Laman

Senin, 10 Desember 2018

BRIAN BELL



Dilahirkan dengan nama Brian Lane Bell pada 9 Desember 1968 adalah seorang gitaris, penyanyi, dan penulis lagu Amerika. Ia paling dikenal sebagai gitaris ritem, vokalis pendukung dan terkadang vokalis utama band Weezer, dengan siapa ia telah merekam sebelas album studio. Bell juga mengomandani band rock The Relationship, dan sebelumnya adalah vokalis utama dan gitaris dari band indie rock Space Twins.

Pindah ke Los Angeles pada usia delapan belas tahun, Bell bermain gitar bass di band Carnival Art, merilis tiga album studio dengan band sebelum pergi pada 1993. Bell kemudian bergabung dengan Weezer sebagai gitaris ritem dan vokalis pendukungnya, atas permintaan anggota band Matt Sharp. Mengganti anggota pendiri Jason Cropper, Bell bergabung dengan band selama rekaman album debutnya, Weezer (1994). Didukung oleh single "Buddy Holly", "Undone - The Sweater Song" dan "Say It Ain't So", album ini adalah sebuah kesuksesan kritis dan komersial.

Bell lahir di Iowa City, Iowa dari orang tua Tom Bell, seorang profesor geografi di University of Tennessee, dan Linda Menasco, seorang asisten kepala sekolah dasar, dan dibesarkan di Knoxville, Tennessee. Dia pertama kali tertarik pada musik pada usia empat tahun, ketika orang tuanya membawanya ke konser Elvis Presley di Stokely Athletic Center di Knoxville. Segera setelah itu, Bell menjadi terobsesi dengan koleksi rekaman ayahnya, dan memainkannya secara konstan. Bell dipaksa oleh ibunya untuk mengambil les piano, dan menolak untuk membiarkan dia mengambil pelajaran gitar sampai sekolah menengah, karena dia "tidak akan percaya bahwa dia akan berlatih." Akhirnya, selama tahun pertamanya di sekolah menengah, orang tua Bell mengizinkannya mengambil pelajaran gitar dari seorang musisi Knoxville, bernama Ben Bolt. Selama tahun pertamanya di sekolah menengah, Bell harus pindah sekolah; "Saya diberi tempat untuk pergi ke sekolah daerah dan ibu saya mengajar di kota, yang berarti saya bisa pergi ke sekolah yang lebih istimewa. Dalam melakukan itu, saya dikelilingi oleh orang-orang sok'. 'Saya agak menemukan diri saya di waktunya, jadi saya memutuskan untuk pergi ke sekolah yang saya pilih." Selama waktu ini, Bell memiliki pekerjaan mengantarkan pizza di area Knoxville di Stefano's Pizza. Dia bekerja dengan Blair dan Todd Mitchell (yang dia perkenalkan ke musik Queensryche) dan membuat beberapa kue gandum utuh yang sangat enak! Dia bekerja dan mulai bermain di sebuah band bersama teman-teman sekolah, Trey Counce, dan Tim dan Glenn Maloof, bernama Blooshroom, yang Bell gambarkan sebagai "Pink Floyd -meets- The Stooges." 


Setelah menyelesaikan sekolah menengah di Bearden High School pada tahun 1987, Bell memutuskan tidak kuliah, merasa itu akan menjadi "buang-buang uang." Pada usia 18, Bell pindah ke Los Angeles, California, dan terdaftar di GI. Pada tahun 1991, ia menjadi anggota band bernama Carnival Art, yang merilis 3 album resmi dan EP, dengan Bell bermain gitar bass. Sayangnya, band ini memiliki penjualan rekeman yang sangat kecil, dan dicoret oleh label rekaman mereka, Beggars Banquet. Ketika Carnival Art bubar, Bell berkenalan dengan anggota Weezer , "Mereka mulai bermain di kancah mereka, dan saya langsung melihat sesuatu yang unik di dalamnya. Saya tidak ingin berada di band mereka. Untuk beberapa alasan, dengan kerumunan yang salah dan bermain di tempat yang salah. Saya ingin membantu mereka dengan cara apa pun yang saya bisa dan saya ingin memainkan pertunjukan dengan mereka." Pada akhir musim panas 1993, Bell memutuskan sekali-dan-untuk-semua berhenti dari Carnival Art. Ketika dia tiba di rumah, dia menemukan di mesin penjawab pesan dari bassis Weezer Matt Sharp. Sharp menelepon lagi keesokan harinya, dan Rivers Cuomo mengambil telepon dan memintanya untuk bergabung dengan band.


Bell kemudian bergabung dengan Weezer pada tahun 1993 selama rekaman The Blue Album, menggantikan Jason Cropper, dan tetap menjadi anggota Weezer sejak saat itu. Meskipun dikreditkan untuk gitar dan vokal di catatan liner, kedatangan menit terakhir Bell di sesi Blue Album berarti bahwa dia hanya punya waktu untuk merekam ulang vokal latar milik Cropper, sementara Cuomo kembali mengerjakan ulang semua bagian gitar milik Cropper. Selain melakukan vokal back-up dan memainkan gitar lead and rhythm, selama pertunjukan langsung Weezer, Bell mengambil banyak tugas multi-instrumental, termasuk keyboard atau harmonika.

