Laman

Rabu, 26 Desember 2018

ALANNAH MYLES



Dilahirkan pada 25 Desember 1958 di Toronto, Ontario, Kanada, adalah penyanyi dan penulis lagu pemenang Juno dan Grammy Award Kanada yang memiliki lagu hit "Black Velvet" pada 1990.

Dia adalah putri William Douglas Byles, yang merupakan pelopor dalam industri penyiaran Kanada; dia dilantik ke Canadian Association of Broadcasters’ Hall of Fame pada tahun 1997. Dibesarkan oleh orang tuanya di Ontario, Byles menghabiskan masa kecilnya dengan menulis dan belajar musik. Byles mulai menulis lagu sekitar usia sembilan tahun, tampil dalam sebuah grup penulisan lagu untuk Festival Musik Kiwanis di Toronto pada usia 12 tahun. Pada usia 18 tahun ia mulai melakukan pertunjukan solo di Ontario selatan, akhirnya bertemu dengan Christopher Ward, seorang artis rekaman dan penulis lagu WMG. Dengan bantuan Ward, dia membentuk bandnya sendiri dan menampilkan versi cover dari lagu rock dan blues, sambil memoles materialnya sendiri. Di pertengahan 20-an, dia dan Ward kemudian berkolaborasi dengan David Tyson untuk memproduksi album debut berjudul Alannah Myles. Dia muncul dalam episode 1984 dari serial televisi The Kids of Degrassi Street, di mana dia memainkan peran sebagai calon penyanyi dan ibu tunggal dan tampil dalam beberapa produksi TV dan film sebagai pembawa acara dan aktor tamu sebelum menjadi seorang artis rekaman.

Myles mengubah nama keluarganya dari Byles pada usia 19 tahun setelah memutuskan untuk mengejar karir di bidang hiburan. Penampilan di iklan TV dibayar untuk demo musik yang menyebabkan penolakan yang tak terhitung jumlahnya di Kanada, sampai dia merekam master untuk tiga lagu; "Who Loves You" dan demo video untuk "Just One Kiss" yang disutradarai oleh fotografer Deborah Samuel. Dengan pembiayaan yang cocok dari kolaborator penulisan lagunya, Much Music (City TV) VJ dan direktur program Christopher Ward dan FACTOR, ia menandatangani kontrak rekaman pertamanya dengan Atlantic Records pada tahun 1987.

Pada musim gugur 1987, direktur artis dan repertoar (A&R) Warner Music Kanada, Bob Roper, mengirim paket video tiga lagu Myles ke semua afiliasi AS Warner Music Group, yang memperoleh kontrak selama tujuh atau delapan tahun dari Atlantic Records. (WMG), yang diberikan oleh kepala label A&R Tunc Erim dan pendiri label Atlantic Ahmet Ertegun. Myles meninggalkan karier aktingnya, ikut menulis dan merekam sisa album pertamanya bersama Christopher Ward dan produser David Tyson. Pada tahun 1989, Atlantic Records merilis album debutnya dan Myles melakukan tur internasional selama 18 bulan. Album pertamanya dianugerahi Diamond Awards untuk penjualan lebih dari satu juta unit; dia adalah satu-satunya artis debut Kanada yang mendapatkan penghargaan itu. Album pertamanya dilaporkan terjual lebih dari 6 juta kopi secara internasional dan tetap menjadi album klasik.

Pada bulan Mei 1989, Warner Music di Kanada merilis Alannah Myles yang menghasilkan empat hit Top 40, meliputi "Love Is", "Lover Of Mine", "Still Got This Thing" dan hit rock klasik nomor satu, "Black Velvet". Rilisan album debut Atlantic Records 1989 tidak memenuhi syarat untuk nominasi Grammy sampai awal 1990 single AS "Black Velvet" menjadi hit nomor satu, mengklaim sebagai lagu ASCAP yang paling banyak diputar di radio untuk tahun 1989 dan 1990. Pada tahun 2000, lagu ini telah menerima ASCAP Millionaire Award untuk lebih dari lima juta penyiaran radio. "Black Velvet" memenangkan Myles the Grammy Award for Best Female Rock Performance pada tahun 1991 dan tiga Juno Awards. 


Pada tahun 1992, Myles dinominasikan untuk sebuah penghargaan Grammy kedua untuk Penampilan Best Female Rock Vocal Performance untuk lagu "Rockinghorse", sisi-B dari "Song Instead of a Kiss", single pembuka dari CD keduanya Rockinghorse. "Song Instead of a Kiss", ditulis dan disusun oleh Myles, Nancy Simmonds, dan penyair Kanada Robert Priest, adalah balada orkestra yang terdiri atas 60 orang yang mencapai nomor satu di beberapa stasiun radio di seluruh dunia tetapi disambut dengan sedikit tanggapan di Amerika, yang para pendengarnya terbiasa dengan "gaya selatan yang lambat" dari "Black Velvet". Album ini, dirilis tahun itu, menampilkan single hit lainnya "Our World, Our Times", dan "Sonny, Say You Will". Myles menerima nominasi Grammy untuk Rockinghorse dan beberapa penghargaan global, termasuk Juno dan People's Choice Award untuk "Our World, Our Times".

