Laman

Kamis, 06 Desember 2018

DAVID HODGES



Dilahirkan dengan nama David Hall Hodges pada 5 Desember 1978 adalah penulis lagu, produser, komposer, keyboardist dan vokalis dari Little Rock, Arkansas yang telah menjual lebih dari 60 juta album. Dia terkenal karena telah menjadi anggota band Evanescence, serta penulis lagu dan produser yang sukses. Dia juga telah menjadi bagian dari band Trading Yesterday, The Age of Information, Avox, dan Arrows to Athens.

Hodges bergabung dengan Evanescence pada akhir tahun 1999 dan membuat CD demo Origin dan album debut mereka, Fallen, dengan rekan band Amy Lee dan Ben Moody. Single pertama band, "Bring Me to Life," naik ke #1 di beberapa chart, termasuk Billboard Top 40, dan melambungkan band ke dalam sorotan internasional. Fallen adalah album bersertifikat platinum dalam beberapa minggu sejak dirilis pada Maret 2003 dan telah terjual lebih dari 16 juta kopi di seluruh dunia. Pada tahun 2004, Hodges membawa pulang dua penghargaan Grammy dengan band untuk Best Hard Rock Performance dan Best New Artist. 


Setelah album Evanescence Fallen selesai, Hodges meninggalkan band. Kembali ke Little Rock, ia memulai sebuah band pada tahun 2003 yang diberi nama Trading Yesterday. Band, yang terdiri dari Hodges (vokal, gitar dan keyboard/piano), Colbert (drum) dan Steven McMorran (bass), merilis CD demo berjudul The Beauty and the Tragedy pada 15 Mei 2004. Dalam beberapa minggu, mereka menandatangani kontrak rekaman dengan Epic Records dan pindah ke Los Angeles, California untuk merekam album label mayor mereka. Album ini selesai pada paruh pertama tahun 2005 dan single "One Day" dirilis pada soundtrack untuk film Stealth. Pada tahun 2006, Trading Yesterday berpisah dengan Epic Records dan album, sementara berjudul More Than This, telah ditangguhkan. Setelah enam tahun, More Than This dirilis secara independen pada September 2011. 


Pada bulan Agustus 2007, setelah berpisah dengan Epic, Hodges dan McMorran memulai band baru bernama The Age of Information dengan kolaborator Josh Dunahoo dan Will Hunt. Band ini berevolusi dari suara akustik Trading Yesterday ke sesuatu yang lebih elektronik. EP Everything Broken dirilis pada 11 September 2007.

Sambil sibuk mengerjakan musiknya sendiri, Hodges juga menulis dan memproduksi lagu untuk berbagai artis. Hodges bekerja dengan artis Kelly Clarkson bersama dengan mantan rekan band Evanescence Ben Moody pada lagu-lagu dari albumnya Breakaway ("Because of You" dan "Addicted"). Album kedua Clarkson terjual lebih dari 12 juta kopi dan karya dari Hodges dianugerahi 2007 BMI Song of the Year. "Because of You" kemudian dibawakan ulang oleh Reba McEntire & Clarkson untuk album duet milik McEntire, Reba: Duets. Versi Clarkson adalah #1 di Billboard Top 40, dan versi duet Reba mencapai puncaknya di #2 pada Hot Country Songs, mengumpulkan Hodges masing-masing BMI Pop dan Country Awards.

Pada tahun 2007 ia bekerja dengan Celine Dion ("This Time") dan Backstreet Boys ("Something That I Already Know"). Pada bulan Juli 2008, diumumkan bahwa Hodges telah dikontrak oleh Warner Bros. Records sebagai artis solo. Dengan Warner, The Rising (EP) dirilis secara digital pada 11 Agustus 2009. Pada tahun 2008, Hodges memiliki hit sebagai penulis dan produser untuk runner up American Idol musik ketujuh David Archuleta untuk lagunya "Crush." Lagu ini mencapai nomor 2 di Billboard Hot 100. Hodges juga menulis single "What About Now" pada album debut milik Daughtry, yang terjual lebih dari 5 juta kopi hingga saat ini. Hodges membawa pulang penghargaan pop BMI baik untuk "Crush" dan "What About Now" pada tahun 2010. Hodges juga ikut menulis "Open Up Your Eyes" dan "Supernatural" dengan Daughtry untuk album kedua mereka Leave This Town. Rekaman itu terjual lebih dari satu juta kopi.

Setelah duet "Because of You" dari Reba McEntire, langkah milik Hodges selanjutnya ke dalam musik country adalah dengan Carrie Underwood ketika dia ikut menulis "What Can I Say" dengannya untuk album ketiga Play On, yang menuju ke #1 di Country Billboard Charts dan terjual lebih dari 2 juta kopi. Hodges juga ikut menulis hit pop bersertifikat emas "Wanted" untuk Jessie James, bersama dengan "Circadian," "Hard To Believe," dan "Rapid Eye Movement" untuk rekaman kedua milik David Cook, This Loud Morning. 


