Laman

Sabtu, 10 Maret 2018

PLUMB


Dilahirkan dengan nama Tiffany Arbuckle Lee pada 9 Maret 1975 di Indianapolis, Indiana, AS, yang lebih dikenal dengan nama panggungnya Plumb, adalah seorang penulis lagu, artis rekaman, penampil dan penulis. Plumb telah menjual lebih dari 500.000 album dan lebih dari dua juta single di seluruh dunia, termasuk lagu-lagu untuk berbagai artis lainnya, meliputi Michelle Branch, Mandisa , Mandy Moore, Jaci Velasquez, dan Natalie Grant, dan memiliki musik yang ditempatkan di banyak film dan acara televisi. Awalnya masuk sebagai artis rekaman Christian Contemporary Music (CCM) pada tahun 1997, Plumb sekarang dikenal dan juga lebih baik di rock alternatif, musik dansa elektronik, dan untuk penggunaan musiknya di film dan televisi daripada dia berada di pasar CCM.

 
Plumb dibesarkan di Atlanta, bernyanyi di gereja dan sekolah. Dia pindah ke Nashville satu minggu sebelum ulang tahunnya yang ke 21, di mana dia sekarang tinggal, dan bekerja sebagai penyanyi latar untuk sejumlah artis, seperti Bill Gaither dan Amy Grant. Setelah Silvertone Records menjadi afiliasi Essential Records dengan kesuksesan radio alternatif dengan artis debutnya Jars of Clay pada tahun 1995, label tersebut mengontrak Plumb sebagai artis keduanya. Ketika dia didesak untuk menulis, Plumb berpaling kepada Matt Bronlewee - seorang anggota asli Jars of Clay yang kebetulan adalah tetangga sebelahnya - dan keduanya langsung menyetujuinya. Album debutnya, Plumb, dirilis pada tahun 1997, dengan nama panggung Plumb berasal dari lagu Suzanne Vega "My Favorite Plum". Plumb mengatakan kemudian bahwa penambahan huruf "B" sampai akhir adalah gagasan produser Matt Bronleewe dan, dalam pikirannya, juga mewakili kontribusi penting Bronleewe terhadap suaranya.

Pada tahun 1999, Plumb merilis sebuah album studio kedua berjudul Candycoatedwaterdrops, yang memenangkan the 2000 Gospel Music Association Dove Award 2000 untuk "Modern Rock Album of the Year". Tiga lagu darinya kemudian dibawakan ulang oleh seniman lain; "Stranded" dan "Here With Me" oleh Jennifer Paige dan, pada tahun 2001, "Damaged" oleh Plummet . Meskipun album ini memenangkan DOVE Award untuk Best Modern Rock Album pada tahun 2000, dan melihat kesuksesan radio yang kuat dengan single "God-Shaped Hole", materi lagu dan pendekatan sebagian besar musik Plumb sering dianggap terlalu gelap dan tabu untuk pasar Kristen mainstream. Kecenderungan Plumb untuk menulis lagu tentang masalah pribadi, seperti hit internasional "Cut" yang ditujukan untuk memotong, dan "Damaged" yang ditujukan kepada seorang gadis yang sedang dilecehkan saat anak-anak, mendapat sambutan lebih antusias oleh penggemar alternatif dan musik dansa. Memicu pemutusan dari CCM, "Cut" juga digunakan secara mencolok selama adegan penting dalam alur cerita The Vampire Diaries di episode 10 musim 1, "The Turning Point". 



Plumb mempertimbangkan untuk meninggalkan industri musik setelah album tahun 2000, namun berubah pikiran setelah menerima sebuah catatan dari seorang penggemar beberapa jam sebelum apa yang dia anggap sebagai konser terakhirnya. Surat itu tentang lagunya "Damaged" tentang seorang gadis yang sedang dilecehkan saat anak-anak. Catatan tersebut mengatakan "Apa pun yang Anda lakukan, saya hanya ingin Anda tidak pernah lupa bahwa Anda telah mengubah kehidupan seseorang," yang mengilhami Plumb untuk tetap berada di industri musik. Ia masuk ke Curb Records pada tahun 2003, merilis album Beautiful Lumps of Coal pada tanggal 25 Maret 2003. Singel utama, "Real", mencapai di Nomor 41 di UK Singles Chart. Album berikutnya, berjudul Chaotic Resolve, memasuki tangga album Billboard 200 di nomor 177 pada tanggal 9 Maret 2006. "Better" mencapai urutan pertama di tangga lagu Christian AS. Remix Bronleewe & Bose dari tindak lanjutnya, "Cut", mencapai nomor 1 pada saluran hit dansa milik Sirius XM BPM, dan No. 5 di Billboard 's Dance Charts Hot Dance Club Songs.

