Laman

Rabu, 19 Desember 2018

SIA



Dilahirkan dengan nama Sia Kate Isobelle Furler pada 18 Desember 1975, di Adelaide, Australia. Ibunya terlibat dalam seni dan ayahnya adalah seorang musisi, jadi Sia dihadapkan pada elemen kreatif pada usia dini. Sebagai seorang musisi, ayahnya berteman dengan anggota dari band INXS dan juga Colin Hay dari Men at Work, yang dikenal Sia dengan baik saat tumbuh dewasa sehingga dia menyebutnya sebagai Paman Collie.

Sia pertama mulai tampil dengan sebuah band bernama Crisp, menyanyi untuk menemukan jalannya melalui kancah jazz Adelaide pada 1990-an. Beberapa keberhasilan membawanya untuk memulai karier solo pada tahun 1997, tetapi itu tidak berhasil dan dia segera membuat rencana untuk pindah ke Inggris untuk bersama pacarnya. Tragisnya, seminggu sebelum ia berangkat meninggalkan Australia, pacarnya ditabrak mobil dan tewas. Dia menggambarkan pria muda itu sebagai cinta dalam hidupnya, dan kematiannya merupakan peristiwa yang menghancurkan.

Pindah ke Inggris setelah tragedi itu, Sia mendapat kesempatan besar pertamanya dalam bentuk pertunjukan sebagai penyanyi pendukung untuk Jamiroquai. Itu menyebabkan Sia bergabung dengan grup electronica yang diakui Zero 7, keberhasilan yang ia temukan dan menunda impian aslinya: sebuah karier solo. Pada tahun 2000, ia mengambil langkah besar menuju impian itu ketika ia menandatangani kontrak rekaman dengan Dance Pool, sebuah divisi dari Sony. Pada tahun yang sama album pertamanya, Healing Is Difficult, keluar, menelurkan single hit “Drink to Get Drunk.” Single lain, “Little Man,” di-remix oleh artis Inggris Wookie dan kemudian menjadi andalan dance-club. Dengan dua lagu ini, Sia mulai menghasilkan banyak gebrakan, dan karirnya siap untuk tinggal landas.

Sia segera tidak nyaman dengan labelnya, meskipun, mendorongnya untuk melompat ke Go! Beat Records, di mana ia merilis EP Don't Bring Me Down pada tahun 2003. LP berikutnya, Color the Small One, akan direkam setelah Sia pindah ke AS dan menampilkan kolaborasi dengan Beck pada lagu "The Bully." Album ini bukanlah pendaki tangga lagu, tetapi berisi lagu yang akan mengubah lintasan dari karir milik Sia. 


Colour the Small One memiliki sebuah balada yang indah, "Breathe Me," yang akhirnya menjadi sangat cocok untuk episode terakhir dari seri HBO Six Feet Under, membawa penyanyi ini banyak perhatian ekstra. Sia tidak membuat banyak komentar tentang betapa pentingnya penampilan lagu itu di acara itu, mengatakan bahwa itu menghidupkan kembali kehidupannya yang "benar-benar sekarat." Karir yang diremajakan itu menyebabkan tur, dan album live pertama Sia, Lady Croissant, adalah hasilnya. Album ketiganya, Some People Have Real Problems, keluar pada tahun 2008 dan memulai debutnya di AS di No. 26.

Sia telah menjadi anggota Zero 7 sepanjang ini, muncul di album When It Falls (2004) dan The Garden (2006), tetapi band ini lelah menunggunya untuk merekam album berikutnya. Jadi pada tahun 2009 Sia digantikan dan mendapati dirinya bekerja tanpa pendukungnya sendiri. Itu hanya memberinya lebih banyak dorongan, dan dia menulis lagu untuk Bionic milik Christina Aguilera sebelum albumnya sendiri We Are Born muncul pada tahun 2010.

Tetapi dengan kesuksesan muncul masalah, dan Sia menjadi korban penyalahgunaan narkoba dan alkohol serta didiagnosis dengan penyakit Graves. Dia berhenti dari sorotan, berkonsentrasi menulis untuk orang-orang seperti Madonna, Beyoncé dan Rihanna, yang mengambil lagu "Diamonds" yang ditulis Sia ke No 1.

Ketika Sia muncul kembali, dia diselimuti dengan sebuah wig putih yang menutupi wajahnya sepenuhnya. Bosan dengan sorotan ketenaran, Sia hanya muncul di publik yang dikaburkan oleh wig, dari pertunjukan TV hingga penampilan langsung. Dan dia benar-benar menjadi lebih terkenal, dengan lagu-lagu seperti "Chandelier" dan "Elastic Heart" membuat gelombang di tangga lagu pop. 1000 Forms of Fear yang terkait dirilis pada musim panas 2014 dan mencapai Nomor 1 di tangga lagu AS, album pertama yang melakukannya untuk penyanyi/penulis lagu. Sia kemudian menerima empat nominasi Grammy untuk "Chandelier," termasuk nominasi dalam kategori marquee dari Record of the Year dan Song of the Year.

Sia telah melakukan kerja soundtrack juga, menyumbangkan lagu ke The Great Gatsby milik Baz Luhrmann (2013), The Hunger Games: Catching Fire (2013), Annie (2014) dan Fifty Shades of Grey (2015). Dia juga berkolaborasi dengan produser dansa David Guetta pada Top 10 hit "Titanium" dan meminjamkan bakatnya ke album dance-pop Giorgio Moroder 2015 Déjà-Vu , menyanyi di judul lagu. 


Tahun berikutnya memperlihatkan rilisan album studio keenam Sia, This Is Acting. Meskipun sebagian besar lagu itu awalnya ditawarkan kepada artis lain, Sia menemukan kesuksesan melalui penampilannya sendiri, terutama single "Cheap Thrills" dan "The Greatest." Artis ini menindaklanjuti di tahun 2017 dengan sebuah album liburan, Everyday is Christmas, dengan singel utama, "Santa's Coming For Us," dirilis tepat sebelum Halloween.

Seorang vegan, Sia telah bergabung dengan selebriti lainnya dalam berbicara untuk penyebab kesejahteraan hewan. Pada Agustus 2014, ia menikah dengan pembuat film dokumenter Erik Anders Lang di rumahnya di Palm Springs, California. Mereka mengumumkan perpisahan mereka pada akhir 2016.

Pada bulan November 2017, setelah mengetahui bahwa seseorang sedang mencoba untuk menjual sebuah foto dirinya saat telanjang, Sia mendahului orang itu dengan mengeluarkan foto itu ke akun Twitter-nya, bersama dengan sebuah kabar untuk album terbarunya: "Save your money, here it is for free. Everyday is Christmas!”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...