Laman

Rabu, 28 Maret 2018

FERGIE


Dilahirkan dengan nama Stacy Ann Ferguson pada 27 Maret 1975 di Hacienda Heights, California, atau Withier, California, AS.


Fergie lahir dari seorang ibu dengan nama gadis Gore. Leluhurnya meliputi Inggris, Irlandia, Meksiko, Penduduk Asli Amerika, dan Skotlandia. Ia dibesarkan secara Roma Katolik dan belajar di Mesa Robles Middle School dan Glen A. Wilson High School. Dia adalah seorang cheerleader, siswa tingkat A, juara spelling bee champion, dan Girl Scout. 



Fergie belajar menari dan mulai melakukan pekerjaan sulih suara; ia mengisi suara untuk Sally dalam dua kartun Peanuts yang dibuat untuk televisi, It's Flashbeagle, Charlie Brown (1984) dan Snoopy's Getting Married, Charlie Brown (1985), serta pada empat episode The Charlie Brown dan Snoopy Show. Dari 1984 hingga 1989, ia membintangi acara TV Kids Incorporated dan menjadi anggota pemain terlama; ia membintangi enam musim pertama dari sembilan musim acara. Fergie adalah anggota dari trio perempuan Wild Orchid, yang dia digawangi dengan Stefanie Ridel dan sesama bintang Kids Incorporated Renee Sandstrom. Pada tahun 1992, para gadis itu mulai bertemu dengan label rekaman, tetapi mereka masih belum bisa mendapatkan kontrak rekaman. Mereka akhirnya menandatangani kesepakatan penerbitan musik dengan Sony Publishing sebelum menandatangani kontrak rekaman dengan RCA Records pada tahun 1994. Pada bulan April 2007, dia memberikan sebuah wawancara di mana dia mengakui bahwa dia melakukan pesta seks dan narkoba ketika dia berusia delapan belas tahun, mengatakan: "Saya pernah mengalami pengalaman lesbian di masa lalu. Saya tidak akan mengatakan berapa banyak pria yang pernah berhubungan seks dengan saya — tetapi saya adalah orang yang sangat seksual." 




Single pertama Wild Orchid, "At Night I Pray", memulai debutnya di tangga lagu Billboard pada bulan September 1996. Pada bulan Maret 1997, band ini merilis album debut self-titled mereka, yang memulai debutnya di #153 di Billboard 200. Pada bulan September 1998, merilis album kedua mereka, Oxygen, yang merupakan kegagalan komersial, hanya terjual 200.000 kopi di seluruh dunia. Dari 16 Juni hingga 28 Agustus 1999, mereka membuka untuk Do You Believe? Tour milik Cher bersama Cyndi Lauper , yang membawa mereka ke 52 kota di seluruh Amerika Serikat dan Kanada. Mereka menyelesaikan album ketiga, dimana label rekaman mereka menolak untuk merilis, dan Fergie meninggalkan grup pada bulan September 2001. Pada tahun 2006, Fergie mengatakan kepada Entertainment Weekly bahwa baik frustrasi dengan citra band dan masalah narkoba pribadi membuatnya meninggalkan Wild Orchid.




The Black Eyed Peas sedang merekam album ketiga mereka, Elephunk (2003), ketika will.i.am mengundang Fergie untuk mencoba lagu berjudul "Shut Up". Dia mengamankan pertunjukan dan langsung terikat dengan trio ini, melanjutkan untuk merekam lima lagu tambahan di album. Musim semi berikutnya, tak lama sebelum Elephunk keluar, ketua Interscope Jimmy Iovine menawarkan Fergie tempat permanen untuk mengambil alih tugas vokal dan mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh kepergian penyanyi latar Kim Hill pada tahun 2000. Dalam ulasan positif dari gaya baru yang ditemukan milik The Black Eyed Peas, Rolling Stone mencatat bahwa sejak tahun 2002, ketika kelompok "menyewa seorang penyanyi pirang hebat bernama Stacy 'Fergie' Ferguson dan menyerah mengejar kredibilitas citra rapper mereka, mereka telah membuat semacam latihan spiritual dari rekaman lagu futuristik - komitmen estetika total yang membentang dari ide mereka yang norak ke pandangan dunia United Colors of Benetton." Dari Elephunk datang "Where is the Love?", yang menjadi hit besar pertama The Black Eyed Peas: memuncak di nomor delapan di Billboard Hot 100 dan menduduki puncak tangga lagu di beberapa negara lain. Album ini kemudian melahirkan "Shut Up", yang menduduki puncak tangga lagu di banyak pasar. Single ketiga dari album, "Hey Mama", mencapai 10 besar di beberapa negara Eropa dan kemudian mencapai nomor dua puluh tiga di Amerika Serikat pada tahun 2004.