Tak lama setelah kelahiran anak keduanya, Plumb merekam album ke-5nya, berjudul Blink, sebagai koleksi lagu-lagu terimakasih yang diilhami oleh ninabobo. Album ini dirilis pada tanggal 9 Oktober 2007, segera menjadi salah satu album terlaris dan paling bertahan hingga saat ini. Single utama "In My Arms", digunakan bersamaan dengan narasi plot utama untuk Vampire Diaries dan One Tree Hill, dan menjadi hit internasional terbesar milik Plumb sampai saat ini, terjual hampir setengah juta single di Amerika Serikat dan Rusia. "In My Arms" menerima remix oleh Kaskade , Scotty K, Bronleewe & Bose, Gomi, dan Bimbo Jones, dengan yang terakhir mencapai posisi No. 3 di Billboard Dance Charts.

Pada tanggal 19 Mei 2009, Curb Records mengumumkan bahwa mereka akan merilis sebuah album greatest hits yang mencakup karir berjudul Beautiful History, yang dirilis akhir tahun itu dan termasuk beberapa lagu baru. Single pertama dari Beautiful History, "Hang On", mencapai No 1 di US Billboard Hot Dance Club Play pada tahun 2009 dan mencapai posisi teratas di tangga lagu Billboard Hot Dance Airplay pada tahun 2010. 



Plumb kembali ke studio pada tahun 2010 dengan produser lama dan rekan penulis Matt Bronleewe untuk mulai mengerjakan apa yang akan menjadi album studio keenamnya, sementara juga mengubah manajemen dan menandatangani kontrak dengan firma butik alternatif Street Talk Media alternatif. Singel debut dari proyek ini, "Drifting", sebuah lagu yang ditulis bersama dengan teman lama Dan Haseltine (dari Jars of Clay), menyebar dengan cepat melintasi radio Christian Rock. Single kedua, "Need You Now (How Many Times)", masuk ke radio CCM di awal tahun 2012 dan telah menjadi single yang paling sukses milik Plumb sampai saat ini di pasar tersebut, naik ke nomor 1 di beberapa radio dan iTunes chart baik di Amerika Serikat dan Kanada pada akhir tahun. Single ini tetap dalam rotasi reguler secara nasional selama lebih dari setahun, terjual hampir 300.000 single di iTunes sampai saat ini, dan bersertifikat BDS di lebih dari 100.000 putaran radio. Album Need You Now dirilis di seluruh dunia pada bulan Februari 2013, mmenjadi peringkat terbaik nomor 56 di chart Billboard 200 dan No. 2 di tangga album Kristen. Album ini menerima lima nominasi Dove Award termasuk Song of the Year dan Contemporary/Pop Album of the Year. Dengan anak-anaknya sekarang setidaknya berusia sekolah dasar, dan dengan keberhasilan hebat Need You Know, 2012 dan 2013 menjadi tur paling agresif sepanjang karirnya, bermain dalam festival besar sepanjang tahun 2012 dan 2013, memulai yang pertama dan yang terbesar dari sebagian besar tur sebagai penampil utama dengan tiket terjual habis pada musim gugur 2013, dan mengikuti tur arena Winterjam yang masif untuk bulan November 2013-14.

Plumb merilis album studio ketujuh, Exhale, pada tanggal 4 Mei 2015.

Mengikuti pencapaian chart No. 1 dari "In My Arms", "Hang On", dan "Cut", Plumb semakin banyak dicari di dunia dansa dan elektronik. Pada tahun 2011, dia berkolaborasi dengan trance DJ Paul Van Dyk di "I Don’t Deserve You", memainkan beberapa pertunjukkan dengan Van Dyk, dan membuat rekaman video musik di Tennessee tengah. Versi asli dan rekaman milik Plumb dari lagunya akan disertakan di album studio keenamnya, Need You Now, dan ditampilkan dalam episode 5x02 Vampire Diaries.

Plumb meninggalkan Curb Records pada awal 2017 untuk membentuk labelnya sendiri, Plumb Music, dan merilis single pertamanya "God Help Me" pada bulan Juli 2017. 



Plumb menikah dan memiliki tiga anak dengan suaminya, Jeremy Lee.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...