Laman

Selasa, 05 April 2016

MIKE McCREADY




Lahir pada 5 April 1966 dengan nama lengkap Michael David McCready di Pensacola, Florida, tapi keluarganya pindah ke Seattle, tidak lama setelah kelahirannya. Saat dia masih anak-anak, orangtuanya memainkan Jimi Hendrix dan Santana; sedangkan teman-temannya mendengarkan Kiss dan Aerosmith, McCready sering memainkan drum bongo. Pada usia 11 tahun, McCready membeli gitar pertamanya dan mulai belajar.

Di kelas delapan, McCready membentuk band pertamanya, Warrior, yang namanya segera berubah menjadi Shadow. Aslinya sebuah band cover bermain selama periode libur di Roosevelt High School, band ini akhirnya mulai menulis materi asli dan merekam demo tape. Setelah SMA, McCready bekerja si sebuah restoran pizza dimana dia berteman dengan musisi Peter Droge. Pada 1986, Shadow pindah ke Los Angeles dan berusaha mendapatkan kontrak rekaman. Namun, menurut McCready:

Kami bermain untuk sepasang bartender disana, tapi walaupun itu adalah sebuah skena yang buruk, itu adalah sebuah pengalama yang bagus. Pada dasarnya, kami bukan band yang bagus, dan kami tidak menyadarinya hingga kami tiba disana. Saya rasa kami kehilangan fokus kami, benar-benar kosong dan kembali ke Seattle.

Pada 1988, Shadow kembali ke Seattle dan bubar tidak lama berselang. McCready kehilangan minat dalam bermain gitar untuk beberapa saat, menyatakan bahwa dia “sangat tertekan karena kehidupan.” Dia memotong rambutnya, mendaftar di sebuah komunitas lokal, dan menghabiskan malamnya bekerja di sebuah toko video. Dia menyebu seorang teman bernama Russ Riedner untuk “membawa saya keluar dari kampus dan kembali bermain gitar.” McCready terinspirasi untuk bermain gitar lagi setelah menghadiri konser Stevie Ray Vaughan di The Gorge Ampitheatre di George, Washington. McCready berkata:

Saat dia mulai memainkan “Couldn’t Stand the Weather”, awan besar ini bergulung diatas kepala, dan hujan mulai turun. Saat lagu berakhir, hujan berhenti! Itu seperti sebuah pengalaman relijius, dan merubah saya. Hal itu mengangkat saya kelyar dari pikiran negative dimana saya berada, dan membuat saya bermain lahi. Saya berterima kasih padanya selamanya untuk itu.

McCready kembali bermain gitar dan akhirnya bergabung dengan band lainnya bernama Love Chile. Seorang teman masa kecilnya, Stone Gossard, pergi ke salah satu pertunjukan band dan mengapresiasi McCready setelah mendengarnya membawakn “Couldn’t Stand the Weather”-nya Stevie Ray Vaughan. Gossard telah mengenal McCready lama sebelum SMA saat keduanya saling bertukar gambar band. Setelah pembubaran band Gossard Mother Love Bone, dia bertanya pada McCready jika ia ingin bermain musik bersama dengannya. Setelah beberapa bulan berlatih bersama, McCready mendorong Gossard untuk menghubungi lagi teman alumnus Mother Love Bone, Jeff Ament.


Trio ini berkeinginan membuat band mereka sendiri saat mereka diundang untuk menjadi bagian proyek Temple of the Dog yang didirikan oleh Chris Cornell-nya Soundgarden sebagai penghargaan musik untuk frontman Mother Love Bone Andrew Wood, yang meninggal karena overdosis heroin pada usia 24 tahun. Cornell adalah teman sekamar Wood. Lineup band dilengkapi oleh drummer Soundgarden Matt Cameron.

