Laman

Sabtu, 21 Oktober 2017

COLIN HODGKINSON




Dilahirkan pada 14 Oktober 1945 di Peterborough, Cambridgeshire adalah seorang bassis rock, jazz dan blues berkebangsaan Inggris, yang sudah aktif sejak 1960an.

Hodgkinson bermain di beberapa band, tapi lebih aktif sebagai seorang musisi sesi dan studio.


Dia sudah bekerja dengan Chris Rea, Eric Delaney Band, Back Door (yang ikut dia dirikan), Alexis Korner, Whitesnake, Jon Lord, Jan Hammer, Paul Butterfield, The Spencer Davis Group, Pete York, dan The Electric Blues Duo, juga dengan band boogie-woogie Ian “Stu” Stewart, Rocket 88. Pada 2007 Hodgkinson menjadi anggota dari The British Blues Quintet, (bersama dengan Zoot Money, Maggie Bell, Miller Anderson dan Colin Allen).


Hodgkinson bermain di band pertamanya The Dynatones, 1959-64, dengan Tony Benham pada vokal utama, Richard “Bugs” Austin pada gitar utama, Mick Lemmon pada gitar ritem, Hodgkinson pada bass, Adrian Titman pada organ dan Trevor Wright pada drum.


Hodgkinson adalah seorang musisi yang membangun sebuah teknik bass untuk para musisi kidal yang dapat menggantikan baik gitar utama dan ritem jika diperlukan, (seperti yang dicontohkan oleh hasil kerjanya dengan trio jazz-rock Back Door – formasi: saksofon, bass, drum). Sebuah pertunjukan yang melibatkan Hodgkinson akan menjadi sebuah tempat solo dimana dia akan hanya menampilkan bass dan vokal dari lagu blues klasik, yang menjadi favoritnya adalah “San Fransisco Bay Blues” milik Jesse Fuller. Lagu ini dimasukkan dalam album solonya The Bottom Line, diedarkan pada 1998, yang sebagian besar terdiri dari solo bass.


Pada 28 Oktober 2008 Colin Hodgkinson Band merilis Back Door Too!, direkam dengan Rod Mason (saksofon) dan Paul Robinson (drum).


Pada Maret 2014, Hodgkinson diumumkan sebagai pemain bass baru untuk Ten Years After, menyusul kepergian dari Leo Lyons dua bulan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...