Laman

Minggu, 23 Desember 2018

VANESSA PARADIS




Dilahirkan dengan nama Vanessa Chantal Paradis (Pengucapan Prancis: [vanɛsa ʃɑ̃tal paʁadi] pada 22 Desember 1972 adalah seorang musisi, penyanyi, penulis lagu, aktris, dan model fesyen Prancis.


Paradis menjadi bintang anak di usia 14 tahun dengan kesuksesan seluruh dunia dari single "Joe le taxi" -nya. Sejak 1991, Paradis telah menjadi juru bicara untuk Chanel. Dia menjalin hubungan dengan aktor Amerika Johnny Depp dari 1998 hingga 2012; mereka memiliki dua anak: Lily-Rose dan John "Jack" Christopher Depp III. Adik Vanessa, Alysson Paradis, juga seorang aktris.

Paradis dilahirkan di Saint-Maur-des-Fossés, Prancis, dari desainer interior Corinne dan André Paradis. Karirnya bernyanyi dimulai pada usia tujuh tahun ketika pamannya, produser rekaman Didier Pain, membantunya tampil di program televisi lokal L'École des fans, sebuah pertunjukan bakat untuk penyanyi anak.

Paradis merekam single pertamanya, "La Magie des surprises-parties", pada tahun 1983 dan membawakannya di sebuah festival Italia pada tahun 1985. Meskipun bukan hit, itu membuka jalan untuk lagu yang membuat dia menjadi terkenal secara internasional, "Joe le taxi", pada tahun 1987 ketika dia berusia 14. Itu nomor satu di Perancis selama 11 minggu dan, luar biasa untuk lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Prancis, dirilis di Inggris, di mana ia mencapai nomor tiga. Itu diambil dari album pertamanya M&J (singkatan Marilyn & John ) yang, meskipun berada di no. 13 di Perancis, menarik sedikit perhatian di Inggris dan tidak masuk tangga album.

Pada Maret 1989, pada usia 16 tahun, ia meninggalkan sekolah menengah untuk mengejar karier menyanyi.

Paradis merilis album Variation sur le même t'aime pada tahun 1990, berisi pengerjaan ulang dari lagu Lou Reed "Walk on the Wild Side". Album ini ditulis oleh komposer Perancis terkenal Serge Gainsbourg, yang dia temui ketika dia menerima penghargaan penyanyi terbaik di Les Victoires de la Musique, pada 4 Februari 1990. Pada tahun 1990, Paradis memenangkan 1990 César Award for Most Promising Actress untuk perannya di Noce Blanche. 


Pada tahun 1991, Paradis mempromosikan wewangian Coco untuk Chanel. Dalam iklan, ia ditutupi bulu hitam, menggambarkan seekor burung berayun di dalam sangkar. Iklan itu dikerjakan oleh Jean-Paul Goude. Paradis berbicara tentang kekagumannya terhadap Chanel pada tahun 2010 dengan mengatakan, "Semakin saya mengenal mereka, semakin saya mencintai Chanel."

Pada tahun 1992, Paradis pindah ke Amerika Serikat untuk bekerja dengan Lenny Kravitz, yang juga dia kencani saat itu. Paradis mulai mengerjakan album baru dalam bahasa Inggris, bahasa yang kini ia fasih. Ditulis dan diproduksi oleh Kravitz, album, berjudul Vanessa Paradis, menduduki puncak tangga lagu Prancis dan secara singkat masuk daftar Inggris (nomor 45). Salah satu single dari album itu adalah "Be My Baby", yang menjadi nomor 5 di Perancis dan memberinya hit Top 10 lainnya di Inggris, meencapai di nomor enam.

Pada Maret 1993, Paradis memulai tur internasional pertamanya, Natural High Tour; dia tampil di Perancis, Inggris dan Kanada. Pada Februari 1994, Live dirilis di Prancis. Pada April 1994, Paradis memfilmkan Élisa, di bawah arahan Jean Becker. Elisa sukses besar di Prancis, dan dirilis secara internasional.

Pada tahun 1997, Paradis bermain di Un amour de sorcière dengan Jeanne Moreau dan Jean Reno, sebelum syuting Une chance sur deux, dengan Alain Delon dan Jean-Paul Belmondo. Pada Maret 1999, La fille sur le Pont, oleh Patrice Leconte dilepaskan. Film ini diambil dan dirilis dalam warna hitam dan putih. Pada tahun 2004, ia mempromosikan tas baru Chanel yang diberi nama Ligne Cambon.