Band mulai berlatih lagu-lagu yang ditulis Cornell saat tur sebelum kematian Wood, juga pengerjaan ulangbeberapa materi yang ada dari demo yang ditulis oleh Gossard dan Ament. Ini adalah pengalaman rekaman studio pertama McCready, dan dia mengambil peran sentral di proyek itu. McCready menampilkan solo epik empat menit lebih untuk “Reach Down”. Menurut Cornell, monitor headphone McCready terlempar selama rekaman solo itu, dan dia memainkan sisanya tanpa bisa mendengarkan trek latar. McCready menganggap trek ini menjadi salah satu momen paling membanggakannya. Proyek ini akhirnya menampilkan vokalis Eddie Vedder, yang tiba di Seattle untuk audisi sebagai penyanyi untuk band Ament dan Gossard berikutnya, yang kemudian menjadi Pearl Jam. Vedder menyanyikan duet dengan Cornell pada lagu “Hunger Strike” dan mengisi vokal latar di beberapa lagu lainnya. Band memutuskan bahwa itu materi yang cukup untuk sebuah album penuh dan pada April 1991 Temple of the Dog dirilis melalui A&M Records.


Pearl Jam dibentuk pada 1990 oleh Ament, Gossard, dan McCready, yang kemudian merekrut Vedder dan drummer Dave Krusen. Band awalnya memakai nama Mookie Blaylock, tapi terpaksa merubahnya saat band teken kontrak dengan Epic Records pada 1991. Setelah sesi rekaman untuk Ten selesai, Krusen meninggalkan Pearl Jam pada Mei 1991. Krusen digantikan oleh Matt Chamberlain, yang sebelumnya bermain dengan Eddie Brickell & New Bohemians. Setelah memainkan hanya sedikit pertunjukan, yang salah satunya difilemkan untuk video “Alive”, Chamberlain pergi untuk bergabung dengan band Saturday Night Live. Sebagai penggantinya, Chamberlain menyarankan Dave Abbruzzese, yang bergabung dengan grup dan memainkan sisa pertunjukan Pearl Jam untuk mendukung album Ten.

Ten membuat band masuk ke mainstream, dan menjadi salah satu album alternative terlaris pada 1990an. Band dengan segera menjadi terkenal dan perhatian diberikan untuk kancah musik Seattle dan genre yang dikenal sebagai grunge. McCready sering membuat solo, dan menambahkan sentuhan blues ke musik mereka (terpengaruh oleh Stevie Ray Vaughan. Single “Jeremy” menerima nominasi Grammy Award untuk Best Rock Song dan Best Hard Rock Performance pada 1993. Pearl Jam menerima empat penghargaan di the 1993 MTV Video Music Awards untuk video musik untuk “Jerem”, termasuk Video of the Year dan Best Group Video. Ten ada di rangking nomor 207 di daftar majalah Rolling Stones the 500 greatest albums of all timr, dan “Jeremy” ada di rangking nomor 11 di daftar VH1 the 100 greatest songs of the ‘90s.

Mengikuti jadwal tur yang padat, band masuk ke studio untuk merekam album kedua mereka, Vs., yang dirilis pada 1993. Saat dirilis, Vs. direncanakan pada saat itu agar semua rekamannya terjual dalam satu minggu, dan menghabiskan lima minggu di nomor satu di Billboard 200. Vs. dinominasikan untuk Grammy Awards for Best Rock Album pada 1995. Dari Vs., lagu “Daughter” menerima nominasi Grammy untuk Best Rock Performance by a Duo or Group with Vocal dan lagu “Go” menerima nominasi Grammy untuk Best Hard Rock Performance.

Merasa tertekan karena sukses, band memutuskan untuk mengurangi level promosi untuk albumnya, termasuk menolak untuk merilis video musik. Pada 1994, band mulai mempublikasikan boikot Ticketmaster, yang berlangsung hingga tahun dan membatasi kemampuan band untuk tur di AS. Kemudian di tahun yang sama band merilis album studio ketiganya, Vitalogy, yang menjadi album ketiga band yang langsung mencapai status multi-platinum. Album ini menerima nominasi Grammy untuk Album of the Year dan Best Rock Album pada 1996. Vitalogy ada di rangking nomor 492 di daftar majalah Rolling Stones the 500 greatest albums of all time. Single utama “Spoin the Black Circle” memenangkan Grammy Award pada 1996 untuk Best Hard Rock Performance. Walaupun Abruzzese tampil di album Vitalogy, dia dipecat pada Agustus 1994, empat bulan sebelum album dirilis. Band mengatakan perbedaan politis antara Abruzesse dan anggota lainnya; sebagai contoh, dia tidak setuju dengan boikot Ticketmaster. Dia digantikan oleh Jack Irons, seorang teman dekat Vedder dan mantan drummer serta drummer asli Red Hot Chili Peppers.

