Laman

Kamis, 06 Desember 2018

JOHN RZEZNIK



Dilahirkan dengan nama John Joseph Theodore Rzeznik (/ˈrɛznɪk/) pada 5 Desember 1965 adalah seorang musisi, penyanyi-penulis lagu, dan produser Amerika. Ia paling dikenal sebagai gitaris dan frontman dari band rock Goo Goo Dolls, di mana ia adalah anggota pendiri dan dengan siapa ia telah merekam sebelas album studio.

Rzeznik lahir di Buffalo, New York, putra bungsu dan satu-satunya dari lima anak Edith (née Pomeroy) dan Joe Rzeznik, pemilik bar dan petugas pos. Kedua orang tua Rzeznik adalah musisi, memainkan klarinet dan flute. Rzeznik menjalani pendidikan Katolik yang ketat di lingkungan kelas atas East Side Polish dan bekerja di Corpus Christi Grammar School. Keempat kakek-nenek Rzeznik dilahirkan di Polandia; pelafalan asli dari nama belakangnya adalah Rzeźnik [ˈʐɛʑɲik] , bahasa Polandia untuk "tukang daging".

Ayah Rzeznik meninggal pada 2 Februari 1981, dari koma diabetes pada usia 55 tahun, ketika Rzeznik berusia 15 tahun. Pada 26 Oktober 1982, ibunya meninggal karena serangan jantung mendadak di ruang keluarga pada usia 53. Setelah kehilangan kedua orang tuanya, ia dibesarkan oleh empat kakak perempuannya, Phyllis, Fran, Gladys dan Kate, dengan bantuan dari sepupu mereka John Guljas. Dia membayar apartemennya sendiri dengan menggunakan jaminan Survivor Social Benefit. Selama periode inilah dan saat belajar di McKinley Vocational High School bahwa Rzeznik mulai bermain gitar. Rzeznik sebentar belajar di Buffalo State College, mengundurkan diri setelah tahun pertamanya.

Rzeznik bertemu mantan model Laurie Farinacci pada tahun 1990, menikahinya pada 1993 tetapi bercerai pada 2003; mereka tidak punya anak. Ia mulai berkencan dengan Melina Gallo pada tahun 2005 dan menikahinya di Malibu, California, pada 26 Juli 2013. Pada 22 Desember 2016, ia dan Gallo memiliki anak pertama mereka, seorang anak perempuan, Liliana. 


Pada 1985, ia membentuk band yang menjadi Goo Goo Dolls dengan Robby Takac. Sebelumnya Rzeznik telah bergabung dengan band dengan sepupu Takac, bernama The Beaumonts. Diperkirakan band ini awalnya bernama The Sex Maggots, namun Rzeznik mengakui ini adalah lelucon di panggung pada suatu malam, dan dia "tidak pernah benar-benar berada dalam sebuah band bernama The Sex Maggots". Mereka mendapatkan nama Goo Goo Dolls dari iklan di majalah True Detective ketika promotor konser bertanya kepada mereka. 


Pada hari-hari awal dari The Goo Goo Dolls, band tampil di panggung tanpa henti, dengan Takac sebagai frontman (Rzeznik secara bertahap menjadi frontman selama beberapa album berikutnya, karena setiap album baru berisi lebih banyak lagu yang dinyanyikan oleh Rzeznik daripada Takac). Mereka segera dijemput oleh label rekaman kecil, Celluloid. Di bawah Celluloid mereka merilis album eponymous pertama mereka dengan anggaran $750 (cetak ulang nantinya akan diberi judul sebagai "First Release"). Ini menarik perhatian label rekaman yang lebih besar, Metal Blade, yang merilis beberapa album berikutnya. Untuk beberapa tahun ke depan band melakukan tur, menghasilkan album dan memiliki pekerjaan tetap.

Mengikuti album Gutterflower, Rzeznik menulis "Always Know Where You Are" dan "I'm Still Here" untuk film Disney Treasure Planet, yang juga dirilis sebagai single secara independen dari band. 


