Laman

Senin, 30 Oktober 2017

DAVID PATON



Dilahirkan pada 29 Oktober 1949 di Edinburgh, Skotlandia adalah seorang bassis, gitaris dan penyanyi berkebangsaan Skotlandia.

Dia tumbuh di pinggiran tenggara dari Gilmerton, Edinburgh, dimana dia bersekolah di Liberton High School. Band pertamanya bernama The Beachcombers dan mereka mendapatkan sebuah kontrak rekaman pada 1968 dengan CBS Records. Mereka merubah nama mereka menjadi The Boots dan menerbitkan single pertama mereka, “The Animal in Me”. Single ini segera diikuti oleh “Keep Your Lovelight Burning”, tapi setelah sekitar dua tahun, band bubar karena masalah keuangan pada 1970. Dia kemudian mengganti seorang gitaris di Bay City Rollers, untuk periode yang singkat tapi tidak pernah melakukan rekaman dengan mereka. Setelah meninggalkan mereka pada Oktober 1970, dia menjadi anggota dari band lain bernama Fresh, yang mengganti nama mereka menjadi Chrystian dan menerbitkan sebuah single, “Nursery Lane” pada 1971. Sementara masih bermain dengan band, dia mengambil pekerjaan sebagai musisi di sebuah klub malam bernama Tiffanys dimana dia bertemu Ian Bairnson.




Pada 1973, Paton ikut mendirikan Pilot. Dengan Ian Bairnson, Billy Lyall dan Stuart Tosh, mereka merekam beberapa demo dengan EMI Records dan merekam album pertama mereka From the Album of the Same Name yang diterbitkan pada 1974. Di album ini terdapat hit besar pertama mereka, “Magic” dan Bairnson, yang masih belum menjadi anggota resmi dari band, bergabung dengan mereka setelah rekaman album pertama. Mereka menerbitkan album kedua mereka berjudul Second Fight pada 1975, dan diikuti pada 1976 oleh album ketiga mereka, Morin Heights yang direkam di Le Studio di Morin Heights di Quebec, Kanada, dan diproduseri oleh Roy Thomas Baker. Tahun yang sama, dia dan Bauirnson mulai bekerja dengan produser Alan Parsons dan menerbitkan album pertama dibawah nama Alan Parsons Project, Tales of Mystery & Imagination. Paton memainkan bass dan menyanyi dengan band hingga album Stereotomy rilisan 1986, saat dia terus bekerja dengan para artis lain sebagai seorang musisi sesi. Dia juga bermain di dua album pertama oleh Kate Bush pada 1978, The Kick Inside dan Lionheart. Pada 1980an, Paton dikenal untuk hasil kerjanya dengan Camel dan Elton John di album studio dan tur keliling dunia. Kredit lain meliputi bass gitar dan vokal latar untuk beberapa album oleh Fish, juga Rick Wakeman pada 1990an, seperti The Classical Connection, African Bach, Softsword, The Classical Connection 2 dan Prayers. Pada 1984, dia adalah anggota dari Keats.


Album solo pertamanya dirilis pada 1991, berjudul Passions Cry, dan album kedua No Ties No Strings dirilis pada 2003.No Ties No Strings adalah sebuah rekaman ulang dari albumnya yang tidak pernah dirilis dari 1980. Pada 1985, dia berpartisipasi untuk musik asli untuk film Ladyhawke yang ditulis, diciptakan dan dimainkan oleh Andrew Powell dan diproduseri oleh Alan Parsons. Para musisi yang terlibat di proyek itu adalah Ian Bairnson pada gitar, Stuart Elliott pada drum dan Powell sendiri pada kibord, orchestra dan konduktor.

Paton juga muncul secara solo di seri konser Countdown Spectacular di Australia, antara Agustus dan September 2007, sebagai seorang penampil dan penata musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...