Laman

Kamis, 08 Maret 2018

TAYLOR DAYNE


Dilahirkan dengan nama Leslie Wunderman pada tanggal 7 Maret 1962) di Manhattan, New York lebih dikenal dengan nama rekaman dan panggungnya Les Lee dan Taylor Dayne, adalah seorang penyanyi musik pop dan penyanyi musik gaya bebas dan aktris Amerika.


Secara keseluruhan, ia telah memiliki delapan belas lagu hit individu yang masuk dalam sepuluh besar di majalah Billboard. Ini termasuk yang terbaru, hit Amerika dan internasional 2011 "Floor on Fire" dan lagu 2008 "Beautiful", yang mencapai posisi teratas di chart Billboard Hot Dance Club Play. Dia juga menduduki tangga lagu Billboard Hot Dance Club Play tiga kali. Pada bulan Desember 2016, majalah Billboard menempatkannya sebagai the 28th most successful dance artist of all-time.

Leslie Wunderman mulai bernyanyi secara profesional setelah lulus dari sekolah menengah atas di Baldwin, Nassau County, New York, bernyanyi dalam band rock kecil seperti Felony and Next. Dia mulai bernyanyi solo setelah menyelesaikan kuliah dan merekam dua single dance dengan nama Les Lee yang berjudul "I'm The One You Want" (1985) dan "Tell Me Can You Love Me" (1986), yang dirilis di label indie New York Mega Bolt.

Dikontrak Arista Records sebagai Taylor Dayne, lagu pertamanya yang masuk ke sepuluh besar adalah hit pop-dance "Tell It to My Heart" pada akhir tahun 1987. Lagu tersebut merupakan hit instan di seluruh dunia, mencapai di lima besar pasar paling utama di seluruh dunia, dan mencapai puncak nomor satu di banyak negara, termasuk Jerman Barat. Enam hit top ten AS lagi yang mengikutinya meliputi "Prove Your Love", "I’ll Always Love You", "Don’t Rush Me", "With Every Beat of My Heart", "Love Will Lead You Back" dan "I’ll Be Your Shelter". Ini diikuti oleh hit nomor 12 "Heart of Stone".

Di Amerika Serikat, dia meraih tiga single emas, dengan "Tell It to My Heart", "I’ll Always Love You," dan "Love Will Lead You Back." "I’ll Always Love You," sebuah perubahan ke balada dibandingkan rilisan awal Dayne, adalah hit terobosannya di tangga lagu Adult Contemporary pada tahun 1988 dan membuka jalan untuk trek dance uptempo masa depan seperti "Don’t Rush Me "(1988) dan "With Every Beat Of My Heart" (1989) untuk mendapatkan penerimaan di radio Adult Contemporary. Pada tahun 1990, "Love Will Lead You Back", sebuah komposisi Diane Warren, memuncak di urutan 1 di chart Billboard Hot 100 dan Hot Adult Contemporary Tracks.

Serangkaian hits dari dua album pertamanya, Tell It to My Heart (1988) dan Can't Fight Fate (1989), akan menjadi puncak karir musiknya. Meskipun dia melanjutkan untuk merilis dua album lagi di tahun 1990an, dia hanya memiliki satu hit Top 40 di Amerika Serikat, cover hit 1974 milik Barry White tahun 1993 "Can't Get Enough of Your Love" (dari album 1993 Soul Dancing) yang mencapai nomor 2 di Aria Charts di Australia namun hanya No. 20 di AS.




Bersama dengan Arthur Baker dan Fred Zarr, Dayne menulis "Whatever You Want" untuk album 1996 Wildest Dreams milik Tina Turner. Dayne kemudian merekam dan merilis lagunya sendiri pada tahun 1998 sebagai single dari albumnya Naked Without You. Album itu gagal masuk tangga lagu, namun Dayne terus mengeluarkan hit di tangga lagu dance sampai tahun 2000an.

Sebagai aktris, Dayne hadir dalam serial sains fiksi tahun 1997 Nightman sebagai Carla Day, penyanyi yang juga merupakan pasangan cinta pemeran utama, membawakan banyak lagu jazz bersama Marc Bonilla dan Dragonchoir. Kemudian, ia tampil di Broadway di Aida milik Elton John pada tahun 2001. Dia memiliki peran dalam film independen seperti Fool's Paradise (1997), Stag (juga pada tahun 1997) dan Jesus the Driver (2004), serta produksi Warren Beatty tahun 1994 remake dari Love Affair. Dayne juga memiliki peran berulang pada serial Showtime Rude Awakening.