Dari Oktober hingga Desember 2007, Rzeznik adalah hakim bersama Sheila E. dan hakim Australian Idol dan manajer pemasaran Ian "Dicko" Dickson di The Next Great American Band milik jaringan Fox.

Pada tanggal 19 Juni 2008, John Rzeznik dilantik ke dalam Songwriters Hall of Fame dan dianugerahi penghargaan Hal David Starlight.

Pada 24 Maret 2014, Cash Cash merilis single baru mereka "Lightning" yang menampilkan John Rzeznik pada vokal dan ditulis bersama oleh Cash Cash dan Rzeznik.

Pada 18 April 2015, ia berpartisipasi dalam Toyota Celebrity/Pro Race di mana ia berakhir di posisi 12 untuk aktor dan mantan pemenang dua kali dari acara Alfonso Ribeiro dimana ia menyumbangkan $5.000 untuk amal. 


Sebagian besar musik yang didengarkan Rzeznik saat tumbuh dewasa dipengaruhi oleh saudara perempuannya, dan terdiri dari rock klasik seperti The Rolling Stones dan The Kinks. Yang termuda dari empat kakak perempuannya bergerak menuju musik punk dan Rzeznik menjadi tertarik pada band-band seperti Ramones dan The Clash. Rzeznik mendapatkan anugerahnya untuk melodi untuk mendengarkan band-band seperti Kiss, Cheap Trick, The Cure dan Rush di awal 1980-an. Rzeznik juga mengutip Paul Westerberg sebagai "pengaruh yang jelas" pada musiknya. Westerberg ikut menulis lagu Goo Goo Dolls 1993 "We Are the Normal" bersama Rzeznik, yang merefleksikan pengalaman dengan menyatakan "Untuk beberapa orang, Keith Richards adalah pahlawan mereka. Saya merasakan hal itu tentang Westerberg. Keith Richards mendapatkan hubungannya dengan Chuck Berry, dan saya harus melakukannya dengan Westerberg. Itu luar biasa bagi saya."

Rzeznik percaya menulis bukan hanya tindakan inspiratif tetapi menulis musik adalah "sembilan puluh sembilan persen keringat." Dia mengatakan bahwa ketika menulis sebuah lagu, dia sering "merekam dan berputar-putar dengan materi," dan lagu-lagunya sering kali biografis dan otobiografi. Menurut Rzeznik, sebelum menuliskan lagu "Iris", dia hampir meninggalkan band karena dia telah menulis lagu selama sembilan tahun terakhir dan itu sudah putus asa. Namun, Rzeznik didekati untuk menulis soundtrack film City of Angels, dan setelah menonton film itu, Rzeznik menulis lagu itu, yang mengubah karir band.

Di konser Fashion Rocks pada 2004 di New York, Rzeznik menampilkan versi duet dari lagu Iris bersama penyanyi asal Kanada, Avril Lavigne. The Goo Goo Dolls juga menampilkan lagu "Name" di konser langsung dengan LeAnn Rimes. Rzeznik juga menampilkan "Wish You Were Here" milik Pink Floyd bersama Fred Durst dari Limp Bizkit untuk para korban 11 September sebagai penghargaan kepada para pahlawan.

Pada tanggal 4 Juli 2004, Rzeznik dan teman-teman bandnya kembali ke Buffalo dan memainkan pertunjukan gratis untuk membalas penggemar setia mereka, lebih dari 60.000 di antaranya hadir. Hari itu dengan cepat menjadi kemenangan kota ketika hujan turun selama pertunjukan mereka. Ternyata itu adalah salah satu badai hujan terkuat tahun ini di Buffalo, tetapi Goo Goo Dolls tidak berhenti bermain. Rzeznik menyatakan, "Kami akan terus berjalan sampai omong kosong ini berhenti". Penampilan ini direkam dalam DVD dan CD untuk umum dalam rilisan Goo Goo Dolls, Live in Buffalo: July 4, 2004.

Rzeznik juga menampilkan sebuah versi dari "All I Want Is You" milik U2 di album Les Paul and Friends.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...