Album mereka berikutnya, Monkey Business, dirilis pada 7 Juni 2005, dan memulai debutnya di nomor dua di chart album US Billboard 200, terjual lebih dari 295.000 kopi dalam minggu pertama dan kemudian disertifikasi triple platinum oleh RIAA. Single berikutnya dan terakhir yang dirilis secara komersial dari album adalah "Pump It", yang meminjam banyak suara dari "Misirlou", khususnya versi Dick Dale; yang memuncak di nomor 8 di Australia tetapi 18 di Amerika. Single pertama album, "Don't Phunk with My Heart", menjadi hit di Amerika Serikat, mencapai nomor tiga di US Hot 100 dan menghasilkan Grammy untuk Best Rap Performance by a Duo or Group. "Don't Lie", single kedua dari album, meraih kesuksesan di Hot 100 AS, mencapai No. 14, meskipun menjadi agak lebih sukses di Inggris dan Australia, mencapai puncak No.6 di kedua negara. "My Humps", lagu lain dari album, segera meraih sukses komersial di AS dan pemutaran radio yang cukup substansial meskipun liriknya bernada seksual, mencapai nomor tiga di US Hot 100 dan nomor satu di Australia, menjadikannya single nomor satu Australia keempat mereka. Namun, banyak yang mencemooh lagu itu karena konten liriknya yang buruk; John Bush, yang menulis untuk AllMusic, menggambarkannya sebagai "salah satu pertunjukan rap paling memalukan di milenium baru". Pada musim gugur 2005, The Black Eyed Peas melakukan tur bersama Gwen Stefani, sebagai pendukung. Pada bulan Desember 2005, mereka memulai "Tur Eropa". Pada bulan Maret 2006, The Black Eyed Peas melakukan tur lagi, sebagai penampil utama untuk Honda Civic Tour. 




Album solo debut milik Fergie, The Dutchess, dirilis pada September 2006. Awalnya direkam pada tahun 2005. Lagu-lagu di album ini "dari periode tujuh tahun, tetapi Jimmy Iovine [Interscope CEO] mendengar beberapa [lagu] dan berkata, 'Ini hebat, mari kita keluarkan'. Salah satu produser eksekutif album dan sesama anggota Black Eyed Peas will.i.am menyatakan bahwa dia "menulis tentang perjuangan pribadinya dan mengusir roh-roh jahatnya dan kekuatan femininnya. [Ini] dia bernyanyi untuk gadis-gadis muda untuk menjadi kuat, dan apa yang mereka alami dalam hidup, yang tumbuh di dunia ketidakpastian ini." "London Bridge" dirilis sebagai singel utama album pada 18 Juli, 2006 ke stasiun radio dan pada 7 Agustus 2006 di iTunes Store. Lagu pop perkotaan ini menyebabkan kontroversi karena judul yang bermakna ganda, tetapi menjadi sukses besar, memuncaki Billboard Hot 100 (untuk tiga minggu) dan tangga lagu Selandia Baru, sementara juga mencapai sepuluh besar di lebih dari dua belas negara. Video musik untuk lagu ini menampilkan anggota The Black Eyed Peas serta Fergie di Tower Bridge, di antara adegan lainnya.

