Laman

Jumat, 08 April 2016

IZZY STRADLIN




Lahir dengan nama Jeffrey Dean Isbell di Lafayette, Indiana, AS pada 8 April 1962. Ayahnya adalah pengukir, dan ibunya bekerja untuk sebuah perusahaan telepon; mereka bercerai saat dia berusia 8 tahun. Tentang kota asalnya, Stradlin kemudian berkata, “hal yang keren saat tumbuh disana. Terdapat sebuah gedung pengadilan dan sebuah kampus, sebuah sungai dan rel kereta api. Itu adalah sebuah kota kecil, maka tidak banyak yang bisa dilakukan. Kami bersepada, mengisap ganja, membuat masalah-serupa dengan Beavis and Butt-Head.”

Stradlin membangun kesukaaan akan musik dalam hidupnya sejak dini; saat berusia 8 tahun, musik kesukaannya antara lain Bob Dylan, Pink Floyd, Alice Cooper, dan Led Zeppelin. Pengaruh musik terbesarnya adalah nenek dari pihak ayahnya, yang bermain drum di sebuah band swing jazz dengan teman-temannya. Terinspirasi, Stradlin berbicara pada orangtuanya untuk membelikannya seperangkat drum.

Di SMA, Stradlin memulai sebuah band dengan teman-temannya, salah satunya adalah penyanyi William Bailey, yang kemudian dikenal sebagai Axl Rose. Stradlin mengingat, “kami adalah anak-anak berambut panjang di sekolah. Kalin seorang pemadat atau pecandu. Kami bukan pemadat, maka berkumpul bersama. Kami memainkan lagu-lagu cover di garasi. Tidak ada klub untuk bemain, kaka kami tidak pernah keluar dari garasi.” Meskipun kurang tertarik dengan sekolah, Stradlin lulus pada 1979 dengan nilai rata-rata D. Ingin berkarir dalam musik, dia kemudian pindah ke Los Angeles, California.

Tidak lama setelah tiba di Los Angeles, Stradlin bergabung dengan band punk Naughty Woman. Selama pertunjukan pertamanya yang tidak enak dengan band, anggota penonton mulai menyerang para musisi; Stradlin mengingat,”saya meraih sebuah tiang cymbal dan berdiri di samping mencoba untuk mengusir mereka, berteriak, ‘menjauh dari aku!’ Itu adalah pengenalan saya pada kancah musik rock di L.A.” Jabatan dua bulannya di Naughty Woman diikuti oleh posisi di band punk The Atoms, sebelum perangkat drumnya dicuri dari mobilnya dan dia beralih ke bass. Stradlin kemudian bergabung dengan band heavy metal Shire, selama dimana dia bermain gitar ritem untuk membantu penulisan lagunya.

Pada 1983, Stradlin membentuk Hollywood Rose dengan teman masa kecilnya Axl Rose, yang pindah ke Los Angeles tahun sebelumnya. Pada Januari 1984, band ini merekam demo 5 lagu yang menampilkan lagu-lagu “Killing Time”, “Anything Goes”, “Rocker”, Shadow of Your Love”, dan “Reckless Life”, yang dirilis pada 2004 sebagai bagian album kompilasi The Roots of Guns N’ Roses. Grup dibubarkan pada Agustus, mengikuti dimana Stradlin secara singkat bergabung dengan band Sunset Strip, London. Dia juga membentuk band singkat Stalin dengan penyanyi Eric Leach dan gitaris Taz Rudd dari Symbol Six. Pada Desember, dia bereuni dengan Hollywood Rose.


Pada Maret 1985, Stradlin mendirikan Guns N’ Rose dengan Axl Rose dan beberapa anggota L.A. Guns. Pada Juni, lineup terdiri dari Stradlin, Rose, gitaris Slash, bassis Duff McKagan, dan drummer Steven Adler. Mereka bermain di klub-klub malam-seperti Whisky a Go Go, The Roxy, dan The Troubador-dan membuka untuk band-band yang lebih besar selama 1985 dan 1986. Selama periode ini bahwa band menulis sebagian materi klasiknya, dengan Stradlin memantapkan dirinya sebagai penulis lagu kunci dalam grup.

