Laman

Sabtu, 29 Desember 2018

YOUTH



Dilahirkan dengan nama Martin Glover pada 27 Desember 1960 di Slough, Buckinghamshire, Inggris, adalah produser rekaman Inggris dan anggota pendiri dan bassis Killing Joke. Dia adalah anggota The Fireman, bersama dengan Paul McCartney.

Menyebut dirinya "Pig Youth" dari nama pelantun reggae Big Youth pada tahun 1977 ia bergabung dengan band punk Rage, yang melakukan tur dengan the Adverts. Kemudian ia bergabung dengan 4" Be 2" - sebuah band yang dibentuk oleh saudara laki-laki John Lydon, Jimmy Lydon - dan merekam single "One of the Lads" bersama mereka.

Youth paling terkenal karena menjadi pemain bass di Killing Joke. Dia meninggalkan band pada tahun 1982, dan segera setelah itu mendirikan band dub funk band sendiri yang berorientasi komersial Brilliant, yang merekam satu album pada tahun 1986 sebelum kemudian bubar. 


Pada tahun 1989, Youth dan Alex Paterson memulai label WAU! Mr Modo. Rilisan awal mereka dari pilihan dari industrial techno dub dan sound system yang berat dari artis seperti Napthali, Manasseh, Bim Sherman dan Jah Warrior telah lama dihapus dan mendapatkan jumlah besar dalam penjualan pribadi.

Koneksi Youth dengan dubs berlanjut pada pertengahan 1990-an ketika dia diminta oleh Adrian Sherwood untuk mencampur beberapa lagu Bim Sherman untuk pengerjaan ulang album Miracle. Dia juga kemudian muncul di album rekaman dub Ted Parsons/NIC, menyumbang remix yang dibuka dengan sampel dari "Version '78" milik Glen Brown, sebuah lagu yang awalnya dirilis pada label South East. 


Pada awal tahun sembilan puluhan, Youth membentuk duo techno dan house music Blue Pearl bersama dengan penyanyi Amerika Durga McBroom. Mereka mencetak beberapa hit single termasuk debut vinyl biru mereka "Naked in the Rain", yang mencapai No. 4 di UK Singles Chart dan juga hit dance No. 5 di AS pada tahun 1990. Diikuti oleh "Little Brother" dan "(Can You) Feel the Passion". Sebuah album, Naked, juga dirilis.

Dia dikreditkan dengan mendirikan label rekaman psychedelic trance pertama, Dragonfly Records, serta label Liquid Sound Design dan Kamaflage Records. Ia terkenal di dunia psychedelic trance, berkolaborasi dengan Simon Posford dan Saul Davies sebagai Celtic Cross, dengan Greg Hunter dan Simon Posford sebagai Dub Trees, dan pada proyek Zodiac Youth. Dia telah melakukan trance full-on dan juga set DJ chill-out di beberapa pesta Return to the Source, dan merilis album campuran Ambient Meditations 3 pada label mereka pada tahun 2000. Butterfly Studios-nya juga merupakan rumah bagi kantor dari Return to the Source sekitar tahun 1999–2002.

Label Butterfly Records milik Youth telah menghasilkan artis seperti Take That, Wet Wet Wet, Tom Jones, The Orb, System 7, Maria McKee dan Heather Nova. Youth adalah co-produser Urban Hymns milik The Verve dan ‘Are You Listening’ milik Dolores O'Riordan. Ia juga telah bekerja, memproduksi dan mencampur ulang untuk band-band termasuk Kate Bush, Guns N' Roses, Primal Scream, Embrace, Siouxsie and the Banshees, Art of Noise, Crowded House, Zoe, P.M. Dawn, Yazoo, Erasure, U2, Bananarama, INXS, Gaudi, James, Suns of Arqa, Depeche Mode, The Shamen, Misery Loves Co., Texas, Dido, Gravity Kills, Fake?, Pink Floyd dan The Charlatans.

Youth juga telah membuat rencana untuk bekerja dengan Duran Duran pada tahap akhir dari album Reportage mereka yang hilang, sebelum disimpan pada tahun 2006.

Pada tahun 2008, Youth memproduksi album Everything's the Rush milik the Delays, This Is Not the World milik The Futureheads dan mengerjakan album debut band Amerika The Daylights. Pada 2013, Glover memproduksi album debut Collective oleh band rock indie DIY Echotape, diikuti oleh Meteorites oleh Echo and the Bunnymen dan Lion oleh Peter Murphy. Tahun berikutnya, Glover memproduksi album "Tribes" dari Culture Club. Juga di tahun 2008, Youth bergabung kembali dengan Killing Joke.

Youth adalah anggota dari band Transmission, bersama dengan Simon Tong dari The Verve, Paul Ferguson dari Killing Joke dan Tim Bran dari Dreadzone. Dia juga bermain gitar di beberapa lagu di album Client 2007 "Heartland."

Pada pertengahan 2010, ia bekerja sama dengan Alex Paterson (The Orb) untuk menyusun sebuah album kompilasi retrospektif dari lagu-lagu label WAU! Mr Modo. Albumnya berjudul Impossible Oddities dirilis pada CD dan double vinyl pada 25 Oktober 2010 melalui Year Zero Records.

Pada tanggal 27 Oktober 2012, selama Festival Internasional Produser Musik dan Desainer Suara SOUNDEDIT, Youth dianugerahi The Man with the Golden Ear Award.

Pada tahun 2016 ia menerima penghargaan PPL Music Producers Guild Lifetime Achievement dan merilis album Create Christ, Sailor Boy dengan David Tibet sebagai Hypnopazūzu.

Pada 2017 dia bekerja sama dengan Gaudi untuk merilis album kolaborasi mereka 'Astronaut Alchemists', yang dirilis pada Liquid Sound Design pada 2018.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...