Laman

Selasa, 31 Oktober 2017

FRANZ STAHL



Dilahirkan dengan nama Franz Kenneth Stahl pada 30 Oktober 1962 di Washington, D.C., AS.

Franz dan adiknya Peter tumbuh di Bailey’s Crossroads, Virginia, dimana mereka mendapatkan referensi dengan menempatkan huruf “BXR” di album milik Screams. Ayah mereka, Arnold, adalah seorang pengacara dan juga menjadi manajer band rock DC, The Hangman, yang mencatatkan sebuah hit regional dengan “What a Girl Can’t Do” pada 1965. Setelah mempelajari gitar, Franz mulai bermain di band Virginia lokal dengan bassis Skeeter Thompson. Pada 1981 Franz dan Thompson membentuk Scream di Alexandria, bersama dengan Peter dan drumer Kent Stax.


Setelah Scream bubar pada 1990, Franz dan Peter membentuk band Wool, yang merilis album Box Set untuk London Records tapi bubar pada 1996. Saat Stahl mengunjungi seorang teman yang menjadi produser musisi Jepang, J, dia menemukan bahwa drumernya adalah sesama musisi DC Scott Garrett, dan bahwa mereka memerlukan seorang gitaris untuk tur. Stahl menerima, dan bermain di seputaran Jepang sebagai seorang anggota dari band pendukung J. Selama tur, Stahl diundang oleh Grohl untuk menggantikan gitaris asli Foo Fighters Pat Smear, yang memutuskan untuk meninggalkan band. Setelah tur itu selesai, dia terbang hanya dalam dua hari sebelum penampilan debutnya di Radio City Music Hall pada September 1997, dengan hanya satu hari melakukan latihan. Stahl memulai karir pendeknya di Foo Fighters dengan hit mereka “Everlong” dari album studio kedua mereka, The Colour and the Shape.

Stahl tampil di lagu “A320”, yang ditampilkan di Godzilla: The Album, dan versi rekaman ulang dari lagu Foo Fighters “Walking After You”, yang dirilis sebagai single dan dimasukkan di soundtrack untuk film The X-Files. Stahl juga muncul di video musik untuk lagu Foo Fighters “My Hero”, meskipun dia tidak bermain di rekaman. Dia dipersilakan pergi dari band pada 1999, sebelum rekaman album studio ketiga mereka, There Is Nothing Left to Loose, karena perbedaan kreatif. Stahl masih mengatakan jabatannya di Foo Fighters adalah “the best two years of my life”. Setelah pergi, J mengundang Stahl kembali, dan dia bertahan sebagai gitaris J untuk tujuh tahun berikutnya hingga 2005. Pada 2009, Franz diundang oleh Peter untuk bermain bagi Smith & Pyle, dan selama tur kedua bersaudara itu memutuskan untuk mereformasi Scream dengan Thompson dan Stax.


Stahl adalah penggemar berat dari Gibson Les Paul, yang seriang dia pergunakan. Namun, dalam video musik untuk “My Hero” milik Foo Fighters, Stahl terlihat menggunakan sebuah Fender Stratocaster.


Stahl saat ini tinggal di Hollywood, California. Bersama Scream, dia juga melakukan pertunjukan, menulis dan rekaman dengan band Hardcore Boston, DYS, sementara juga menulis, dan membuat komposisi untuk film dan televisi. Pada 2007 dia membuat komposisi lagu yang menjadi judul untuk film One California Day.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...