Pada tahun 2005, ia mejadi model Chanel lagi untuk tas The New Mademoiselle. Pada tahun 2008, ia menjadi model Miu Miu. Sementara itu, dia dimasukkan dalam album anak-anak Perancis dan konser Le Soldat Rose pada tahun 2006. 


Paradis merilis album baru (Divinidylle) pada tahun 2007 yang dirilis di Inggris pada tanggal 11 Desember (September di Perancis). Ada tiga versi (reguler, edisi terbatas, dan edisi Natal). Dia memulai Tur Divinidylle pada bulan Oktober. Beberapa konser difilmkan dan DVD/CD tur dirilis. Paradis memenangkan dua penghargaan 'Les Victoires de la Musique' untuk album ini pada Februari 2008. Beberapa dari proyeknya yang kemudian adalah CD greatest hits (Best of Vanessa Paradis), yang menyertakan jingle komersial "I love Paris in the Springtime"; ia juga membintangi film animasi Un monstre à Paris, yang dirilis pada tahun 2010.

Sutradara film Kanada Jean-Marc Vallée memberi Paradis dalam peran utama dalam filmnya Café de Flore, di mana ia memainkan ibu tunggal dari anak Down syndrome pada 1960-an. Film ini dirilis pada tahun 2011, dan Paradis mengumpulkan sebuah Genie Award untuk Best Actress in a Leading Role pada Genie Awards 2012.

Paradis merilis album akustik pada November 2010 berjudul Une nuit à Versailles. Album ini direkam di L'Opéra of the Palace of Versailles selama Vanessa Paradis Concert Acoustique Tour-nya. Dia juga merilis satu set DVD pada tahun 2010 yang berjudul Anthologie yang mengumpulkan pertunjukan live yang langka dan wawancara dari 1987–2007.

Pada tahun 2010 ia menjadi wajah dari lipstik baru milik Chanel, Rouge Coco. Dia juga menjadi wajah dari lini tas baru mereka, Ranger.

Tur internasional 2011-nya termasuk pertunjukan di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Eropa dan Turki.

Pada Mei 2013, Vanessa Paradis merilis sebuah album baru, Love Songs, LP ganda yang diproduksi oleh penyanyi dan produser Prancis Benjamin Biolay. Singel pertama, Love Song, juga ditulis oleh Biolay. Singel kedua adalah Les espaces et les sentiments. Singel ketiga, Mi Amor, ditulis oleh frontman BB Brunes Adrien Gallo. Orang lain yang telah berkontribusi pada penulisan lagu album ini termasuk frontman Mickey 3D Mickaël Furnon, Johnny Depp, Paradis sendiri dan putri mereka Lily-Rose.

Pada 2016, Paradis membintangi Yoga Hosers bersama putrinya Lily Rose, sebagai guru sejarah. Pada tahun yang sama, ia adalah anggota juri kompetisi utama dari Festival Film Cannes 2016. 


Paradis berkencan dengan penyanyi Perancis Florent Pagny 1988-1991. Dari 1992 hingga 1997, ia dalam hubungan dengan Lenny Kravitz, yang juga memproduseri album self-titled 1992 -nya. Dia juga berkencan dengan aktor Prancis Stanislas Merhar dari 1997 hingga 1998. Dari tahun 1998 hingga 2012, Paradis menjalin hubungan dengan aktor Amerika Johnny Depp. Mereka memiliki seorang putri, Lily-Rose Depp (lahir 27 Mei 1999), dan seorang putra, John Christopher "Jack" Depp III (lahir 9 April 2002). Pada bulan Mei 2014, di acara Chanel di Dubaï, Vanessa Paradis mengkonfirmasi hubungannya dengan penyanyi Prancis Benjamin Biolay. Mereka bubar pada Mei 2015. Pada bulan November 2016, ia mulai berkencan dengan Samuel Benchetrit, yang mengarahkannya dalam film kelimanya, Dog. Pada bulan Juni 2018, Paradis dan Benchetrit menikah di kota kecil Prancis, Saint-Simeon.

Paradis telah menjadi seorang anggota dari ensembel amal Les Enfoirés sejak 1993.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...