Singel berikut, "Fergalicious", dirilis pada 23 Oktober 2006. Trek ini, yang menampilkan will.i.am, berhasil mencapai nomor dua di Billboard Hot 100, top-five di Australia dan Selandia Baru, meskipun mencapai lebih rendah dari "London Bridge" di Eropa. Video musiknya menampilkan Fergie sebagai Willy Wonka di pabrik permen. "Glamorous" dirilis sebagai single ketiga dari album, pada tanggal 20 Februari 2007. Trek ini, yang menampilkan Ludacris, menjadi single nomor satu lainnya untuk Fergie di Amerika Serikat, dan juga mencapai top-ten di lebih dari tujuh negara. Single keempat, "Big Girls Don't Cry", dirilis pada 22 Mei 2007. Balada ini menjadi sukses besar di seluruh dunia, menduduki tangga lagu di sepuluh negara, termasuk Australia, Kanada, dan Amerika Serikat ; yang juga merupakan single paling sukses di Eropa. Video musik untuk lagu ini menampilkan aktor Amerika Milo Ventimiglia sebagai pasangan cintanya. "Clumsy" kemudian dipilih untuk menjadi single kelima dan terakhir dari album ini. Album ini dirilis pada tanggal 25 September 2007 dan menjadi top-ten hit di lima negara, termasuk di Australia dan Amerika Serikat, menjadi hit top-five berturut-turut kelima miliknya di Amerika Serikat.




Pada Desember 2007, Blender memilih Fergie sebagai wanita mereka tahun ini. Pada tahun 2007, The Black Eyed Peas memulai Black Blue & You World Tour dan mengunjungi lebih dari 20 negara. Fergie kembali berakting di tahun 2006, tampil sebagai penyanyi lounge dalam remake Poseidon. Dia kemudian memiliki peran pendukung di Grindhouse tahun 2007 dan film musikal Nine tahun 2009. Fergie dan anggota pemeran Nine lainnya menerima nominasi Screen Actors Guild Award for Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture untuk penampilan mereka dalam film itu. Pada tanggal 31 Desember 2006, Fergie mulai menjadi pembawa acara Dick Clark’s New Year’s Rockin’ Eve di ABC untuk segmen-segmen pra-rekaman Hollywood setelah New Year Ball turun di Times Square.

Pada awal 2009, baik Fergie dan grup meninggalkan A&M Records, baik Fergie dan grup masih dengan Interscope Records. Album studio kelima grup, The E.N.D. ("The Energy Never Dies"), dirilis pada tanggal 9 Juni 2009. Suara keseluruhan dari album ini memiliki beat elektro hop yang lebih banyak daripada rasa hip pop/R&B yang biasa dari album mereka sebelumnya. Dalam minggu pertama, album terjual 304.000 kopi dan memulai debutnya di nomor 1 di Billboard 200. Mereka merilis "Boom Boom Pow" sebagai singel utama dari album kelima mereka, The E.N.D., pada Maret 2009. Lagu ini menjadi nomor satu di Amerika Serikat dan menjadi puncak chart pertama grup tersebut. Pada Maret 2011, album ini telah terjual lebih dari 3.000.000 eksemplar di AS saja. Di Prancis, album ini terbukti sangat sukses. Album ini menghabiskan 55 minggu di dalam top 10 dengan 11 minngu di No. 1. Mereka kemudian merilis single kedua dari album, "I Gotta Feeling", yang terbukti lebih sukses daripada yang pertama: ia pindah dari nomor dua di belakang "Boom Boom Pow" ke posisi teratas pada bulan Juli, dan tinggal selama 14 minggu berturut-turut di nomor satu di Billboard Hot 100, paling lama berada di puncak tahun 2009. Dua single hit membuat Black Eyed Peas berada di puncak selama 26 minggu berturut-turut, dari 18 April hingga 16 Oktober.

"Meet Me Halfway" dirilis sebagai single ketiga dari album pada bulan September 2009. Single ini mencapai nomor satu di Inggris dan Australia. Ini juga memuncak di nomor tujuh di Billboard Hot 100. Pada bulan Oktober 2009, Fergie menjadi pemilik bagian dari National Football League, Miami Dolphins. "Imma Be" dirilis sebagai single keempat; mencapai nomor satu di Billboard Hot 100 selama dua minggu. "Rock That Body" kemudian dirilis sebagai single kelima dan mencapai nomor sembilan di tangga lagu AS. Pada bulan September 2009, grup memulai The E.N.D. World Tour, mengunjungi Jepang, Thailand, Malaysia, Australia dan Selandia Baru. Pada Oktober 2009, mereka juga menjadi pembuka untuk 5 konser dari bagian Amerika Utara U2 360 ° Tour. Grup ini tampil di Grammy pada 31 Januari 2010. Mereka membawakan mash-up "Imma Be"/"I Gotta Feeling". Mereka memenangkan 3 dari 6 penghargaan dimana mereka dinominasikan termasuk Best Pop Vocal Album untuk The E.N.D., Best Pop Vocal Performance by a Group untuk "I Gotta Feeling" dan Best Short Form Video untuk "Boom Boom Pow". Pada tanggal 27 Juli 2010, The Black Eyed Peas merilis album remix: The E.N.D. Summer 2010 Canadian Invasion Tour: Remix Collection. Album itu dirilis di iTunes di Kanada saja, selama jadwal Kanada dari The E.N.D. World Tour. Album ini sebagian besar menampilkan remix dari single yang diambil dari The E.N.D. Ini juga dilengkapi dengan remix dari "Let's Get It Started" yang diambil dari Elephunk; remix itu juga merupakan lagu bonus di edisi deluxe The E.N.D.. Dia meluncurkan parfum debutnya, Outspoken, di bawah Avon pada Mei 2010. 