Band segera merilis No Code pada 1996 dan Yield pada 1998. Pada 1998, sebelum Yield Tour AS Pearl Jam, Irons meninggalkan band karena ketidakpuasan dengan tur. Pearl Jam mendaftarkan mantan drummer Soundgarden Matt Cameron sebagai pengganti Irons untuk sementara, tapi dia segera menjadi pengganti permanen untuk Irons. “Do the Evolution” (dari Yield) menerima nominasi Grammy untuk Best Hard Rock Performance. Pada 1998, Pearl Jam merekam “Last Kiss”, sebuah cover dari balada 1960an yang terkenal oleh J. Frank Wilson and the Cavaliers. Lagu itu dirilis single Natal klub penggemar band pada 1998; namun, oleh permintaan orang banyak, lagu itu dirilis ke publik sebagai sebuah single pada 1999. “Last Kiss” mencapai nomor 2 di tangga lagu Billboard dan menjadi single band dengan posisi tertinggi.

Pada 2000, band merilis album studio keenamnya, Binaural, dan memulai seri bootleg resmi sukses dan terus berlangsung. Band merilis album live pada 2000 dan 2001, dan membuat rekaman untuk semua album untuk debut di Billboard 200 pada waktu yang sama. “Grievance” (dari Binaural) menerima nominasi Grammy untuk Best Hard Rock Performance. Band merilis album studio ketujuhnya, Riot Acr, pada 2002.Kontribusi Pearl Jam untuk filem 2003, Big Fish, “Man of the Hour”, dinominasikan untuk Golden Globe Award pada 2004. Albumm studio ke 8 band, Pearl Jam, dirilis pada 2006. Band merilis album studio kesembilannya, Backspacer, pada 2009 dan album studio kesepuluhnya, Lightning Bolt, pada 2013.


Selama produksi Vitalogy, McCready masuk ke rehabilitasi di Minneapolis, Minesota, dimana dia bertemu bassis John Baker Saunders dari The Lamont Cranston Band. Pada 1994, saat keduanya kembali ke Seattle, mereka membentuk sebuah band sampingan, The Gcay Bunch, dengan vokalis Layne Staley dari Alice In Chains dan drummer Barret Martin dari Screaming Trees. Setelah beberapa pertunjukan, mereka merubah nama mereka menjadi Mad Season. Band merilis album Above melalui Columbia Records pada 1995, dan dikenal dengan single “river of Deceit”. Band bubar mengikuti kematian Saunders pada 1999 karena overdosisi heroin. Staley meninggal tiga tahun kemudian pada 2002, karena overdosis dari heroin an kokain. Secara kebetulan Staley meninggal di hari lahir McCready.

Pada 28 Februari 2010, McCready tampil di the Hootenany For Haitu di the Showbox di the Market di Seattle bersama dengan Velvet Revolver, Jane’s Addiction dan mantan bassis Guns N’ Roses Duff McKagan, bassis Fastbacks Kim Warnick, Loaded dan mantan bassis Alien Crime Syndicate, Sirens Sister dan Vedetta Red Jeff Rouse juga Truly dan mantan drummer Screaming Trees Mark Pickerel.

Sejumlah lagu dibawakan selama acara itu, termasuk “Heaven Is a Place on Earth”-nya Belinda Carlisle, “I’m So Lonesome I Could Cry”-nya Hank Williams, “Dead Flowers”-nya The Rolling Stones, namun salah satu cover terkenal datang saat McCready membawakn “River of Deceit” untuk pertama kalinya sejak pembubaran Mad Season dengan Jeff Rouse pada vokal.

Above dirilis ulang dalam edisi Deluxe 3 disk pada 2013. Juga dalam bentuk vinyl menampilkan 3 lagu baru dengan Mark Lanegan pada vokal.

Pada 2015, Live at the Moore 1995 dirilis dalam vinyl 12” bersamaan dengan ulang tahun ke 20 pertunjukan terakhir band. Awal 2015, anggota yang masih hidup, McCready dan Martin bergabung dengan the Seattle Symphony di sebuah konser di Benaroya Hall berjudul “Sonic Evolution” menampilkan tamu dan teman khusus. Pertunjukan ini kemudian dirilis dalam bentuk Cd/12” vinyl.


