Laman

Selasa, 10 Oktober 2017

TOBY JEPSON




Dilahirkan dengan nama Toby Matthew Jepson pada 9 Oktober 1967 di Lincoln, Inggris.

Jepson membentuk Mr. Thrud dengan teman sekolahnya Mark Plunkett di Scarborough, dan band itu kemudian menjadi sangat terkenal di wilayah lokal mereka. Pada akhirnya mencapai puncak dan mendapatkan kesuksesan nasional, Mr Thrud menjadi Little Angels dan kemudian merilis tiga album dan melakukan tur menempuh UK di awal 1990an.


Band memiliki duabelas single hit Top 40, meliputi “Too Much, Too Young” dan “Womankind” pada 1993, dan sebuah album nomor satu Jam pada 1993. Mereka melakukan tur dengan Bon Jovi, Bryan Adams dan Van Halen, dan menampilkan tur penampilan utama mereka sendiri yang bertempat di Hammersmith Apollo dan The Royal Albert Hall. Mereka disebut sebagai salah satu band Inggris paling sukses dan terkenal di masa mereka.

Saat band bubar (agak tidak mengenakkan) pada 1994, Jepson terus menulis dan menghasilkan musik. Album debut solonya dirilis pada 1995 dibawah nama “Toby & The Whole Truth”. Ignorance Is Bliss memperlihatkan sebuah sisi yang berbeda untuk penulisan lagunya, dan dia melakukan sebuah tur untuk mendukungnya. Tur ini dipersingkat karena sakit yang meningkat menjadi pneumonia, dan hal ini berakibat pada penjualan dan keadaannya, yang mengalami hasil tidak baik.

Jepson menghindari diri dari sorotan untuk sesaat, selama dimana saat dia pindah ke Bristol. Dia mendapatkan pekerjaan harian sebagai seorang aktor pendukung di berbagai produksi (antara lain seperti Gladiator, Sleepy Hollow, The Visitors, Angela’s Ashes, Highlander: End Game dan Band of Brothers milik Steven Spileberg) dan menyibukkan dirinya dengan berbagai proyek - meliputi menulis dan merekam, walaupun dia tidak merilis rekaman pada saat itu.

Dia kembali ke sorotan publik di akhir 2001 dan meluncurkan sebuah tur klub singkat dengan sebuah band baru (tapi menggunakan namanya sendiri). Dia melakukan tur UK di awal tahun 2002, dan merilis “Refresh EP” melalui internet dan di acara untuk memperlihatkan materi baru yang sudah dia kerjakan. Sebuah edaran ulang dari Ignorance Is Bliss juga dibuat pada saat ini. Sebagai sebuah keanggotaan utama dari situsnya, dia meluncurkan “MP3 Club” dimana anggota akan menerima rekaman eksklusif yang langsung diantar ke kotak masuk mereka melalui emal setiap bulan.

Jepson dan bandya terus menulis dan rekaman saat mereka tidak melakukan tur, dan kemudian melakukan tur lagi pada 2002-2003. Seputaran waktu ini pekerjaan berfokus pada Twisted Rhapsodies, sebuah cakram ganda dari materi live dan rekaman langka. Namun, sebelum perilisannya Jepson mengumumkan melalui situsnya bahwa hal itu sepertinya akan menjadi album terakhirnya, saat penyelenggara mulai mengalami kesulitan dana.

Pada November 2005, Keberuntungan Jepson mulai mengalami peningkatan, dan dia muncul kembali untuk melakukan tur dengan Thunder. Dia melakukan tur dua kali di UK selama 2006: Tur pertama mendukung Thunder, dan yang kedua, menjadi penampil utama selama September. Tur baru ini menampilkan lagu-lagu baru untuk sebuah basis penggemar.

Pada Maret 2007, Jepson merilis yang pertama dari tiga EP berjudul “Guitar, Bass and Drums”, dan dengan segera mulai melakukan tur untuk mempromosikannya. Selain menjadi penampil utama untuk pertunjukkannya sendiri, dia adalah seorang tamu khusus untuk mantan vokalis Black Sabbath Glenn Hughes, di sebuah jadwal di Shepherd’s Bush, London. EP 2 dirilis pada September 2007 yang mendapatkan ulasan bagus. Jadwal tur lainnya mengikuti dan materi baru ditampilkan secara live.


Pada Mei 2007, Jepson diundang untuk menjadi penyanyi utama dari Fastway yang terbentuk kembali, dipimpin oleh mantan gitaris Motorhead “Fast” Eddie Clarke. Hal ini membawa Jepson pada sebuah tur dari beberapa jadwal festival terbesar di Eropa meliputu Download dan sebagai bagian dari serangkaina acara ‘Hyde Park Calling’. Band berkumpul pada 2010 untuk melakukan rekaman album pertama mereka dalam 15 tahun. Jepson menyanyikan vokal utama, memainkan bass, dan memproduseri Eat Dog Eat, yang dirilis pada 2011.