Album studio keenam mereka, The Beginning , dirilis pada 30 November 2010, dan menerima tinjauan yang beragam. Rilisan single pertama album ini berjudul "The Time (Dirty Bit)". Pada Januari 2011, ia mulai muncul di iklan-iklan Dr Pepper Cherry. "Just Can't Get Enough", single kedua dari album, dirilis pada 18 Februari 2011. Video musik dirilis pada 16 Maret 2011, dan difilmkan di Tokyo, satu minggu sebelum gempa bumi dan tsunami. Video ini disutradarai oleh Ben Mor. Single ketiga grup adalah "Don't Stop the Party" dan dirilis pada 10 Mei 2011. Pada hari yang sama, sebuah video musik untuk lagu tersebut dirilis di iTunes, bersama dengan single. Video tersebut, yang disutradarai oleh Ben Mor, menampilkan cuplikan di panggung dan di belakang panggung dari grup selama The E.N.D. World Tour pada tahun 2009–10. Video ini ditayangkan di Vevo pada 12 Mei 2011. Pada tanggal 22 Mei, grup ini muncul di Billboard Music Award 2011 dan memenangkan 1 dari 4 nominasi mereka, untuk "Top Duo/Group". Pada tanggal 6 Juli 2011 selama konser di Alton Towers di Staffordshire, The Black Eyed Peas mengumumkan mereka mengambil hiatus tak terbatas setelah selesainya tur mereka saat ini, seperti yang mereka lakukan antara 2005 dan 2009. Pada bulan September 22, Fergie mengunjungi Madame Tussauds untuk pembukaan patung lilinnya di Las Vegas, Nevada. Dengan Avon ia kemudian merilis Outspoken Intense pada 2011, Viva pada 2012 dan Outspoken Fresh pada 2013. 




Pada 2013, Fergie mengumumkan bahwa dia telah mulai menulis album studio solo keduanya. Pada bulan April, Fergie menerima penghargaan "Always Next, Forever Now" dari LOGO TV untuk menghormati karyanya di komunitas LGBT. Fergie telah mengajukan klaim di Pengadilan Tinggi Los Angeles County untuk secara hukum mengubah namanya menjadi Fergie Duhamel dan mengambil nama belakang suaminya, Josh Duhamel. Pengacaranya mengklaim bahwa dia melakukannya untuk "sesuai dengan nama pertama dimana dia biasa dikenal secara umum dan profesional, dan selama bertahun-tahun." Pada tanggal 6 Januari 2014, diumumkan, sekali lagi, bahwa Fergie memulai proses album studio keduanya. Dia menyatakan dalam wawancara dengan pembawa acara radio Ryan Seacrest bahwa will.i.am akan menangani produksi, dengan rilis melalui Interscope. Pada bulan September 2014, diumumkan bahwa album studio kedua Fergie telah dijadwalkan untuk rilis tahun 2015. Sebuah single baru dari Fergie, berjudul " L.A. Love (La La) ", dirilis ke radio hit kontemporer pada 30 September 2014. Lagu ini memulai debutnya di Billboard Hot 100 di nomor 97 dan memuncak pada nomor 27. Pada 30 November 2014, telah mencapai nomor 16 pada Rhythmic Song, nomor delapan di Hot Rap Songs, nomor 24 di Digital Songs dan nomor 20 di chart radio Pop Songs. Pada 22 April 2015, penyanyi ini membawakan lagu bersama Black Eyed Peas di the 2015 Coachella Valley Music and Arts Festival sebagai bagian dari rangkaian David Guetta. Fergie mengumumkan pada bulan Juni 2015 bahwa ia menempatkan sentuhan akhir pada album, berjudul Double Dutchess.