Pada Juli 1987, Guns N’ Roses merilis album debutnya, Appetite for Destruction, yang hingga kini telah terjual lebih dari 28 juta buah di seluruh dunia, 18 juta di AS saja. Stradlin menulis atau menulis bersama sebagian besar lagu dalam album itu, termasuk hit “Sweet Child o’ Mine” dan “Paradise City”. Dia juga menulis hit “Patience” dari album berikutnya G N’ Lies, yang dirilis pada Nopember 1988 yang terjual di AS sebesar 5 juta buah, meskipun berisi 8 buah lagu, empat diantaranya dimasukkan di EP rilisan sebelumnya Live ?!*@ Like a Suicide.


Saat kesuksesan mereka tumbuh, demikian juga ketegangan antar pribadi dalam band . pada 1989, selama sebuah pertunjukan sebagai band pembuka untuk Rolling Stones, Axl Rose mengancam untuk meninggalkan band jika Stradlin, Slash, dan Steven Adler tidak berhenti “dancing with Mr. Brownstone,” rujukan pada lagu mereka dengan judul yang sama tentang penggunaan heroin. Setelah dikirim ke tahan selama satu tahun karena kencing didepan umum disebuah pesawat, Stradlin memutuskan untuk bebas dari narkoba; dia kembali ke rumah ibunya di Indiana, dimana dia melakukan detoks dari narkoba dan alkohol. Tahun berikutnya, Adler dipecat dari band karena kecanduan kokainnya; dia digantikan oleh Matt Sorum dari The Cult.

Pada September 1991, Guns N’ Roses merilis album yang telah lama dinanti Use Your Illusion I dan Use Your Illusion II, yang melakukan debut masing-masing di No. 2 dan No. 1 di tangga album AS, sebuah pencapaian yang ridak bisa didapat oleh grup lain. Stradlin ikut menulis hit “Don’t Cry” dan “You Could Be Mine”, dan membawakan vokal utama pada lagu-lagu “Dust N’ Bones”, dan “You Ain’t the First”, “Double Talkin’ Jive”, dan “14 Years”. Seperti pada rekaman-rekaman sebelumnya, gitar utamanya selama rekaman album adalah Gibson ES-175.

Dengan perilisan album-album Use Your Illusion, Stradlin menjadi tidak puas dengan kehidupan dalam Guns N’ Roses. Dia kemudian mengingat, “saat saya berhenti dari narkoba, saya tidak sanggup melihat sekeliling dan bertanya sendiri, ‘apakah ini semua yang ada?’ saya benar-benar lelah akan hal itu; saya perlu keluar.” Pada 7 Nopember 1991, diumumkan bahwa Stradlin telah meninggalkan Guns N’ Roses. Salah satu alasan kepergiannya, Stradlin kemudian berkata, “saya tidak suka komplikasi yang menjadi semacam bagian dari kehidupan sehari-hari dalam Guns N’ Roses,” menyebut kerusuhan Riverport dan keterlambatan parah Axl Rose di Use Your Illusion Tour sebagai contoh. Dia menyatakan bahwa menjadi bersih memainkan sebagian dalam keputusannya untuk pergi, mengatakan, “saat anda kacau, anda lebih senang melebih-lebihkan masalah yang anda tidak menginginkannya.”

