Laman

Senin, 04 April 2016

DAVE HILL




Lahir pada 4 April 1946 dengan nama lengkap David John Hill di Holbeton, Devon, Inggris, adalah gitaris utama dan vokalis latar band Slade. Hill dikenal dengan pakaian panggung dan gaya rambutnya yang flamboyan. Jurnalis musik, Stuart Maconie, berkomentar "dia biasanya memakai jumpsuit terbuat dari foil dimana anda bariskan kalkun anda dan rig minyak platform tinggi. Meskipun semua ini pucat dibandingkan dengan gaya potongan rambutnya, semacam mencukur ubun-ubun dan pinggiran berbelok besar. Dia bahkan punya sekitar 1973 pakaian terkenal yang diberinya nama setelan "Metal Nun" tapi kemudian gaya itu lebih lunak.


Hill putra dari seorang mekanik, dia pindah dengan orangtuanya ke Penn, Wolverhampton saat dia masih berumur 1 tahun. Disana dia belajar di Springdale Junior Scholl dan Highfields Secondary School. Dia membeli gitar pertamanya dari sebuah katalog pesanan dan menerima pelajaran gitar dari seorang guru ilmu pengetahuan di sekolahnya. Dia kemudian membentuk sebuah band bernama The Young Ones dengan beberapa teman sekolah. Dia bekerja di sebuah kantor untuk Tarmac Limited selama lebih dari dua tahun setelah meninggalkan sekolah.

Dia awalnya bermain dengan drumer Don Powell di sebuah band bernama The Vendor, yang namanya kemudian diubah menjadi The N'Betweens. Keduanya kemudian bertemu pemain bass Jimmy Lea dan penyanyi Noddy Holder, dimana Slade akhirnya lahir.


Walaupun Hill kidal, dia bermain dan masih bermain gitar dengan tangan kanan. Gitar terkenal Hill adalah "John Birch Superyob" yang dibuat tahun 1973. Gitar itu digunakan oleh gitaris Madness Chris Foreman di video untuk lagu Madness "Shut Up" dan kini dimiliki oleh Marco Pirroni dari Adam and the Ants.

Hill dikenal dengan kostumya yang luar biasa. Kostum dan barang antiknya menyebabkan gesekan dengan Lea yang lebih serius. Hal ini menyebabkan sebuah pertikaian di ruang ganti BBC sebelum rekaman Top of the Pops, dimana Hill menanggapi kritika band akan pakaiannya dengan mengatkan "You write 'em Jim, I'll sell em!".

Selama 1983, baik Hill dan Powell bekerja pada proyek solo Dave Hill dengan musisi lokal sekitar wilayah Midlands. Pada 1984, proyek itu belum diselesikan. Editor dari klub penggemar Slade saat itu, Haden Donovan, mendeskripsikan proyek sebagai "sangat menarik dan sangat tidak seperti Slade."

Pada 1989, Hill membentuk grupnya sendiri, Blessings In Disguise. Ini menampilkan Holder, mantan pemain kibord Wizzard, Bill Hunt, Craig Fenney dan Bob Lamb. Single debut, dirilis pada 1989 untuk pasar Natal adalah sebuah cover balada dari Crying in the Rain-nya The Everly Brothers dengan Holder menjadi vokalis, didukung oleh komposisi Hill/Hunt, Wild Nights. Rekaman ini adalah kegagalan komersil. Band juga merekam sebuah cover lagu Elvis Presley "A Fool Such As I" yang tidak dirilis.


Hill menghadiri peluncuran penggalangan dana 2 juta pound untuk Queen Alexandra College for the Blind di Birmingham. Disana dia mendengar sebuah lagu berjudul A Chance to Be, dinyanyikan oleh anak-anak buta. Hill tergerak oleh acara itu dimana dia setujua tampil dan memproduseri rekaman lagu itu. Kedua penulis lagu itu adalah staf di institut itu, Daniel Somers dan Colin Baines. Nama band Hill, Blessing in Disguise, diambil sebagai nama grup dan single itu menampilkan vokalis wanita Shakatak Norma Lewis bukannya Holder. Sisi B adalah lagu yang ditulis oleh Hill berjudul You're the Reason that I'm Strong. Ini adalah rekaman terakhir yang dibuat oleh grup dan dirilis pada 1991.

Slade akhirnya bubar pada 1991, tapi Hill memutuskan untuk meneruskan grup sebagai Slade II. Don Powell ikut dengannya dan band terus hingga hari ini dengan lineup yang beragam. Pada 1997 nama Slade II dipersingkat kembali menjadi Slade. Band merilis album Keep Rockin', yang juga merupakan ulangan dari Superyob, dan juga Cum On Let's Party.

Dia menerima gagasan budaya yob. Juga referensi "Superyob"diatas. Hill, sejak muda menggunakan plat nomor "YOB 1" di mobil-mobilnya. Hill menikahi istrinya Jan di Meksiko pada 1970an, dan mereka memiliki 3 anak; Jade, Bibi dan Sam. Mereka tinggal di Lower Penn, Staffordshire, Inggris. Hill kadang-kadang mengajar musik di Lower Penn Scholl dan Penn Hall Scholl. Pada 2010, selama sebuah konser di Nuremberg, Jerman, Hill menderita stroke dimana dia telah pulih untuk meneruskan tur dan rekaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...