Sebuah teaser untuk album berjudul "Hungry (1st Byte)" dirilis pada 9 Juni 2016. Pada tanggal 1 Juli, ia merilis sebuah single baru, berjudul "M.I.L.F.$ ". Fergie terinspirasi untuk menulis lagu ini setelah kelahiran putranya, Axl. Video musik ini dikonsep oleh Fergie dan menampilkan sekelompok ibu terkenal, termasuk Ciara, Chrissy Teigen, Alessandra Ambrosio, Kim Kardashian West, Gemma Ward, Tara Lynn, Devon Aoki, Angela Lindvall, Isabeli Fontana, Amber Valletta, dan Natasha Poly sebagai ibu rumah tangga dengan lingerie 1950an. Pada 11 November 2016, Fergie merilis single ketiga dari album, "Life Goes On". Pada bulan November 2016, selama obrolan langsung Facebook, Fergie menegaskan bahwa album ini akan dirilis pada tahun 2017. Pada bulan Mei 2017, diumumkan bahwa Fergie telah berpisah - dengan keputusan bersama - dengan Interscope dan akan meluncurkan jejaknya sendiri, Dutchess Music, sebagai bagian dari kemitraan global dengan BMG Rights Management. Pada 2 Juni 2017, sebuah artikel Billboard mengabarkan bahwa Fergie pergi dari Black Eyed Peas. Frontman band will.i.am membantah ini, tetapi menyatakan bahwa Fergie mengambil istirahat dari grup memilih untuk berkonsentrasi pada karir solonya sementara anggota yang tersisa bekerja pada proyek sampingan. Setelah banyak antisipasi, pre-order dari Double Dutchess disediakan pada 25 Agustus 2017 bersama dengan unduhan instan dari "Hungry" dan "You Already Know ", masing-masing kolaborasi dengan Rick Ross dan Nicki Minaj, yang terakhir adalah single keempat dari album. Pada 16 September 2017, Fergie melakukan pentas solo langsung dari panggung Rock di Rio di Rio de Janeiro untuk di hadapan dari seratus ribu orang dengan tamu kejutan Pabllo Vittar, Sergio Mendes dan Gracinha Leporace.

Double Dutchess akhirnya dirilis pada 22 September 2017.

Pada 2018 NBA All-Star Game, Fergie melakukan rendisi kontroversial dari Star Spangled Banner yang digambarkan People sebagai sebuah "slowed-down jazzy yang rendition" dengan Deadline melaporkannya sebagai "bluesy" dan "breathy". Dia kemudian mengakui bahwa "secara jelas rendisi ini tidak menyerang nada yang dituju."

Fergie mulai berkencan dengan aktor Josh Duhamel pada September 2004, setelah dia bertemu dengannya ketika dia dan Black Eyed Peas memfilmkan cameo untuk sebuah episode acara Las Vegas milik Duhamel. Fergie dan Duhamel bertunangan pada Desember 2007; mereka menikah dalam upacara Katolik pada tanggal 10 Januari 2009. Mereka memiliki satu putra, Axl Jack Duhamel, lahir pada Agustus 2013. Pada Mei 2009, Fergie mengaku sebagai biseksual di The Sun. Pada tanggal 14 September 2017, Fergie dan Duhamel mengumumkan bahwa mereka telah berpisah pada awal tahun itu. 




Saat tampil bersama Wild Orchid, Fergie mengalami kecanduan methamphetamine kristal yang mengikutinya setelah ia meninggalkan grup pada tahun 2001. Pada bulan September 2006, Fergie berbicara dengan majalah Time tentang menghentikan kecanduan meth kristalnya. "Itu adalah pacar paling sulit yang pernah putus dengan saya," katanya. "Itu adalah obat yang membuat ketagihan. Tapi itulah mengapa kamu mulai melakukannya di tempat pertama yang menarik. Banyak masalah yang bermula dari aktor cilik; aku belajar untuk menekan perasaan." Fergie menyatakan dalam beberapa wawancara bahwa dia adalah pengguna hipnoterapi yang rajin, yang dia gunakan untuk mengatasi kecanduan meth kristal dan untuk bersantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...