Januari 2008 terlihat Jepson tampil solo dan sebagai seorang vokalis tamu untuk Gun, di sebuah acara amal di Glasgow, dipromotori oleh Rockradio. Selama penampilan Gun, Jepson muncul di panggung dengan menggunakan sebuah kilt, dan pada April 2008 dia diumumkan sebagai penyanyi penuh mereka.


Pada November 2009 Gun merilis sebuah EP berjudul Popkiller, yang sangat berbeda jauh dengan karya solo milik Jepson. Pada 2010 Jepson kembali melakukan tur dengan Gun hingga 28 Juni, saat dia mengumumkan dia mengundurkan diri sebagai penyanyi dari Gun karena komitmen lainnya. Pernyataan ini diumumkan lagi di situs Gun resmi di hari yang sama dengan sebuah pernyataan tambahan oleh Jools dan Dante Gizzi menegaskan kepergian Jepson.

Selain bekerja sebagai seorang penyanyi-penulis lagu, Jepson sudah memulai sebuah karir sebagai seorang produser musik. Pada 2008 dia diperkenalkan pada band rock Macclesfield, The Virginmarys, dan kemudian memproduseri album mini debut mereka Cast the First Stone. Hubungan ini menjadi berkembang dan Jepson memproduseri album utuh pertama mereka, yang dirilis pada 2013. Jepson memiliki dan mengoperasikan sebuah fasilitas studio kecil di kota asalnya Scarborough bernama The Strangeplace, dimana mayoritas produksinya dimulai, walaupun Chapel Studios di Louth sudah menjadi sebuah basis untuk sebagian besar aspek rekaman.

Pada akhir 2010, Jepson mengumumkan dia akan menjadi produser Saxon dengan penyanyi Biff Byford. Pekerjaan itu dimulai sekali lagi di Chapel Studios pada Desember 2010 dan diselesaikan di Brighton dan Los Angeles, dimana mix engineer Amerika Mike Plotnikoff mencampur album itu pada Februari 2011. Album itu, Call to Arms, dirilis secara keseluruhan pada Juni 2011 dengan mendapatkan pengakuan internasional, mendapatkan banyak ulasan yang mengukuhkan rekaman itu sebagai kembalinya musik milik band.

Pada 2010 EP terakhir di trilogi ‘guitar, bass and drums’ dilengkapi oleh Jepson dan dirilis pada 6 Desember melalui Townsend Records. Jepson kemudian melakukan tur dengan band UK, SKIN dimana EP itu dijual. Tidak biasanya untuk sebuah EP, berisi 11 lagu asli (dua sudah tersedia sebagai unduhan gratis melalui situs resminya - “The Chosen One” dan “Hurts”). Rilisan ini menandakan akhir dari penantian tiga tahun oleh para penggemar. Jepson meminta maaf pada penggemar via situsnya untuk menunggunya.

Di seputaran waktu ini juga bahwa Jepson bertemu Wendy Dio di perayaan Classic Rock Award di London dan bergabung dengan banyak orang yang mengekspresikan simpati dan bela sungkawa untuk kematian suaminya Ronnie James Dio, dengan siapa dia adalah seorang penggemar lama. Sekitar tahun baru dia didekati oleh Niji Entertainment, perusahaan milik Wendy Dio dan basis untuk semua operasi milik RJD, melalui agen lamanya dan teman dekat, Steve Strange, menjadi satu dari dua penyanyi yang akan memimpin sebuah band yang berisi dari para anggota band millik Ronnie James Dio, Craig Goldy, Simon Wright, Scott Warren, mantan pemain bass Megadeth James Lomenzo dan penyanyi Tim ‘Ripper’ Owens. Itu akan menjadi sebuah perayaan dari karir milik Dio setelah kematiannya tahun sebelumnya karena kanker. Proyek itu diberi nama Dio’s Disciples dan berkaitan dengan sebuah yayasan yang digunakan untuk mengumpulkan dana dan kepedulian untuk para penderita kanker. Yayasan itu bernama ‘Stand up and Shout’ diambil dari lagu di rekaman solo pertama milik Dio, Holy Diver. Setelah latihan di Los Angeles, debut live milik proyek itu dilakukan di Moscow sebagai bagian dari tur luas Eropa yang meliputi penampilan di festival Finlandia ‘Sauna open air’, Download di UK dan Festival Belgia ‘Graspop’ juga jadwal di klub-klub. Tur ini juga menampilkan The Rods - yang menampilkan Dave ‘Rock’ Feinstein, sepupu dari RJD dan pernah menjadi anggota Elf juga band heavy metal Kanada Anvil untuk mendukungnya. Jadwal Spanyol juga menampilkan Doro Pesch sebagai seorang vokalis pengganti untuk Ripper Owens karena kembali ke AS untuk menghadiri pernikahan putri tertuanya. Tur itu berakhir pada 3 Juli 2011 dengan tur AS, Amerika Selatan dan Jepang yang direncanakan untuk akhir tahun.


Saat kembalinya dari tur, Jepson dengan segera kembali ke pekerjaan produksi dengan produksi Virginmarys dan Chrome Molly, band lain dengan siapa dia mulai menjadi produser sebelum melakukan tur dengan Dio.

Little Angels terbentuk kembali untuk bermain di Download 2012, dengan formasi penuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...