Laman

Senin, 31 Desember 2018

JUNE TABOR


Dilahirkan pada 31 Desember 1947 di Warwick, Inggris adalah penyanyi folk Inggris yang dikenal karena pekerjaan solonya serta kolaborasi sebelumnya dengan Maddy Prior dan dengan the Oyster Band.

Tabor terinspirasi untuk bernyanyi dengan mendengarkan EP Hazards of Love karya Anne Briggs pada tahun 1965.

"Aku pergi dan mengunci diri di kamar mandi selama dua minggu dan membuat ibuku marah. Aku mempelajari lagu-lagu pada EP itu not per not, bermain-main untuk bernyanyi. Itulah bagaimana aku mulai bernyanyi. Jika aku tidak mendengarnya aku akan mungkin melakukan sesuatu yang sama sekali berbeda."

Mengomentari bagaimana dia mengembangkan gayanya yang sekarang menjadi ciri khas dalam sebuah wawancara pada 2008, dia menambahkan,

"Saya sama sekali tidak memiliki pendidikan musik ... Saya baru belajar lagu-lagu itu dan menyalin kalimatnya dengan memainkan rekaman-rekaman itu," mencoba gaya penyanyi [Anne Briggs dan Belle Stewart]. Kemudian saya mencoba menggabungkan keduanya, dan sedikit kehilangan - dan itu kira-kira apa yang telah saya lakukan sejak itu. Itu juga mengapa saya tidak melakukan lokakarya menyanyi, karena itu sebanyak yang bisa saya katakan kepada siapa pun."

Pertunjukan publik pertamanya adalah di Heart of England Folk Club, di pub Fox dan Vivian di Leamington Spa pada pertengahan 1960-an.

Dia menghadiri St Hugh's College, Universitas Oxford dan muncul di University Challenge pada tahun 1968, sebagai kapten tim perguruan tinggi. Dia bergabung dengan Heritage Society di Universitas Oxford dan bernyanyi dengan sebuah grup bernama Mistral. Penampilan di Sidmouth Folk Festival menyebabkan pemesanan klub folk dan dia berkontribusi pada berbagai rekaman. Salah satu rekamannya yang paling awal adalah pada tahun 1972 pada sebuah antologi berjudul Stagfolk Live. Ia juga tampil di Firebird karya Rosie Hardman (1972) dan The First Folk Review Record (1974). Pada saat itu ia menyanyikan materi murni tanpa pendamping tradisional tetapi pada tahun 1976 ia berkolaborasi dengan Maddy Prior pada album dan tur Silly Sisters, dengan sebuah band penuh yang menyertakan Nic Jones. Ini memberikan landasan peluncuran pada tahun yang sama (1976) untuk album pertamanya atas haknya sendiri, Airs and Graces. Dia kemudian bergabung lagi dengan Prior, kali ini menggunakan nama Silly Sisters untuk duo mereka. Mulai tahun 1977 Martin Simpson bergabung dengannya di studio rekaman selama tiga album sebelum ia pindah ke Amerika pada tahun 1987. (Simpson telah kembali dari Amerika untuk menjadi gitaris tamu di album pada tahun dekade 2000-an). Setelah kepergiannya, ia mulai bekerja erat dengan pianis Huw Warren. 
 

Tabor berhenti tampil secara profesional untuk sementara waktu setelah bekerja selama beberapa dekade sebagai penyanyi, meskipun ia membuat beberapa penampilan tamu dengan Fairport Convention selama periode ini. Selama masa ini, ia bekerja sebagai pustakawan dan, dengan suaminya saat itu David Taylor, mengelola sebuah restoran bernama "Passepartout" di Penrith, Cumbria, Inggris sebelum kembali ke musik secara profesional pada 1990-an. 
 

Pada tahun 1990, Tabor merekam sebuah album dengan band folk-rock The Oyster Band berjudul Freedom and Rain. Dia melakukan tur dengan Oyster Band, dan label Rykodisc menerbitkan album live promosi terbatas yang dijalankan pada tahun berikutnya. Banyak penggemar saat ini pertama kali menemukannya melalui tur dan album dengan Oyster Band ini. Pada tahun 1992, Elvis Costello menulis "All This Useless Beauty" khusus untuk Tabor, dan ia merekamnya di Angel Tiger. Costello tidak merekamnya sendiri hingga 1996, di albumnya dengan judul yang sama. 
 

