teknikal lainnya Scott Travis, menghasilkan banyak lagu era Binks dimunculkan kembali di daftar lagu panggung mereka. Binks ikut dikreditkan untuk lagu “Beyond the Realms of Death” di album Stained Class. Menurut memoir band dia mengambil salah satu gitar, memutarnya (karena dia kidal) dan memainkan kord pertama yang nantinya menjadi alur gitar utama dari lagu itu. Meskipun suara gitar dari lagu itu berbeda dari output Downing dan Tipton, memiliki rasa “medieval ballad” yang agak sendu.

Pada 1979 Binks bergabung dengan Charlie Whitney dan Axis Point dan tetap aktif di hard rock/heavy metal bawah tanah Inggris. Pada 1981, dia adah anggota dari Lionheart yang menampilkan Dennis Stratton (mantan Iron Maiden) pada gitardan Jess Cox (mantan Tygers of Pan Tang) pada vokal. Naumun, ini hanya sesaat dan tidak menghasilkan album, walaupun mereka membuka untuk Def Leppard di tur Inggris mereka pada 1981. Juga pada 1981, Binks bermain di album Finardi oleh penyanyi rock Italia Eugenio FInardi.


Kemudian, Binks bermain di sebuah band cover rock klasik di sekitar London Selatan bernama the Shakers dengan Dave Bunce, gitaris yang terhubung dengan Jeff Beck dan mantan gitaris Alice Cooper Pete Friesen dan vokalis/gitaris Tom Lundy dari The Poormouth. Anggota band lainnya adalah bassis Phil Rynhart, anggota pendiri dari The Poormouth. Binks dan Friesen juga bermain bersama di Metalworks bersama dengan mantan gitaris Iron Maiden Tony Parsons (Tony adalah salah satu dari sejumlah gitaris yang bermain sebentar di Maiden pada 79 sebelum Dennis Stratton bergabung dengan band), memainkan Judas Priest, Iron Maiden, dan cover band metal legendaris lainnya di sekitar London. Binks juga bermain secara singkat dengan trio country/folk/pop Irlandia bernama the Faintin’s Goats juga tur dengan Lionheart pada 1981 dan Tytan (1982-1983) tidak lama setelah merilis single pertama mereka.


Pada 2015 Binks bermain live di seputar London dengan band cover Broken Bones dengan mantan anggota Bad II to the Bone Ed dan Smiffy dan band prog folk rock Kindred Spirit asli yang telah merekam sebuah album, berjudul “Phoenix Rising”.
 
Selama 2017 dan 2018, dia menampilkan lagu-lagu klasik Judas Priest live dengan sebuah band baru bernama Les Binks’ Priesthood.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...