Laman

Minggu, 29 Oktober 2017

DAVE WYNDORF



Dilahirkan dengan nama David Albert Wyndorf pada 28 Oktober 1956 di Red Bank, New Jersey, AS adalah penulis lagu, vokalis utama dan gitaris untuk Monster Magnet. Dia adalah frontman dan satu-satunya anggota asli yang tersisa dari band.

Di awal 1980an dia memimpin sebuah band bernama Shrapnel, yang merekam setidaknya 1 album. Jenis musiknya adalah new wave dan agak mengarah ke modern rock pada saat itu.

Selama sebagian masa setelah 1990an, Wyndorf dan bandnya berjuang untuk mendapatkan kesuksesan komersil yang tidak bisa mereka peroleh karena gaya retro-rock mereka yang sangat tidak memiliki gaya. Hal ini berubah pada 1998, saat Wyndorf melakukan 12 hari perjalanan ke Las Vegas, Nevada, dari dimana dia menarik inspirasi untuk menulis lagu untuk Powertrip, yang akan menjadi album terobosan milik Monster Magnet. Kehidupannya dilanjutkan dengan perilisan dari Powertrip yang merupakan inspirasi untuk God Says No.


Wyndorf pergi ke Los Angeles, California untuk mengerjakan soundtrack dari film Torque, dimana komposisi secara keseluruhan dibuat oleh Wyndorf. Selama dia tinggal di LA, dia mendapatkan inspirasi untuk Monolithic Baby!, album rilisan 2004 milik Monster Magnet.

Pada 27 Februari 2006, Wyndorf mengalami overdosisi obat-obatan. Tur Eropa yang akan dating untuk Monster Magnet segera ditunda.

Lebih dari satu tahun kemudian, pada September 2007, Wyndorf berbicara pada wartawan musik asal Inggris Dave Ling tentang overdosisnya. Dia menyatakan bahwa masalah itu dimulai saat dia menderita insomnia saat melakukan tur. Alih-alih mencari bantuan dari professional kesehatan mental, dia memaksa dokter untuk memberinya anxiolytics yang mulai dia gunakan secara rutin. Dia berkata pertolongan medisnya membantu untuk sedikit mengurangi masalah mentalnya, setelah dimana masalah itu datang kembali dengan keras. Merasa sangat lemah pada suatu hari, dia mengkonsumsi sebotol penuh pil tidur, menyebabkan overdosis.

Setelah overdosisnya, Wyndorf mulai mengerjakan album selanjutnya milik Monster Magnet, 4-Way Diablo, yang dirilis pada November 2007. Pada beberapa lagu di album ini dia berusaha untuk membagi kesulitannya dengan para pendengar, sementara lagu-lagu lainnya memperlihatkan sebuah sisi yang lebih optimis untuk merefleksikan kesehatannya yang makin membaik.

Dia merencanakan untuk masuk studio untuk merekam sebuah proyek rahasia. Wyndorf sebelumnya mengungkapkan bahwa dia menemukan tur yang panjang kurang menyenangkan. Namun, dia mengekspresikan ketertarikan untuk melakukan tur lagi – tapi hanya setelah merilis sebuah album baru.

Pada Juni 2008 Monster Magnet tampil di beberapa festival Eropa, memainkan enam pertunjukan, dan kembali ke Eropa pada akhir 2008 untuk memainkan 35 jadwal lagi, dengan Phil Caivano yang kembali ke band. Tidak ada lagu dari album baru yang dimainkan.

Monster Magnet memainkan beberapa pertunjukan di Australia pada 2009. Setelah bekerja di studio tahun selanjutnya untuk album mereka mendatang yang berjudul Mastermind, yang dirilis pada Oktober 2010, band melakukan tur Eropa untuk mempromosikan album studio kedelapan mereka. Selama Maret 2011 Monster Magnet bermain di Australia lagi, bermain selama 35 menit di festival National Soundwave.

Monster Magnet melakukan tur lagi pada 2011-2012, menampilkan album-album mereka Dopes to Infinity dan Spine of God secara keseluruhan.

Dia menghabiskan sebagian besar karirnya dengan menulis tentang obat bius, Wyndorf kini menganggap bahwa narkoba bukan sebuah inspirasi untuk musik ataupun jalan keluar ke kreatifitas. Dalam sebuah wawancara 1995 Wyndorf menyatakan bahwa legalisasi jamur di Amerika akan menjadi ide buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...