Pada musim gugur 2010, Hodges merilis sebuah proyek baru dengan teman lama John Campbell berjudul Avox. Album The Fragile World adalah kumpulan dari lagu instrumental simfoni dan elektronik. Pada bulan Oktober 2011, Hodges merilis sebuah album berjudul Kings & Thieves dengan band Arrows to Athens, terdiri dari Hodges dan gitaris Steven Solomon. Selain itu pada tahun 2010, Hodges menulis dengan Carrie Underwood dan Hillary Lindsey, kali ini untuk judul lagu terakhir dalam film Chronicles of Narnia terbaru. Lagu itu berjudul "There’s a Place for Us," dan dinominasikan untuk sebuah Golden Globe Award untuk lagu orisinal terbaik dalam sebuah film.

Pada Mei 2011, Christina Perri merilis album debutnya, Lovestrong. Hodges membantu memproduksi dan ikut menulis banyak lagu di album, termasuk single "Arms" dan "Distance" yang menampilkan Jason Mraz. Musim panas itu, lagu Hodges "Stitch by Stitch" ditampilkan pada musim pertama dari The Voice oleh pemenang Javier Colon sebagai single pertamanya bersama "As Long As We Got Love" yang menampilkan Natasha Bedingfield sebagai single kedua Colon. "Stitch by Stitch" segera menuju ke #1 di tangga lagu iTunes. Juga pada tahun 2011, Hodges dan mitra penulisan lagu Steven Solomon menulis banyak lagu bersama dengan Tristan Prettyman untuk album Capitol Record, Cedar and Gold. Dia juga menulis "The Woman I Love" dengan Jason Mraz yang dirilis di albumnya Love is a Four Letter Word. Pada akhir 2011, Hodges kembali dengan Perri untuk menulis untuk film Twilight Breaking Dawn. Lagu "A Thousand Years" kemudian terjual lebih dari 6 juta kopi di seluruh dunia dan soundtrack yang bersertifikat emas.

Mulai Maret 2012, Hodges ikut memproduksi album self-titled milik Avril Lavigne bersama teman dan pentolan Nickelback Chad Kroeger. Single pertama album "Here to Never Growing Up" telah terjual lebih dari 2 juta kopi di seluruh dunia dan mendapat sertifikat platinum di AS. Selain "Here to Never Growing Up", Hodges juga membantu menulis single album lainnya "Rock n Roll", "Let Me Go" menampilkan Chad Kroeger, dan "Hello Kitty", yang semuanya sukses di berbagai pasar internasional. Selain itu pada tahun 2012, Hodges mulai menulis dengan pentolan Tonic Emerson Hart untuk rekaman solo Hart, Beauty in Disrepair. Hodges menghasilkan album dan ikut menulis banyak lagu termasuk "The Best That I Can Give" dan "Hurricane."

2012 juga menandai berakhirnya hubungan penerbitan tujuh tahun Hodges dengan EMI karena perusahaan itu dibeli oleh Sony/ATV. Belakangan tahun itu, Hodges menandatangani kontrak dengan Kobalt Music Group dan memulai usaha patungan penerbitannya sendiri dengan mereka yang diberi nama Third and Verse. Penulis pertama yang menandatangani kontrak dengan Third and Verse adalah penulis/produser Steven Solomon. Third and Verse telah berhasil untuk mengontrak Gabe Dixon, Cameron Walker, Jake Scott, David Ryan Harris, dan lain-lain. Keberhasilan perusahaan berkisar dari penempatan dalam film dan iklan hingga membuat lagu di beberapa genre termasuk pop, country, dan rock.

Pada bulan Agustus 2013, single milik Hodges dengan Carrie Underwood berjudul "See You Again" naik ke peringkat #1 di radio country. Lagu ini bersertifikat platinum dan merupakan bagian dari album multi-platinum Blown Away. Dia juga menulis "When The Darkness Comes" milik Colbie Cailliat untuk film Sony Screen Gem, The Mortal Instruments. Pada bulan Oktober 2014, David juga membantu dalam menulis lagu "Faith" dengan musisi dan penulis Lacey Sturm untuk albumnya, Life Screams. Pada 2015, ia ikut menulis "The Girl You Think I Am" bersama Carrie Underwood. Lagu ini dirilis di album barunya Storyteller yang merupakan album #2 di AS pada minggu yang sama album 5 Seconds of Summer dirilis, yang mengambil tempat #1. Hodges ikut menulis dan menghasilkan lagu di album sophomore 5 Seconds of Summer. Lagu, "Jet Black Heart", dirilis pada Agustus 2015, sebagai antisipasi untuk album Sounds Good Feels Good yang dijadwalkan pada bulan Oktober, dan dengan cepat menjadi sebuah single. Hodges telah merilis lagu bersama dan ikut menulis musik untuk Keith Urban, Gavin DeGraw, Christina Aguilera, Tim McGraw, Phillip Phillips, Blake Shelton, Dan + Shay, Hey Violet, Tonight Alive, Steven Tyler, Molly Kate Kestner, Hunter Hayes, Josh Groban dan lainnya.

Hodges diterbitkan oleh Kobalt untuk dunia, dan dikelola oleh Lucas Keller di Milk & Honey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...