Laman

Sabtu, 17 Maret 2018

STEVE MARKER


Dilahirkan dengan nama Steven Marker pada 16 Maret 1959 di Mamaroneck, New York, AS adalah seorang musisi, penulis lagu, produser rekaman dan remixer Amerika, yang dikenal secara internasional sebagai gitaris band rock alternatif berbasis Madison, Wisconsin, Garbage.

Dia menghabiskan sebagian besar masa kecil dan remajanya di Mamaroneck, New York. Pada usia 6 tahun, orang tuanya membelikannya drum; Tapi, pada usia 12, dia berganti instrumen dan mengambil gitarnya. Ia lulus dari Rye Neck High School di Mamaroneck.

Untuk pendidikan tinggi, Marker belajar di University of Wisconsin di Madison untuk mendapatkan gelar di bidang film. Di sana, ia bertemu Butch Vig, yang bermain dengan band Spooner. Pada tahun 1979 kelompok tersebut mencoba untuk mencari tahu bagaimana cara merekam single 7 inci dan Marker telah menumbuhkan minat dalam memproduksi musik, dia membeli dek reel-to-reel empat jalur, yang dilengkapi mikrofon milik Vig menjadi studio rumah di ruang bawah tanah Marker. Marker dan Vig juga memulai sebuah label kecil, Boat Records, untuk merilis rekaman Spooner dan band lain yang mereka sukai.

Marker mendirikan Madison's Smart Studios bersama Butch Vig pada tahun 1983, dan mempertahankan teknik perekrutan dan perekaman produksi sampai dia membentuk Garbage dengan Vig dan rfekan band Vig di Spooner, Duke Erikson, pada tahun 1994. Dia melihat video musik penyanyi Angelfish Shirley Manson di terkemnal MTV's 120 Minutes, yang menyebabkan dia bergabung dengan grup tersebut, karena Marker merasa bahwa Manson berbeda dengan penyanyi wanita bernada tinggi dan melengking tahun 1990an dan "lebih seperti suara yang kami cintai saat tumbuh dewasa, yang melebihi Patti Smith dan Chrissie Hynde - semacam suara pop klasik - mungkin Dusty Springfield." 



Marker menyatakan bahwa gaya musiknya tidak dipengaruhi oleh "orang-orang yang bermain solo dua puluh menit", yang menyatakan bahwa dia selalu lebih menyukai "bagian gitar yang bekerja secara lebih melodik dalam rasa Beatles", dengan para artis seperti Tom Petty, Keith Richards, The Pretenders dan Robert Fripp. Marker menganggap bahwa latar belakangnya sebagai produser membantu mengembangkan jenis permainan di mana "Anda tidak ada di sana untuk pamer, untuk menunjukkan betapa hebatnya Anda atau menarik perhatian untuk diri Anda sendiri. Anda berada di sana untuk membuat karya lagu itu berhasil dalam cara yang diperlukan", menyatakan bahwa gitar "ada untuk melayani lagu".

Marker sudah menikah, dan memiliki anak perempuan bernama Ruby (lahir Maret 2000). Setelah tinggal selama 25 tahun di Madison, setelah hiatus Garbage pada tahun 2005, Marker pindah ke Carbondale, Colorado bersama keluarganya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...