Laman

Rabu, 01 November 2017

RUSS BALLARD




Dilahirkan dengan nama Russell Glyn Ballard pada 31 Oktober 1945 di Waltham Cross, Hertfordshire, Inggris.

Ballard awalnya adalah seorang gitaris, bergabung dengan Buster Meikle & The Day Breakers pada 1961 bersama dengan kakaknya Roy dan teman mereka drumer Bob Henrit. Setelah sebuah jabatan dengan The Roulettes, mendukung Adam Faith, dia kemudian bergabung dengan Unit 4 + 2 di awal 1960an, sebelum menjadi penyanyi utama dan gitaris dari Argent (bersama Henrit, yang bergabung sebagai drumer), menulis hit mereka “God Gave Rock and Roll to You”, yang nantinya dibawakan ulang baik oleh Petra dan Kiss. Ballard paling dikenal sebagai vokalis dari hit besar milik Argent “Hold Your Head Up”. Pada 1972, Ballard tampil di album Ennismore milik Colin Blunstone, yang diproduseri oleh Chris White. Ballard juga menulis single hit, “I Don’t Believe in Miracles” yang tampil di album itu.


Dia meninggalkan Argent pada 1974 dan menjalani karir solo dan penulisan lagu. Dia menulis hit-hit seperti “Liar” milik Three Dog Night (aslinya direkam oleh Argent), pemuncak tangga lagu Inggris 1977 milik Hot Chocolate “So You Win Again”, dan hit 1979 milik Rainbow “Since You Been Gone”. Head East juga merekam lagu pada 1978 untuk album self-title mereka, dan sebelum itu lagu tersebut dimasukkan di album solo 1976 milik Ballard, Winning. Ballard juga menulis hit (UK) No. 3 1981 milik Rainbow “I Surrender”.


Ballard juga menulis dan tampil di dua album solo pertama milik Roger Daltrey, Daltrey (1973) dan Ride a Rock Horse (1975). Daltrey merekam beberapa lagu asli Ballard lainnya untuk soundtrack McVicar miliknya, dan album-albumnya Under a Raging Moon dan Can’t Wait to See the Movie. Ballard melakukan sebuah tur dengan Roger Daltrey pada 1985, memainkan gitar dan menyanyi di salah satu lagu miliknya.

Band pop Inggris Hello merekam “New York Groove” milik Ballard pada 1975, mencapai No. 7 dan No. 9 di Inggris. “New York Groove” juga direkam tiga tahun kemudian oleh Ace Frehley, yang merubah lagu itu menjadi hit di AS.

Ballard juga menulis hit No. 17 pada 1981 untuk Santana, berjudul “Winning”, yang muncul di album mereka berjudul Zebop! dan sebelumnya dirilis oleh Ballard sendiri di album solo keduanya. Untuk mempromosikan album Winning dia melakukan tur Eropa dan AS pada Oktober dan November 1976, bekerja dengan John Stanley Media Management Company dan sebuah band beranggotakan empat orang, tampil di teater-teater besar di Eropa dan klub kelas menengah seperti The Bottom Line di New York dan Whisky A Go Go di Los Angeles.

Ballard menulis dan memproduseri “You Can Do Magic” untuk grup America di album 1982 mereka View From the Ground. Single itu naik ke No. 8 di Billboard Hot 100 pada Oktober 1982, dan membantu membangkitkan karir milik band. Tahun selanjutnya, America mengajak Ballard untuk memproduseri album mereka selanjutnya, Your Move. Salah satu lagunya, “The Border”, yang ikut ditulis oleh Ballard dengan Dewey Bunnell, mencapai No. 33 di Billboard Hot 100.

Ballard menulis hit solo rilisan 1982 milik penyanyi ABBA Anni-Frid Lyngstad: “I Know There’s Something Going On” (yang diproduseri oleh Phil Collins, dan juga menampilkan Collins pada drums). Lagu itu mencapai No. 13 di Billboard Hot 100. Dia juga menulis “Can’t Shake Loose” untuk sesama mantan anggota ABBA Agnetha Faltskog, yang mencapai No. 29 di tangga lagu yang sama.

Pada 1991 lagu yang dia tulis bersama John Waite dan Jonathan Cain, “So This Is Eden”, muncul di album milik Bad English, Backlash.

Ballard juga menulis dan memproduseri Elkie Brooks, dan pada 2005 bertindak sebagai pemandu bakat, dia “menemukan” Lauren Harris.


Sebagai seorang artis solo, Ballard masuk ke tangga lagu sekali di Billboard Hot 100 Chart, saat “On the Rebound” mencapai No. 58 pada 1980. Uriah Heep membawakan ulang “On the Rebound” pada 1982 di album mereka Abominog. Pada 1980, dia merilis album solo melalui label Epic berjudul Barnet Dogs. Album itu mencapai No. 187 di Billboard 200.

Hit solo menonjol lainnya, “Voices” - dari album self-title keduanya (1984) - dimasukkan di episode Miami Vice “Calderone’s Return: Part 2 - Calderone’s Demise”, yang mengudara pada 26 Oktober 1984. Lagu itu adalah hit singkat di stasiun radio rock, mencapai No. 15 di tangga Hot Mainstream Rock Tracks. Namun, “Voices” ada di bagian bawah Billboard Hot 100, mencapai No. 110. Lagu lain dari album yang sama, “In the Night” dimasukkan di episode “Calderone’s Return: Part 1 - The Hit List”. Acara itu juga kemudian menampilkan “Your Time Is Gonna Come” oleh Ballard.

“The Fire Still Burns”, lagu yang menjadi judul album dari album rilisan 1985 miliknya mencapai No. 15 di tangga Hot Mainstream Rock Tracks.

Selain Kiss membawakan ulang “God Gave Rock and Roll to You”, diberi judul “God Gave Rock ‘n’ Roll to You II”:

*     Drumer Kiss Peter Criss merekam “Let Me Rock You” dan “Some Kinda Hurricane” milik Ballard di album Let Me Rock You rilisan 1982 miliknya.
*     Gitaris Kiss Ace Frehley membawakan ulang “New York Groove” di album solo self-title miliknya pada 1978. Versi milik Frehley mencapai No. 13 di tangga Billboard Hot 100 dan menjadi andalan rutin dari penampilan panggung Kiss, selama tur dimana Frehley ambil bagian.
*     Selama tahun-tahun non-Kiss, Frehley juga membawakan ulang lagu Ballard “Into the Night”, untuk album Frehley’s Comet rilisan 1987 miliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...