Laman

Selasa, 10 Oktober 2017

DENNIS STRATTON




Dilahirkan dengan nama Dennis William Stratton pada 9 Oktober 1952 di Canning Town, East London, Inggris.

Kehidupan awal milik Stratton adalah sebagai seorang pemain sepak bola anak sekolah yang menjanjikan, yang secara singkat ada di buku West Ham United hingga usia 16 tahun dia memainkan gitar. Seorang penggemar berat skena music wilayah East End, band serius pertamanya adalah tampil dengan Harvest, yang kemudian menjadi Wedgewood pada 1973, dan menyertakan temannya Dave Edwards. Setelah dua tahun dia dan Edwards, kemudian membentuk Remus Down Boulevard yang terkenal secara lokal pada 1975. “R.D.B.” bermain di depan penonton yang banyak, melakukan tur untuk mendukung Rory Gallagher dan Status Quo dan merekam sebuah album “live at the Marquee” dengan produser music Jonathan King.


Stratton diundang untuk bergabung dengan Iron Maiden sebagai gitaris utama kedua dan vokalis latar oleh Steve Harris setelah dia melihat Stratton bermain dengan Remus Down Boulevard. Band, memerlukan seorang drummer baru setelah drummer terdahulu Doug Sampson meninggalkan band, mempekerjakan Clive Burr atas rekomendasi Stratton. Stratton berpartisipasi dalam rekaman dan produksi dari album pertama milikgrup, Iron Maiden pada awal 1980. Dia juga muncul di rekaman home video Live at the Ruskin pada awal 1980 (dirilis pada 2004 sebagai bagian dari The History of Iron Maiden – Part 1 : The Early Days DVD), video pertama milik Iron Maiden “Women in Uniform,” single Women in Uniform, beberapa single rilisan selanjutnya, juga di pemunculan pertama milik band di British TV (“Running Free” ditampilkan secara langsung di Top of the Pops) dan album Live!! + one. Beberapa bootleg konser muncul termasuk penampilan yang mudah diingat di Reading Festival 1980. Stratton juga seorang anggota Iron Maiden selama tur Eropa 1980 mereka, mendukung Kiss. Dennis Stratton meninggalkan Iron Maiden pada Oktober 1980. Jumlah alasan untuk kepergian Stratton beragam, Stratton menyebutkan bahwa dia pergi karena konflik dengan manajer Rod Smallwood dan Steve Harris. Baik Smallwood dan Harris mengatakan memberinya jabatan sebagai seorang penyanyi dan gitaris. Secara resmi band menyatakan “perbedaan musikal” menjadi alasan untuk kepergiannya. Stratton digantikan oleh Adrian Smith.


Sejak rekaman album pertama milik band, Stratton menjadi satu-satunya anggota dari Iron Maiden yang tidak berkontribusi untuk penulisan materi yang direkam.


Setelah kepergiannya dari Iron Maiden, Stratton bermain dengan band-band seperti Lionheart dan, setelah sebuah tur NWOBHM dengan mereka pada 1990 dia bergabung dengan Praying Mantis, bertahan untuk merekam Sembilan album studio dan dua album live. Stratton secara resmi meninggalkan Praying Mantis pada 2006, walaupun materi terakhirnya yang direkam dengan mereka adalah pada 2003. 


Pada 1995, Stratton memiliki sebuah proyek dengan mantan penyanyi Iron Maiden Paul Di’Anno bernama “The Original Iron Men” dimana mereka berdua menyanyi. Mereka merilis tiga buah album.


Stratton masih dapat dilihat bermain di pub-pub seputaran wilayah East London. Stratton juga tampil di Remus Down Boulevard yang terbentuk kembali dan sering melakukan tur Eropa dengan berbagai band memainkan lagu-lagu Iron Maiden era klasik.


Stratton juga didukung oleh Caparison Guitars, dari jabatannya dengan Praying Mantis. Saat di panggung, dia menggunakan Marshall Twin Valvestate combo dan sebuah Boss effects/control unit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...