Pada tahun 1995, Myles merilis album terakhirnya di Atlantic Records sebelum dilepas dari label, memberikan Warner/Atlantic sebuah CD Best Of setelah hanya tiga rekaman. Album A-lan-nah , yang tidak mengandung single Top 40, termasuk dua lagu yang masuk ke Top 100 - "Family Secret" dan "Blow Wind, Blow". Pada tahun 1997, ia mengakhiri kontrak delapan rekamannya dengan Atlantic Records dengan bantuan manajernya saat itu, Miles Copeland III, yang segera mengontraknya ke Ark 21 Records miliknya. Pada Ark 21, ia merilis A Rival, yang berisi hit Top 40 "Bad 4 You", ditulis dan direkam oleh Myles, Desmond Child, dan Eric Bazilian di Castle Songwriting Retreat milik Copeland di Grand Brassac, Prancis. Perjanjian album "A Rival" dengan Miles Copeland III, Ark 21 Records berhasil dihentikan pada tahun 2014 dengan pengembalian hak cipta 100% dikembalikan ke Alannah Myles pada tahun 2015 dan dirilis ulang pada label milik Myles, Fascinate inc.

Setelah merilis "A Rival", Myles merilis dua kompilasi Best Of, pada tahun 1998 dan 2001, dan keduanya menampilkan dua lagu baru, dan kemudian meninggalkan Ark 21 Records. Dia mempertahankan profil rendah selama hampir satu dekade tetapi mondar-mandir di Kanada dan Eropa selama waktu ini. Pada tahun 2001, Myles berduet dengan vokalis Saga Michael Sadler di sebuah cover lagu dari “Don’t Give Up” milik Peter Gabriel & Kate Bush, dirilis sebagai b-side dari single Saga "Money Talks". Pada tahun 2004, ia merilis cover "I Can't Stand The Rain", dengan Jeff Healey pada gitar, untuk album penghormatan Tina Turner What's Love? A Tribute To Tina Turner.

Pada bulan Februari 2005, bersama dengan band Swedia Kee Marcello's K2, Myles berpartisipasi dalam semifinal ketiga dari Melodifestivalen, seleksi nasional Swedia untuk Eurovision Song Contest. Pilihan mereka, "We Got It All," mencetak sangat sedikit poin dan menempati urutan ketujuh dari delapan lagu, namun itu berhasil mendominasi surat kabar dan berita utama media terkemuka di Swedia.

Rilisan solo baru pertama milik Myles dalam satu dekade adalah Elvis Tribute EP, dirilis di iTunes pada Agustus 2007, untuk memperingati 30 tahun kematian Elvis. EP menampilkan rekaman ulang lagu khasnya "Black Velvet", serta dua lagu baru. Ketiganya kemudian dimasukkan dalam album berikutnya.

Pada April 2008, Myles merilis album studio kelimanya Black Velvet, yang menampilkan rekaman baru lagunya dengan judul yang sama, di samping 10 rekaman studio baru. Ia membahas masalah pembiayaan dan produksi bersama albumnya sendiri pada Mei 2008 dalam sebuah wawancara dengan Evan Solomon di CBC News: Sunday Night.

Pada musim semi 2008, Myles merilis CD Black Velvet di Linus Entertainment, yang menghasilkan sebuah rilisan perlahan secara internasional sementara label indie bergabung dengan True North Records Kanada, diikuti oleh video untuk lagu "Trouble" yang menampilkan sebuah penampilan band jug. "Trouble" dianugerahi 'Honorable Mention' sebagai finalis dalam kategori blues di 2009 International Songwriting Contest. Myles memenangkan USA Songwriting Competition tahunan ke 15 untuk Best Rock/Alternative Song serta finalis hadiah utama untuk sebuah seleksi, ditulis dan disusun bersama dengan Nancy Simmonds untuk CD "Black Velvet", berjudul "Give Me Love."

Lagu milik Myles, Black Velvet adalah satu dari empat lagu yang dipilih untuk diliput di acara televisi realitas CBC Television, Cover Me Canada. 


Setelah mengakhiri sewa enam tahun dengan label indie Kanada Linus Entertainment pada Agustus 2013, album Myles "Black Velvet" diberi judul "85bpm", dikemas ulang untuk ulang tahunnya yang ke-25 dengan gambar-gambar baru yang dipotret oleh sesama warga Kanada Deborah Samuel. Lagu yang baru direkam yang ditulis oleh Anne Peebles, yang diproduksi oleh Michael Borkosky, "Can't Stand the Rain" ditambahkan ke "85bpm" yang menampilkan solo yang dimainkan oleh gitaris Kanada Jeff Healey, dirilis ulang pada label milik Myles, Fascinate inc., didistribusikan secara digital oleh Tuncecore.com, dengan CD audio dan DVD konser langsung ulang tahun ke 25, keduanya didistribusikan oleh Amazon.com di AS. Myles bermaksud suatu hari untuk membuat kampanye penggalangan dana untuk merekam CD bergaya vintage kontemporer yang menampilkan kolaborasi yang ditulis bersama selama sembilan tahun "Songwriting Mondays."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...