Laman

Senin, 12 Maret 2018

TED McKENNA


Dilahirkan dengan nama Edward McKenna pada tanggal 10 Maret 1950 di Lennoxtown, East Dunbartonshire, Skotlandia, adalah seorang drummer Skotlandia, yang telah bermain dengan band Tear Gas, The Sensational Alex Harvey Band, Rory Gallagher, The Sensational Party Boys, dan The Michael Schenker Group. Dia juga melakukan tur dengan Ian Gillan untuk waktu yang singkat di tahun 1990, bersama mantan anggota SAHB lainnya, bassis Chris Glen. Ia mengajar di Applied Arts di North Glasgow College dari tahun 1996-2011.

 
McKenna dididik di Sekolah Tinggi St Patrick, Coatbridge. Kajiannya meliputi pelajaran double bass di sekolah, beberapa pelajaran piano, dan satu tahun di bawah veteran band besar Glasgow, Lester Penman. Dia telah bekerja sebagai anggota band untuk beberapa seniman, meliputi Rory Gallagher dari tahun 1978-1981. Dia juga bekerja sebagai musisi sesi dengan Greg Lake & Gary Moore di The Greg Lake Band 1980-81; the Michael Schenker Group pada tahun 1981-84; Bugatti & Musker, 1982; Ian Gillan dan sebuah album solo untuk penyanyi Nazareth Dan McCafferty, pada tahun 1975.


Ted juga memiliki band sendiri setelah waktunya di MSG bernama McKenna's Gold. Dibentuk pada akhir tahun 1986, band ini bermain bersama selama lebih dari dua tahun dan menampilkan Charles Bowyer/vokal, Julian Hutson-Saxby/gitar, Alex Bowler/bass dan Steve Franklin/keyboard. Julian Hutson-Saxby kemudian bermain gitar dengan Sensational Alex Harvey Band yang direformasi setelah kepergian Zal di tahun 2008. 



Pada tahun 1992, Ted dan Zal Cleminson memutuskan untuk berkumpul kembali. Mereka mengumpulkan sebuah band bernama The Party Boys, sebuah gagasan yang dimiliki Ted di Australia saat bekerja dengan Womack and Womack. Mereka memanggil keyboardist Ronnie Leahy dari Stone The Crows masuk, dan mengundang penyanyi rock yang terkenal dan terhormat untuk tampil dan melakukan pekerjaan mereka. Penyanyi seperti Stevie Doherty, Fish, dan Dan McCafferty adalah beberapa nama yang masuk. Tidak lama kemudian band ini memutuskan untuk berkumpul kembali dengan keyboardist SAHB Hugh McKenna dan melakukan reformasi sebagai SAHB. Barisan ini termasuk Stevie Doherty dari Zero Zero & Peter Goes To Partick pada vokal. Mereka juga merilis album Live In Glasgow '93. Mereka dibubarkan pada tahun 1995 setelah pertunjukan terakhir dengan Maggie Bell di The Kings Theatre di Glasgow. 



Pada tahun 2004, Ted kembali mereformasi SAHB dengan anggota yang tersisa, Zal Cleminson, Hugh McKenna, dan Chris Glen, namun kali ini vokalis Max Maxwell, mantan Shantas, yang semula merupakan tur perpisahan, namun begitu sukses sehingga memutuskan untuk melanjutkan dan melakukan berbagai tur dan festival lainnya antara 2004-2009 termasuk Festival Wickerman dan The Sweden Rock Festival pada tahun 2006. Turnya adalah: 2004 - Brick By Brick, 2005 - Zalvation, 2006 - Dogs of War, 2007 - Hail Vibrania. 



Pada saat ini mereka juga merilis album live Zalvation, yang merupakan rilisan resmi band ini sejak Rock Drill tahun 1977 bersama Alex. Mereka juga melakukan berbagai tur di Inggris, Eropa, dan Australia, serta 2 pertunjukan Natal dengan penjualan yang sukses di tahun 2006 & 2007 di ABC di kampung halaman mereka di Glasgow. Pada tahun 2008, Gitaris Zal Cleminson meninggalkan band dan pensiun dari pertunjukan sama sekali, dan band ini melanjutkan pertunjukan singkat dengan gitaris Julian Hutson Saxby sebelum bubar pada tahun 2008. SAHB tidak lagi tampil atau merekam saat ini dengan semua anggota band yang bekerja pada berbagai proyek. 



Meskipun terutama dikenal sebagai musisi rock, Ted juga pernah bekerja dengan maestro jazz John Etheridge, gitaris blues Amerika/Kanada pemenang Jano Award Amos Garrett dan duo soul Amerika Womack & Womack serta Paul Rose, Gwyn Ashton, The Rhumboogie Orchestra, Frank O Hagan, dan Fish. Ted saat ini sedang tur dengan bassis Rory Gallagher Gerry McAvoy dan virtuoso gitar Belanda Marcel Scherpenzeel di "Band of Friends", sebuah perayaan musik dari Rory Gallagher. Band ini memenangkan 'Best Blues Band of 2013' di European Blues Awards, dan baru-baru ini merilis sebuah CD/DVD berjudul 'Too Much Is Not Enough'. Ted juga memenangkan European Blues Awards 2015 BEST MUSICIAN (performance) Band of Friends juga telah merilis album live bertajuk 'Live & Kickin' dan album studio lain bertajuk 'Repeat After Me'.

Ted telah bersatu kembali dengan Michael Schenker bersama bassis SAHB Chris Glen untuk Michael Schenker Fest. 



Michael Schenker Fest adalah barisan ulang tahun dari ketiga vokalis asli dari 3 album MSG pertama dan pada tahun 2016, band ini merekam sebuah konser live di Jepang dan tersedia untuk dibeli sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...