Mengikuti kepergiannya dari Guns N’ Roses, Stradlin kembali ke kota asalnya Lafayette, Indiana, dimana dia mulai mengerjakan materi baru. Dia membentuk band Izzy Stradlin and the Ju Ju Hounds, yang terdiri dari Stradlin pada vokal dan gitar ritem, Rick Richards dari Georgia Satellites pada gitar utama, Jimmy Ashhurst dari Broken Homes pada bass, dan Charlie Quintana pada drum. Album self-title mereka dirilis pada Oktober 1992 dengan mendapatkan tanggapan positif; Rolling Stone menyebutnya “a ragged, bklues-drenched, and thoroughly winning solo debut.” Ju Ju Hounds memainkan pertunjukan pertamanya pada September di The Avalon di Chicago, sebelum melakukan tur Eropa, Australia, dan Amerika Utara.


Pada Mei 1993, Stradlin bereuni dengan Guns N’ Roses untuk lima pertunjukan di Eropa dan Middle East untuk mengisi tempat penggantinya, Gilby Clarke, yang mengalami patah pergelangan dalam sebuah kecelakaan sepeda motor. Setelah Stradlin kembali ke Ju Ju Hounds, Axl Rose mendedikasikan lagu tulisan Stradlin”Double Talkin’ Jive” untuknya selama beberapa pertunjukan. Pada September, the Ju Ju Hounds menjalan tur Jepang, dimana band memainkan pertunjukan terakhirnya di Shibuya Public Hall di Tokyo. Stradlin kemudian beristirahat dari musik, dimana selama ini dia melakukan perjalanan jauh dan mendedikasikan waktunya untuk kesukaannya yang lain-balapan motor, bahkan membangun sebuah trek dekat rumahnya di Indiana.

Pada 1995, Stradlin mulai merekam materi untuk album solo keduanya, 117’. Dirilis pada Maret 1998, album ini direkam selama lebih dari dua tahun dan menampilkan mantan rekan sebandnya Duff McKagan dan Rick Richards, juga mantan drummer Reverend Horton Heat Taz Bentley, dimana pekerjannya dikagumi Stradlin. Seperti sebelumnya, Stradlin hanya sedikit tertarik dalam promosi musiknya; dia melakukan sedikit wawancara dan tidak memainkan penampilan live. Album ini menjadi rilisan terakhirnya di label lamanya Geffen; sebagai akibat dari penggabungan antara Geffen dan Interscope, Stradlin dicoret dari daftar label.

Pada Desember 1999, album solo ketiga Stradlin, Ride On, dirilis di label Universal Victor di Jepang. Album ini menampilkan lineup yang sama seperti rilisan sebelumnya. Untuk mempromosikan album ini, Stradlin-dengan McKagan, Richards, dan Bentley-memainkan empat pertunjukan di Jepang pada April berikutnya. Dengan tambahan kibordis Ian McLagan, grup merekam dua album lagi; River, yang dirilis pada Mei 2001 melalui Sanctuary, dan rilisan kedua hanya di Jepang, On Down the Road, yang mengikuti pada Agustus 2002 melalui JVC Victor.

Stradlin kemudian diminta oleh mantan rekan seband Guns N’ Roses-nya Duff McKagan, Slash, dan Matt Sorum untuk bergabung dengan supergrup Velvet Revolver. Walaupun dia berkontribusi pada proses penulisan lagu saat band dalam tahap awalnya, Stradlin pada akhirnya menolak untuk bergabung karena ketidakcocokan hidupnya pada hidup di jalan dan keengganannya untuk bekerja dengan penyanyi utama, walaupun dia diberi tawaran untuk berbagi tugas vokal dengan McKagan.

Pada 2003, Stradlin merekam album keenamnya, Like a Dog, dengan gitaris Rick Richards, drummer Taz Bentley, dan bassis JT Longoria. Awalnya dijadwalkan untuk rilisan akhir 2003, dengan hanya dibawah seribu buah yang dibuat untuk promosi. Namun, album ini tidak dirilis hingga Oktober 2005, saat Stradlin-didorong oleh sebuah petisi penggemar-membuatnya tersedia melalui pemesanan internet. Tahun berikutnya, Sradlin merilis ulang Ride On, River, On Down the Road, dan Like a Dog melalui iTunes.