McCready tampil dengan anggota lain Pearl Jam di album 1995 Neil Young, Mirror Ball, dan kemudian ambil bagian di tur 11 jadwal sebagai bagian dari band pendukung Young. Tur ini membuktikan sangat sukses dengan manajer Young Elliot Roberts menyebutnya “Salah satu tur terhebat yang pernah kami lakukan dalam hidup kami.”

McCready bermain dengan band sampingan lainnya bernama The Rockfords, dinamakan dari salah satu acara kesukaan McCready, The Rockford Files. Band ini menampilkan mantan teman SMA McCready dari Shadow, plus voklais Carrie Akre dari Goodness. Debut self-title band dirilis pada 2000.


Dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio San Diego KBZT, McCready mengungkapkan bahwa dia mengerjakan album solo.

McCready memainkan gitar di band Walking Paper yang menyertakan mantan bassis Guns N’ Roses Duff McKagan, drummer Screaming Trees/Mad Season Barrett Martin, dan penyanyi Jeff Angell. Band merilis sebuah album pada Agustus 2013.


McCready condong bermain “by ear” dibandingkan berdasarkan teknis. Dia menyatakan, “saya sangat tidak tahu dengan masalah teknis ini…saya bukan seorang penggila teknik.” Gaya permainan gitar McCready biasanya blues agresif alamai, dan dideskripsikan oleh Greg Prato dari Allmusic sebagai “feel-oriented” dan “rootsy.” McCready menyebut Ace Frehley, BB King, Ronnie Montrose, Alex Lifeson, Muddy Waters, Michael Schenker, Jimi Hendrix, Pete Townshend, David Gilmour, George Harrison, Joe Perry, Stevie Ray Vaughan, Eddie Van Halen, Joe Satriani, Jeff Beck, Brian May, Angus Young, Ritchie Blackmore, Chuck Berry, Eric Clapton, Jimmy Page, Eddie Hazel, UFO, dan Randy Rhoads sebagai pengaruhnya.

Dalam sebuah wawancara dari album Pearl Jam 2006, editor Rolling Stones david Fricke mengaku bahwa dia “bingung” dalam memisahkan baik McCready dan gitaris ritem Pearl Jam Stone Gossard dari tampilan publikasi 2003 “The 100 Greatest Guitarists of All Time”. Pada 2007, solo gitar McCready dari “Alive” dan “Yellow Ledbetter” tampil di daftar “100 Greatest Guitar Solos”-nya Guitar World. Pada Februari 2007, McCready dan Gossard dimasukkan bersama oleh Rolling Stones dalam daftarnya “The Top 20 New Guitar Gods” dibawah judul “four-armed monster”. Dia ditempatkan di #6 dalam sebuah daftar “The Twenty-Five Most Underrated Guitarists” oleh Rolling Stones.

McCready dan istrinya Ashley O’Connor adalah orangtua dari 3 anak. Pasangan itu berdomisili di Seattle, Washington.

McCready menderita Chrohn’s Disease, yang didiagnosa saat berusia 21 tahun, dan telah bekerja untuk membawa kesadaran akan penyakit ini. Dia mendukung Presiden Barack Obama terutama untuk program kepedulian kesehatannya, the Patient Protection and Affordable Care Act yang mencakup asuransi kesehatan yang tersedfia bagi kondisi yang belum terjangkit. Pada 2012, McCready membuat “Life is a Pre-existing Condition,” sebuah video tentang pentingnya menasionalisasikan kepedulian kesehatan. Jennifer Jaff, pendiri Advocacy for Patients, adalah inspirasi untuk video ini. McCready menampilkan sebuah konser tahunan untuk membantu bagian utara dari Crohn’s and Colitis Foundation of America, dan telah bermain di acara di sebuah band penghormatan UFO berjudul Flight to Mars juga lineup reuni Shadow.

McCready memiliki dua kesulitan berkenaan dengan penyalahgunaan subtansi. Yang pertama datang selama produksi album 1994 Pearl Jam Vitalogy, saat McCready berjuang melawan kecanduan narkoba dan alcohol. Yang kedua datang sekitar sesi untuk album 2000 Pearl Jam Binaural.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...