Pada tahun 1983, serial TV BBC Spyship disiarkan, dengan Tabor menyanyikan judul lagu. Pada tahun 1997 ia muncul di siaran In Search of English Folk Song milik Ken Russell dari Channel 4. Tim Winton, penulis dari novel 2001 "Dirt Music" yang terpilih untuk Booker Prize, membuat pilihan musik untuk menggemakan tema dari novel. CD "Dirt Music" (2001) memasukkan "He Fades Away" oleh Tabor, sebuah kisah yang menyakitkan tentang lambatnya kematian seorang penambang. (Lagu ini awalnya muncul di CD 1994 Against Streams.) Pada tahun 2002 "Passchendale Peace Concert" di Flanders dimana Tabor telah berbagi panggung dengan Coope Boyes dan Simpson. Pada 30 Juni 2006, BBC Radio 3 menyiarkan "Night Waves" untuk memperingati peringatan Pertempuran Somme. Itu disiarkan langsung, dengan lagu-lagu Perang Dunia I dinyanyikan oleh Tabor, dan diskusi dengan Michael Morpurgo dan Kate Adie.

Selama bertahun-tahun ia telah bekerja di berbagai genre termasuk jazz dan lagu seni, tetapi umumnya dengan nada yang suram dan muram. Albumnya tahun 2003 An Echo of Hooves menandai kembalinya ke bentuk balada tradisional setelah berkonsentrasi pada gaya lain selama beberapa tahun, dan sangat diakui. Allmusic mengatakan tentang album ini "Sebuah permata yang menakjubkan dalam karier yang luar biasa, dan salah satu hal terbaik yang pernah dirilis Tabor." Always (2005) adalah seperangkat empat kotak CD, yang mencakup seluruh kariernya dan berisi rekaman langka.

Pada 24 Oktober 2003 Tabor muncul di Later With Jools Holland (BBC TV), menyanyikan "Hughie Graeme". Ini kemudian dikeluarkan sebagai bagian dari DVD kompilasi dari seri itu. Folk Britannia adalah nama konser di pusat Barbican, dan sebuah serial mini TV (Februari 2006, diulangi pada bulan Oktober). Dia menyanyikan "Fair Margaret and Sweet William" di Barbican, di bawah judul "Daughters of Albion". Tabor menyumbangkan satu lagu untuk proyek milik Ashley Hutchings Street Cries (2001) dan satu untuk koleksi musisi folk yang menyanyikan lagu-lagu oleh The Beatles - Rubber Folk (2006). Dia memilih untuk menyanyikan lagu "In My Life" milik Lennon. Tabor sering bersifat eksperimental tetapi menghindari modernisme. Misalnya, ia sering menyanyikan lagu-lagu tradisional dengan iringan piano. Di album Singing The Storm (1996) ia bernyanyi diiringi harpa dari Savourna Stevenson, dan bass dari Danny Thompson. Pada Mei 2004 ia tampil sebagai bagian dari "The Big Session" dan menyanyikan sebuah adaptasi dari Love Will Tear Us Apart sebagai duet dengan John Jones dari Oysterband. Pada tahun 1992, The Wire memilih "Queen Among the Heather" salah satu dari "Top 50 Rhythms of All Time".

Sisi yang lebih ringan dari karakternya dapat dilihat dalam karyanya dengan Les Barker's The Mrs Ackroyd Band yang melakukan pekerjaan komiknya. Sejauh ini Tabor telah tampil di tiga album mereka, Oranges and Lemmings 1990 (menyanyikan "The Trains of Waterloo", sebuah parodi lagu folk "The Plains of Waterloo" dalam duet dengan Martin Carthy), Gnus and Roses 1994 (menyanyikan "The January June", sebuah pengiriman dari karakter suram yang dirasakannya) dan Yelp! Pada 2003 (menyanyikan “There’s a Hole in my Bodhran", untuk nada "There’s a Hole in my Bucket"). Dia menyanyikan dua lagu di Beat The Retreat , sebuah penghargaan untuk Richard Thompson.

Buku yang menyertai ke box set ulang tahun Topic Records ke 70 Three Score and Ten mendaftarkan Aqaba sebagai salah satu album klasik mereka, dan tiga lagu muncul dalam kompilasi. A Place Called England dari A Quiet Eye adalah trek delapan pada CD kedua dan dua trek muncul pada CD ketujuh, sedangkan Gamekeepers Lie Sleeping dari Airs & Graces adalah trek dua dan Hedger and Ditcher dari album Silly Sisters No More To The Dance adalah lagu ke tujuh belas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...