Pada Mei 2006, 13 tahun setelah penampilan terakhirnya dengan Guns N’ Roses, Stradlin menjadi musisi tamu di pertunjukan band di Hammerstein Ballroom di New York; dia memainkan “Patience”, “Think About You”, dan “Nightrain”. Dia kemudian tampil dengan Guns N’ Roses untuk 13 pertunjukan selama tur Eropa musim panas band. Stradlin berkata, “Axl (Rose) dan saya berhubungan via ponsel tahun ini, saya mampir. Itu suatu hal yang bagus terhubung kembali dengan teman lama/teman bertempur/sesama musisi. Saya berkata padanya saya akan menggabungkan kesenangan dan dia berkata saya akan diterima dan memainkan sesuatu, maka saya lakukan! Memerlukan sekitar tiga minggu untuk pulih dari 6 minggu tur!” Pada bulan Desember, dia memainkan 3 pertunjukan dengan grup di Gibson Amphitheatre di Universal City, California.

Stradlin merilis album ketujuhnya, Miami, melalui iTunes pada Mei 2007. Yag lagi menampilkan Rick Richards, Taz Bentley, dan JT Longoria, juga kibordis Joey Huffman. Gitaris Richards mendeskripsikan album sebagai “sedkit berubah dari Like a Dog tapi masih nge-rock.” Pada Juli,versi remix dari Miami dirilis melalui iTunes; Stradlin menyebut mix baru “bersuara lebih nyaring dan lebih bertenaga.” Pada November tahun itu, dia merilis album kedua hanya untuk iTunes, Fire, the Acoustic Album, yang juga menampilkan Richards, Bentley, dan Longoria.

Rilisan iTunes Stradlin berikutnya, Concrete, keluar pada Juli 2008. Selain dengan kolaborator rutinnya, Stradlin juga mengundang Duff McKagan untuk bermain bass pada 3 lagu, termasuk trek judul. Stradlin kemudian merilis dua album lagi melalui iTunes: Smoke, yang keluar pada Desember 2009, dan Wave of Heat, yang mengikutinya pada Juli 2010 dan lagi menampilkan McKagan, yang muncul pada tujuh lagu. Juga pada 2010, Stradlin muncul sebagai tamu di album solo pertama Slash, Slash; dia memainkan gitar ritem pada trek pertama, “Ghost”.

Pada April 2012, Stradlin dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame sebagai anggota lineup klasik Guns N’ Roses. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis melalui blog Duff McKagan untuk Seattle Weekly, dia berterima kasih pada Rock and Roll Hall of Fame “untuk pengakuan akan karya kami selama bertahun-tahun,” mantan rekan sebandnya, dan penggemarnya untuk dukungan mereka yang terus berlanjut. Diketahui untuk menghindari perhatin publik, Stradlin tidak hadir pada acara pelantikan itu.

Dalam bulan yang mengikuti pelantikan itu, Stradlin bergabung dengan Guns N’ Roses di panggung selama dua pertunjukan di O2 Arena London, dimana mereka menampilkan sejumlah lagu termasuk “14 Years,” yang belum pernah dibawakan live sejak kepergiannya pada 1991. Dia juga tampil dengan Guns N’ Roses pada Juli, di sebuah pertunjukan pribadi di Saint Tropez dan sebuah konser di Palma de Mallorca, dan lagi pada Nopember, selama dua pertunjukan terakhir dari 12 jadwal band “Appetite for Democracy” bertempat di Las Vegas. Juga pada Nopember, Stradlin merilis single hanya untuk iTuners “Baby-Rann”-rilisan pertamanya dalam lebih dua tahun; sebuah video yang menyertai tersedia via YouTube.

Menanggapi rumor dan spekulasi, Stradlin menegaskan dalam sebuah pernyataan di Rolling Stone bahwa dia tidak akan terlibat dengan lineup Guns N’ Roses ‘reuni’ pada 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...