Laman

Senin, 16 Oktober 2017

JYRKI 69



Dilahirkan dengan nama Jyrki Pekka Emil Linnankivi pada 15 Oktober 1968 di Helsinki, Finlandia, adalah vokalis utama untuk band rock asal Finlandia The 69 Eyes. Di tahun-tahun awal mereka, suara milik band lebih dekat ke glam metal, tapi sejak album Blessed Be mereka beralih ke gothic rock. The 69 Eyes lebih cenderung memberi label suara mereka sebagai goth’n’roll.

Suara vokal rendah dan operatik milik Jyrki mengingatkan pada sesama musisi Peter Steele dari Type O Negative dan Andrew Eldricth dari The Sisters of Mercy (dia meng-cover hit 1987 milik mereka This Corrosion dengan Maryslim pada 2007. Suaranya terpengaruh oleh Elvis Presley, Jim Morrison, Iggy Pop, David Bowie, dan Glenn Danzig. Dia menulis sebagian besar lirik dari lagu-lagu mereka.


Dia adalah UNICEF Goodwill Ambassador untuk Finlandia dan juga memiliki gelar M.Sc dalam Analytical Chemistry.

Pada 2005 dan 2006 dia menghabiskan waktunya di Kenya sebagai UNICEF Goodwill Ambassador dan pada November dianugerahi dengan sebuah penghargaan TOYP oleh Junior Chamber International (JCI) di Seoul, Korea Selatan.

Pada Oktober 2013, Jyrki bergabung dengan Danny B. Harvey dan Chopper Franklin untuk membentuk grup rockabilly The 69 Cats. Grup ini merilis album debut mereka Transylvania Tapes pada 5 Agustus 2014.

Dia juga berteman dengan Bam Margera – yang menyutradarai video untuk Lost Boys – dan Ville Valo, penyanyi utama dari HIM yang memerankan Jim Morrison di video milik The 69 Eyes ‘Wasting the Dawn’.

Dia menggambar dan membaca komik. Terutama di Marvel Comics. Sebuah buku komik berjudul Zombie Love, yang hanya menampilkan komik milik Jyrki, diterbitkan di Finlandia pada 2006. Komik itu adalah sebuah edisi sampul terbatas sejumlah 1000 dan semua salinan diberi nomor oleh Jyrki. No 666 diberikan pada Glenn Danzig. Sebuah edisi paperback masih tersedia dari penerbit Deggael Communications.

Pada 2002 Jyrki muncul di album milik Kwan, The Die Is Cast dalam lagu “Lyrics of Poison”.

Jyrki memiliki jangkauan vokal baritone.

Jyrki muncul di acara televisi tengah malam Fox News, Red Eye pada 9 Oktober 2009 untuk mempromosikan album barunya.

Jyrki juga muncul di Backstory milik CNN pada 30 Oktober 2009 untuk membicarakan tentang Halloween dan The 69 Eyes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...