Pada tahun 2005, Dayne tampil dalam seri VH1 Remaking, yang menampilkan teman dekatnya, Leah Remini dan Michelle Reid (juga disebut sebagai Don di VH1). Serial ini mendokumentasikan kembalinya Dayne ke musik setelah mengambil cuti untuk memiliki keluarga, (dia memiliki anak kembar, Levi dan Astaria melalui ibu pengganti), dan menayangkan lagu terbarunya, "Right Now", hasil kolaborasi dengan Rodney Jerkins.

Pada bulan April 2006, dia adalah pilihan Elton John untuk tampil di Nile Rodgers We Are Family Foundation untuk menghormati Elton John.

Dayne juga tampil sebagai pasangan duet tamu di acara Fox TV Showes Celebrity Duets yang ditayangkan pada bulan Agustus dan September 2006. Dia dipasangkan dengan kontestan Jai Rodriguez di episode keempat, yang tayang 14 September 2006.

Pada tanggal 11 Desember 2007, Dayne merilis single pertama "Beautiful" dari album studionya Satisfied. Lagu itu ditulis oleh Taylor Dayne dan Hitesh Ceon dari tim produksi 3Elementz. Dayne telah mempromosikan single tersebut di banyak stasiun radio, termasuk pasar utama termasuk WKTU di New York. "Beautiful" masuk ke No 1 di Billboard Dance Charts. Dia juga tampil di The Today Show, Chelsea Lately, Wake Up With Whoopi dan VH1. Video musik untuk single dan cover album Satisfied dibuat oleh Tony Duran, yang juga telah membuat foto untuk sampul album untuk Justin Timberlake dan Jennifer Lopez.

Dia merilis album kelimanya Satisfied pada bulan Februari 2008 dengan ulasan positif - album studio rekaman pertamanya dalam hampir satu dekade. Produser dalam rekaman ini meliputi Rick Nowels, Gregg Alexander dan Peter Wade. Album ini mencakup materi baru dan pembawaan ulang dari beberapa lagu kontemporer favoritnya.

Dayne tampil di seri CMT Gone Country selama musim ketiga. Gone Country season 3, ditayangkan di jaringan CMT 24 Januari 2009 dan final ditayangkan pada tanggal 7 Maret 2009. Pemenang yang dipilih adalah Sheila E.

Pada bulan Mei 2010, dia melobi anggota kongres di Capitol Hill atas nama NAMM (National Association of Music Merchants) dan VH1's Save The Music Foundation untuk mengurangi pemotongan pendidikan musik di sekolah-sekolah Amerika.

Pada bulan Juli 2010, dia merilis "Facing a Miracle", lagu tema resmi untuk Gay Games 2010. Dayne membawakan lagu tersebut di depan penonton sebanyak 50.000 penggemar pada tanggal 31 Juli 2010 di Cologne, Jerman. Lagu ini mengakhiri tahun di Nomor 9 di Single Terunggul di Seluruh Dunia 2010. Namun, lima tahun sebelumnya dia menjawab pertanyaan tentang pemikirannya tentang pernikahan gay: "Di mata Kaballah, [gay] tidak bisa 'menikah' Itu membutuhkan energi pria dan wanita yang sebenarnya dan DNA. Dalam gambaran yang lebih besar, saya berpikir bahwa 'pernikahan' adalah tentang sirkuit tertentu. Seperti saya menikah dengan manajer bisnis saya seperti saya akan menjadi suami."

Taylor Dayne membuat master ulang album Greatest Hits-nya. Dia merilis single baru berjudul "Floor on Fire" pada tanggal 22 Juni 2011, yang masuk ke Billboard Dance/Club Charts Top 10.




Pada bulan Januari 2012, dia adalah satu dari delapan selebriti yang berpartisipasi dalam rangkaian realitas Food Network Rachael vs. Guy: Celebrity Cook-Off. Dia berhasil mencapai episode kedua terakhir, mengalahkan Aaron Carter, Alyssa Campanella, Cheech Marin, dan Summer Sanders.

Pada bulan Mei 2012, Dayne tampil dalam episode live This American Life, yang disiarkan ke bioskop dan radio nasional dalam bentuk yang diedit. Komedian Tig Notaro menampilkan monolog tentang bertemu Taylor beberapa kali, menyapanya setiap saat, "Permisi, maaf mengganggu Anda, tapi saya harus memberi tahu Anda, saya suka suara Anda". Setelah monolognya, Taylor membuat penampilan mengejutkan, menyertai Tig dengan lagu "I'll Always Love You".

Pada bulan September 2014, Dayne secara internasional merilis sebuah single baru berjudul "Dreaming".

Dayne belum pernah menikah. Pada tahun 2002, ia memiliki anak kembar melalui pengganti. Dayne menjadi pendukung pernikahan sesama jenis (setelah menentangnya) pada tahun 2005, dan menyatakan pada tahun 2014 bahwa dia menganggap komunitas LGBT sebagai basis penggemar yang paling setia.

Dayne adalah Yahudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...