Meskipun semua kredit lagu di album 2005 milik Weezer Make Believe dikreditkan ke Rivers Cuomo, Bell menulis intro untuk "We Are All on Drugs" dan gitar duel dalam solo "This is Such a Pity. Bell juga menyumbangkan lagu "Thought I Knew" ke album self-titled 2008 milik band ini serta "It's Easy," sebuah demo eksklusif iTunes yang berfungsi sebagai lagu bonus untuk album itu. Ini menandai pertama kalinya Weezer secara resmi merilis sebuah lagu yang ditulis dan dinyanyikan oleh Bell, meskipun band ini mendemonstrasikan dan memainkan lagunya "Yellow Camaro" pada tahun 2002. Lagu tersebut akhirnya berhasil masuk ke dalam LP debut Space Twins, The End of Imagining.

Pada tahun 2005, selama penampilan live pada tahun 2005, Bell menyanyikan vokal utama pada "Why Bother?", "Smile", "Getchoo" dan "Keep Fishin'". Pada tahun 2008 selama tur Hootenanny milik band, ia mulai mengambil vokal utama pada "El Scorcho". Dia terus menyanyikan "El Scorcho" dan menyanyikan "Suzanne" serta di tur Troublemaker milik band pada tahun 2008. 


Selama bertahun-tahun Bell memimpin bandnya sendiri, Space Twins, yang telah memiliki berbagai inkarnasi sejak 1993. Mereka telah merilis tiga EP dan LP, The End of Imagining, pada tahun 2003. Namun pada tahun 2006, Bell menyatakan bahwa ia "tidak sedang mengejar" proyek dengan The Space Twins.

Pada tahun 2007 Bell rekeman untuk proyek sampingan bernama The Relationship. Rekaman berlangsung di Henson Recording Studios dan Padre Terrace di Los Angeles dan diproduksi oleh insinyur Weezer Eric J. Sean Lennon disebutkan dalam sebuah wawancara bahwa dia akan muncul dengan Bell pada rekaman debut milik The Relationship. Rivers Cuomo dan Bell turut menulis lagu bersama untuk proyek berjudul "Hand to Hold," tetapi Bell tidak berpikir itu akan ada di album debut mereka. Pada Mei 2007 ia mengunggah "Hand to Hold" di halaman Myspace band. Ini adalah pengerjaan ulang dari lagu Weezer "Private Message," yang pada awalnya di jalankan untuk dimasukkan pada Make Believe. Pada Maret 2017, Bell mengumumkan bahwa album terbaru band ini, Clara Obscura (yang berarti "Clear" dan "Obscure") , akan dirilis pada 18 April. 


Bell dan drummer Weezer Patrick Wilson, berkolaborasi dalam sebuah cover lagu Velvet Underground "Heroin", untuk film 2006, Factory Girl.

Pada bulan November 2006, Lyon Guitars (oleh Washburn) memperkenalkan seri gitar edisi terbatas yang disebut "Limited Edition 2006," yang masing-masing telah ditandatangani oleh Bell, dan memiliki gaya tubuh "strat" yang sama yang dia mainkan.

Bell juga menyatakan minatnya pada karya-karya William Shakespeare. Selama masa istirahat dari band pada tahun 2003 dan 2004, Bell dan mantan pacarnya Peggy Nunez mempelajari Shakespeare dan teori puisi di tingkat perguruan tinggi. Mereka juga muncul dalam produksi Twelfth Night, di mana Bell menulis empat lagu, semuanya menggunakan kata-kata Shakespeare.

Bell telah muncul dalam pertunjukan satu kali pada gitar dengan band-band lain. Bermain pada 17 Maret 2006 di The Troubador di LA dengan rekan tur Weezer, Ringside, dan membawakan "Our Lips Are Sealed", dengan anggota Go-Go’s, Jane Wiedlin, pada 1 Juni 2006 di Viper Room. Dia memainkan gitar dan mendukung vokal untuk tur musim dingin ‘06 milik Ringside di Rusia.

Diumumkan bahwa Bell akan membuat debut produksinya di album milik Ultra Sonic Edukators berikutnya.

Pada Desember 2010, Bell membuat penampilan cameo yang tidak direncanakan dalam video "CALIFORNIA ON JEWS" di YouTube.

Pada tahun 2014, Bell hanya menggunakan Gibson Guitars, instrumen utamanya saat ini adalah 2001 Gibson Explorer dalam edisi terbatas diamond sparkle, yang ia temukan di rubanah Rivers Cuomos, dengan pickguard cermin krom. Amplifier utamanya adalah Matchless Independence, tiga saluran, amplifier tabung kabel, menyediakan distorsi tebal dimana Weezer dikenal.

Pada tahun 2006, Bell membuat debutnya di layar, memainkan Lou Reed dalam film biografi Edie Sedgwick, Factory Girl. Rekan band Patrick Wilson juga muncul sebagai John Cale, anggota lain dari Velvet Underground.

Bell ditawari peran dalam The Lord of the Rings: The Two Towers sebagai "Orc Number Three", tetapi menolak bagian itu. Beberapa tahun kemudian Bell menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa itu "bukan langkah yang tepat untuk karir filmnya pada saat itu".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...