Laman

Minggu, 18 Maret 2018

JANET GARDNER


Dilahirkan dengan nama Janet Patricia Gardner pada tanggal 17 Maret 1962 di Juneau, Alaska, AS.


Ayahnya, Rulon B. Gardner adalah seorang insinyur sipil yang bekerja untuk Dinas Kehutanan Amerika Serikat di Utah, Alaska dan Michigan sebelum mengambil pekerjaan di Bozeman, Montana di Laboratorium Ilmu Kehutanan di Montana State University pada tahun 1964, di mana Gardner tumbuh dewasa. Ibunya Margaret adalah pemain piano dan organ gereja. Orang tuanya beragama Mormon. Janet adalah satu-satunya gadis dalam sebuah keluarga dengan empat saudara laki-laki. Dia bernyanyi di paduan suara sekolah dan belajar bermain piano dan gitar.

Gardner menjadi penyanyi utama dan gitaris ritem dari band hard rock yang semuanya beranggota wanita Vixen. Janet bergabung dengan lineup awal band ini pada tahun 1982. Pada tahun 1984, band ini tampil di film Hardbodies sebelum pindah ke Los Angeles untuk melanjutkan karir mereka. 




Setelah beberapa perubahan awal, formasi utama Vixen terdiri dari Janet, Jan Kuehnemund, Roxy Petrucci, dan Share Pedersen. Vixen menandatangani kontrak dengan EMI dan merekam album debut self-titled mereka yang dirilis pada bulan September 1988. Gardner menggambarkan tekanan rekaman sebagai, "Kami hanya perempuan dari Minnesota dan Montana yang senang bermain diatas panggung, jadi ini adalah sebuah kebangkitan kasar yang sedikit."

Single utama mereka "Edge of a Broken Heart" menjadi lagu hit khas mereka. Lagu itu ditulis, disusun, dan diproduksi bersama oleh Richard Marx. Vixen melakukan tur di seluruh dunia untuk mendukung Ozzy Osbourne, Scorpions, dan Bon Jovi bersamaan dengan penampilan utama mereka sendiri. Vixen merekam dan merilis album kedua mereka "Rev It Up" pada bulan Juli 1990. Mereka melakukan tur selama satu tahun bersama KISS dan Deep Purple sebelum band ini berpisah pada pertengahan tahun 1991 dengan alasan perbedaan musik.

Pada tahun 1997, Janet dan Roxy mereformasi Vixen dengan Rana Ross dan Gina Stile untuk tur AS. Pada tahun 1998, Janet, Roxy, dan Gina merekam album ketiga Vixen berjudul "Tangerine". Tangerine menjadi pergeseran gaya menjadi suara grunge tahun 90an yang lebih lambat daripada suara hair metal tahun 80-an dari dua album sebelumnya. Saudara perempuan Roxy Petrucci, Maxine, bergabung dengan grup tersebut untuk tur sampai mereka dituntut oleh anggota asli Jan Kuehnemund karena pelanggaran hak cipta yang melibatkan penggunaan nama Vixen.

Pada tahun 2001, Kuehnemund memutuskan untuk mereformasi band kali ini dengan Janet dan Roxy, menambahkan Pat Holloway pada bass. Vixen yang baru direformasi melakukan tur ke Amerika Serikat sebagai bagian dari tur Voices of Metal sampai pertengkaran sekali lagi menyebabkan band tersebut bubar di tengah tur. Kuehnemund dengan cepat mengganti band dengan tiga anggota baru untuk menyelesaikan tur dan mereka melanjutkan dengan nama Vixen.

VH1 membantu untuk mengumpulkan formasi Vixen yang asli pada tahun 2004 dan membuat mereka tampil di acara Bands Reunited. Pertunjukan tersebut menampilkan reuni satu kali dari grup asli yang disiarkan pada bulan November 2004 bertepatan dengan peluncuran ulang dua album pertama Vixen.

Janet sebagian besar tidak menjadi sorotan hingga membuat beberapa penampilan spesial bernyanyi dengan band Scrap Metal pada tahun 2010 dan 2011. Pada tahun 2012, Share Pedersen dan Roxy Petrucci bersama Janet menemui Jan Kuehnemund tentang menyatukan kembali Vixen asli, namun Kuehnemund menolak dengan menyatakan bahwa dia senang dengan band barunya. Segera setelah itu, diumumkan bahwa Janet, Share, dan Roxy akan membentuk band mereka sendiri bersama dengan Gina Stile. Mereka awalnya bernama band "VXN" namun memutuskan untuk mengubahnya untuk menghindari tuntutan hukum yang mungkin terjadi, sehingga mereka dikenal sebagai JanetShareRoxyGina (atau JSRG singkatnya). 




JSRG mulai memainkan pertunjukkan pada akhir tahun 2012, dilanjutkan dengan tur Monster of Rock cruise pada bulan Maret 2013. Setelah pertempuran panjang dengan kanker Jan Kuehnemund meninggal pada 10 Oktober 2013.

Pada pertengahan tahun 2000an, ketika band Vixen dibubarkan, Gardner kuliah di University of Bridgeport dan menjadi seorang dental hygienist pada tahun 2005. Pada tahun 2015 dia memperoleh lisensi aktif, dan bekerja sebagai seorang hygienist saat tidak mengerjakan proyek musikal dengan Vixen.




Gardner menikah dengan gitaris Justin James sejak 2016.

Gardner merilis sebuah album solo self-titled, diproduseri oleh suaminya, melalui Pavement Entertainment pada tanggal 18 Agustus 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...