Laman

Senin, 23 Oktober 2017

STIV BATORS




Dilahirkan dengan nama Steven John Bator pada 22 oktober 1949 di Youngstown, Ohio, AS.

Selama rentang karirnya Bators sudah terlibat dengan berbagai band dimana dia menjadi terkenal, meliputi Hormones, dengan Dennis Comeau dan Andre Siva, Frankenstein, The Wanderers dan The Whores of Babylon (dengan Dee Dee Ramone dan Johnny Thunders). Dia juga merekam sebagai artis solo dengan Bomp! Records.

Namun, sebagai penyanyi utama dan pimpinan dari band berbasis Cleveland, Ohio, Dead Boys, bahwa Bators menjadi pelopor suara, tampilan dan gaya punk rock. Band ini dengan cepat menjadi sebuah band terkenal di CBGB, klub musik di East Village di New York City. The Dead Boys ditampilkan di film punk rock Punking Out (1978), Live at CBGB’s (1977) dan Crash ‘n’ Burn (1977).


Menyusul pembubaran dari The Dead Boys pada 1979, Bators memulai sebuah hubungan dengan Bomp! Records dan presidennya, Greg Shaw. Menurut Shaw: “Apa yang dia bangun adalah melarikan diri dari citra Dead Boys miliknya dan mendapatkan rasa hormat sebagai seorang penyanyi dari pop rock kontemporer. ... dengan kata lain, dia ingin menjadi “Eric Carmen di musik punk.’” Pada akhirnya, dan biasanya yang terjadi dengan veteran punk rock pertama, dia merekam beberapa single, kebanyakan tidak dirilis, dan sebuah LP, Disconnected, yang dirilis pada 1980. Sebuah album kompilasi dirilis pada 1994, L.A. L.A. mendokumentasikan usaha Bators sebagai seorang penyanyi pop-punk.

Setelah Sham 69 dari Inggris dibubarkan, Bators, kini berlokasi di London, membentuk the Wanderers dengan Dave Tregunna, mantan pemain bass Sham 69. Band datang dengan sebuah album konsep, berjudul Only Lovers Left Alive (dirilis pada Mei 1981), bersama dengan dua single.


Bators kemudian membentuk The Lords of the New Church pada 1981 dengan Brian James dan Dave Tregunna dari Sham 69. The Lords menjadi terkenal karena penampilan panggung mereka. Seorang penggemar dari Iggy Pop, Bators sudah membangun sebuah reputasi menakutkan di hari-harinya dengan Dead Boys dan meneruskan dengan penampilan antik dengan The Lords, yang paling terkenal saat itu dia dilaporkan menggantung dirinya selama sebuah pertunjukan. Penampilan milik Bators menjadi menegangkan dan dia dinyatakan secara klinis meninggal untuk beberapa menit. Beruntung, Bators hidup kembali dan The Lords merekam dua album sukses lagi.

Kemudian, Bators memperoleh paparan tambahan melalui sebuah film arus utama. Pada 1981, Bators ikut membintangi film satir John Waters, Polyester. Tujuh tahun kemudian, Bators membuat sebuah pemunculalan cameo yang diingat sebagai “Dick Slammer”, penyanyi utama dari “The Blender Children”, di sebuah film komedi, Tapeheads, yang dibintangi oleh John Cusack dan Tim Robbins.


Pada Desember 1985 Bators terbang ke New York dengan temannya Michael Monroe untuk bekerja di video musik Artits United Againts Apartheid.

The Lords of the New Church bubar pada 1989, saat Bators mendapat cedera di punggungnya dan gitaris Brian James secara diam-diam mulai membuat iklan untuk seorang penyanyi pengganti.

Pada pertengahan 1990, Bators tertabrak oleh sebuah taksi di Paris selama hari libur. Dia dibawa ke rumah sakit tapi dilaporkan pergi sebelum bertemu dengan dokter, setelah menunggu beberapa jam dan dianggap dia tidak cedera. Laporan mengindikasikan bahwa dia meninggal dalam tidurnya sebagai akibat dari cedera otak traumatis pada 4 Juni 1990. Dave Tregunna mengatakan bahwa Bators, seorang penggemar dari Jim Morrison, sebelumnya meminta bahwa abunya disebarkan diatas kuburan Paris milik Morrison dan bahwa pacarnya melaksanakannya.

Dalam komentar dari sutradara dari film Polyester, yang dibintangi Bators, sutradara/produser John Waters menyatakan bahwa pacar Bators, Caroline mengaku padanya bahwa dia menghirup sedikit abu milik Stiv agar dia dapat lebih dekat dengannya.

Pada 2013, sebuah film buatan Amerika berjudul CBGB dirilis ke bioskop-bioskop. The Dead Boys ditampilkan sebagai salah satu band punk terkenal yang memulai di klub CBGB, dan pertamakali dimanajeri oleh Hilly Kristal. Bators diperankan oleh aktor Justin Bartha, dikenal untuk perannya di film The Hangover.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...