Laman

Selasa, 04 Desember 2018

ERIK GRONWALL



Dilahirkan dengan nama Per Erik Magnus Grönwall pada 3 Desember 1987 adalah penyanyi hard rock/heavy metal dan penulis lagu dan aktor Swedia. Pada Desember 2009, ia memenangkan kompetisi televisi Idol Swedia. Selama beberapa pertunjukan dia menerima tepuk tangan meriah dari juri untuk penampilannya. Single pertamanya, "Higher", terjual emas pada unduhan digital setelah hanya tiga hari. Album pertamanya, self-titled "Erik Grönwall", dirilis hanya sepuluh hari setelah final dan memulai debutnya di nomor satu di tangga lagu Swedia Sverigetopplistan dan mendapat sertifikat platinum. Hari ini dia adalah penyanyi utama dari band rock yang sukses H.E.A.T. Bersama-sama sebagai artis solo dan anggota band, ia memiliki beragam hit top 40. Pada tahun 2018 ia memerankan Simon Zealotes di produksi konser televisi langsung NBC dari Jesus Christ Superstat milik Andrew Lloyd Webber dan Tim Rice.

Erik dilahirkan di Knivsta, sebuah kota kecil sekitar 30 mil sebelah utara dari Stockholm. Erik memulai karir bermusiknya dengan bermain gitar di sebuah band punk/rock lokal. Selama sekolah menengah, fokusnya berubah dari bermain gitar menjadi lebih banyak bernyanyi. Dia menjadi vokalis utama dan gitaris ritem dari band metal RAID dari timur laut Stockholm dan bermain dengan mereka sampai musim panas 2008. Masa depannya sebagai penyanyi benar-benar terbentuk untuk pertama kalinya ketika ia melakukan peran utama sebagai Galileo Figaro dalam musikal Queen We Will Rock You, melakukan sejumlah pertunjukan di Oscarsteatern di Stockholm. Frontman hard rock karismatik, agresif seperti Paul Stanley (dari KISS) dan Freddie Mercury (dari Queen) terbukti sebagai pengaruh besar pada Erik.

Erik pertama kali mengikuti audisi untuk Swedish Idol pada tahun 2007, tetapi dia tidak mencapai audisi akhir pada waktu itu. Pada tahun 2009, dia kembali, dan membuat kesan yang cukup pada juri yang bereaksi dengan campuran dari menangis dan tertawa setelah audisinya menyanyikan lagu "18 and Life" milik Skid Row. Erik membawakan beberapa lagu rock selama pertunjukan; Kiss - "Shout It Out Loud", Iron Maiden - "Run To The Hills" dan Queen - "The Show Must Go On".

Segera setelah Idol, Erik merilis single debutnya, "Higher", yang memulai debutnya di nomor satu di Sverigetopplistan. Satu minggu kemudian, album debut self-titled-nya "Erik Grönwall" dirilis, yang meliputi lagu-lagu yang dibawakan selama pertunjukan Idol. Album ini berhasil masuk ke tempat nomor satu di Sverigetopplistan. Album ini telah disertifikasi dengan platinum.

Pada tahun 2009 Erik mulai mengerjakan album studio keduanya berjudul "Somewhere Between a Rock and a Hard Place" yang dijadwalkan akan dirilis pada 2 Juni 2010. Single utama untuk album ini "Crash and Burn" dirilis pada 19 April 2010. Album ini menampilkan lagu-lagu yang ditulis oleh Joey Tempest, Paul Stanley, Jörgen Elofsson, Nicke Borg, dll.

Dia membuat debut aktingnya di Amerika dalam tayangan langsung siaran televisi dari Jesus Christ Superstar karya Andrew Lloyd Webber dan Tim Rice sebagai rasul Simon Zealotes pada 1 April 2018, Minggu Paskah. 


Setelah kepergian dari mantan vokalis Kenny Leckremo pada tahun 2010, Erik bergabung dengan band rock Swedia H.E.A.T sebagai vokalis utama. Pada tahun 2012 mereka merilis album "Address The Nation". Album ini terdaftar nomor satu di tangga lagu rock dan diterima dengan baik oleh para kritikus. H.E.A.T memulai rekaman album mereka Tearing Down The Walls pada tahun 2013, yang dirilis pada tahun 2014 dan diterima dengan baik oleh para kritikus. Band ini memulai tur mereka dengan Tearing Down The Walls. Mereka telah bermain di seluruh dunia dan menjadi pembuka untuk band-band seperti Scorpions.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...