Laman

Selasa, 17 Oktober 2017

FRED TURNER



Dilahirkan dengan nama Charles Frederick Turner pada 16 Oktober 1943 di Winnipeg, Manitoba, Kanada.

Turner sudah bermain di banyak band di dan seputaran Winnipeg selama tahun-tahun awal dewasnya, rekaman vokal pertamanya adalah dengan grup Pink Plumm, yang merilis satu single independen. Berdasarkan nasehat dari Randy Bachman yang diterima dari Neil Young, Turner pada akhirnya diminta untuk bergabung dengan band Brave Belt milik Randy pada 1971. Pada saat itu, Turner sedang bermain dan menyanyi di sebuah band cover bernama the D-Drifters. The D-Drifters ingin terus menyanyikan lagu-lagu cover, dan terus menolak komposisi asli milik Turner. Saat panggilan datang dari Bachman, Turner menerima tawaran untuk bergabung dengan sebuah band yang akan memberinya sebuah kesempatan untuk memainkan materi asli.

Vokalis utama untuk album Brave Belt pertama adalah Chad Allan, mantan rekan band Randy Bachman dari The Guess Who. Saat Allan Pergi tidak lama setelah perilisan album pertama, Turner menjadi vokalis utama dan bassis penuh. Dia berkontribusi lima komposisi lagu untuk album lanjutan Brave Belt II (1972), dan dia menjadi vokalis utama pada semua lagu kecuali dua lagu dari sebelas lagu dari album itu. Saat sedang mengerjakan album “Brave Belt III”, band mengubah namanya menjadi Bachman-Turner Overdrive (BTO). Walaupun Randy Bachman menjadi nama yang lebih dikenal dari tahun-tahunnya dengan The Guess Who, Robbie Bachman menyatakan di sejumlah wawancara bahwa tidak akan terdapat “BTO sound” tanpa kontribusi milik Turner: “Album Brave Belt pertama sangat bercorak country-rock. Segalanya berubah saat Fred bergabung dengan band. Kami memiliki suara berat, kasar milik Fred  Turner. Kami berubah karena Mr. Turner.”


Saat Randy Bachman meninggalkan Bachman-Turner Overdrive pada akhir 1977, Turner beralih dari bass ke gitar ritem untuk memberi ruang untuk bassis-vokalis Jim Clench. Formasi baru ini untuk 1978-79 hanya diberi nama B.T.O. dan tidak ada nama lainnya, karena masalah hukum sekitar pemakaian nama belakang Bachman. Turner mengambil kembali perannya pada bass saat Bachman-Turner Overdrive terbentuk kembali untuk sebuah album pada 1984 dan tur yang mengikutinya.

Turner adalah vokalis utama di banyak lagu-lagu paling terkenal milik Bachman-Turner Overdrive, meliputi “Roll Down the Highway,” “Let It Ride,” Blue Collar,” “Four Wheel Drive,” “Not Fragile” dan “Take It Like a Man.” Kredit lagu-lagunya meliputi “Gimme Your Money Please,” “Blue Collar,” “Take It Like a Man” (dengan Blair Thornton), “Let It Ride” (dengan Randy Bachman) dan “Roll on Down the Highway” (dengan Robbie Bachman).

Turner merekam sebuah lagu solo untuk CD Animal Magnetism berjudul “Walk With You” pada 1996. Album Animal Mangnetism dibentuk oleh Riff West. Musisi lainnya yang merekam lagu untuk album ini meliputi Lonesome Dave Peverett dari Foghat, Pat Travers, dan Edgar Winter. Pada 2000, dia memmbuat sebuah kemunculan suara dengan Randy Bachman dalam sebuah episode dari The Simpsons.

Penampilan terakhir Turner di panggung dengan formasi BTO adalah pada 2004 dengan Randy Murray. Keduanya didukung oleh para anggota dari the Little River Band karena drummer Robbie Bachman dan gitaris Blair Thornton tidak bias menghadiri pertunjukan terakhir BTO. Turner adalah satu-satunya anggota dari Bachman-Turner Overdrive yang ada di setiap album yang dirilis oleh band.


Turner melakukan reuni dengan Randy Bachman dan merekam sebuah album self-title baru yang dirilis pada September 2010 dibawah nama “Bachman & Turner”.

Bachman dan Turner melakukan tur dunia 2010-2011 untuk mendukung album 2010 mereka, walaupun sejumlah lagu BTO juga dimainkan diatas panggung. Tur dunia B&T dibuka pada Juni 2010 di the Sweden Rock Festival. Album baru kedua anggota pendiri itu adalah kembali ke suara rock yang yang padat, kaya dari 70an, dan mereka menyatakan ini adalah “album yang hilang” dari era BTO tersebut. Jadwal lain yang dikonfirmasi meliputi the High Voltage di London, Inggris, the Manitoba Homecoming Festival di Winnipeg, dan beberapa jadwal lagi di AS dan Kanada. Pengumuman tur lanjutan diberitakan di www.bachmanandturner.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...