Laman

Sabtu, 28 Januari 2017

KIM GARDNER




Dilahirkan dengan nama Christopher Gardner pada 27 Januari 1948 di Dulwich, London, adalah seorang musisi dan pemain bass.


Dia dalah bagian dari British Invasion pada 1960an, dan merekam lebih dari 30 album selama karirnya.

Gardner dan tetangganya Ronnie Wood memiliki kegemaran yang sama akan seni dan musik. Mereka mulai menggambar dan memainkan musik bersama saat remaja di Yiewsley, Inggris. Dari akhir masa remaja mereka dan seterusnya, fokus terutama pada musik.


Saat belajar di kampus seni bersama pada 1964 Gardner dan Wood bertemu Tony Munroe, Ali McKenzie dan Pete McDaniels dan membentuk The Thunderbirds. Mereka dikontrak oleh Decca Records pada akhir itu, dan pada 1965 merilis beberapa single, meliputi "No Good Without You Baby" dan "Leaving Here", setelah sebuah perubahan nama dari The Thunderbirds menjadi The Birds.


Pada akhir 1965 the Birds meninggalkan Decca dan bersepakat dengan Reaction Records, tapi Gardner dan Wood keluar dari band dan bergabung dengan The Creation, sebuah band mod yang terkenal di Eropa, terutama Jerman. Pada 1967, Gardner merekam beberapa lagu dengan Jon Lord, Ronnie Wood dan Twink dibawah nama Santa Barbera Machine Head, dirilis di Blues Anytime Vol. 3. Pada 1968 pada saat pembubaran the Creation, Kim Gardner bergabung dengan Tony Ashton dan Roy Dyke untuk membentuk Ashton, Gardner & Dyke, sebuah band jazz rock.


Pada 1971 Ashton, Gardner & Dyke memiliki sebuah single terkenal "Resurrection Shuffle". Album kedua mereka menampilkan beberapa tamu seperti Eric Clapton dan George Harrison. Mereka bubar tidak lama setelah menghasilkan album ketiga,

Dia juga seorang anggota dari "Quiet Melon" dengan Rod Stewart.

Gardner pindah ke Los Angeles pada 1974 dan menghabiskan sisa 1970an sebagai musisi tur dan sesi. Selama waktu ini dia bermain di 27 album untuk para artis seperti Bo Diddley dan Eric Clapton. Dia melakukan tur dengan beberapa band seperti Pacific Gas & Electric.


Pada 1973, saat merekam sebuah album dengan Jackie Lomax dan George Harrison di New Orleans, Garder bertemu dengan calon istrinya, Paula, seorang pengusaha sukses dalam bisnis pakaian. Mereka pindah ke Los Angels pada 1974, menikah dan memiliki tiga orang putri: Eva, Ashlee dan Camille.


Pada 1974 Gardner bergabung dengan Badger sebagai bassis, sebuah grup yang menampilkan Jackie Lomax pada gitar dengan drumer Roy Dyke dan kibordis Tony Kaye (mantan Yes) dan gitaris Paul Pilnick (mantan Stealers Wheel). Band ini merilis satu rekaman Lady melalui label Epic, diproduseri oleh Allen Toussaint. Sebelum rekaman ini dirilis Gardner dan Lomax meninggalkan band untuk membentuk White Lady, sebuah band singkat.

Pada 1982 Gardner membuka sebuah pub di Hollywood, The Cat & Fiddle pub di 2100 Laurel Canyon Boulevard. Pada 1985 pub itu dipindahkan ke 6530 Sunset Boulevard.

Hasrat Gardner untuk seni juga meningkat selama 1980an dan dia menjadi seorang pelukis produktif, memamerkan litografi dari karya seninya di the Cat and Fiddle.

Di pertengahan 1980an Gardner adalah seorang anggota dari Ian Wallace's Tea Bags dengan Jackie Lomax, David Mansfield, Peter Banks dan Graham Bell.

Rekaman terakhir Gardner adalah sebuah kolaborasi dengan Mitch Mitchell dari the Jimi Hendrix Experience dan Don Adey. Terdapat beberapa tamu hebat yang tampil di rekaman ini antara lain Carmine Appice, Bruce Gary, Mick Taylor, Jackie Lomax, Brian Auger dan Ivan Neville.

Gardner meninggal karena kanker pada 24 Oktober 2001 dalam usia 53 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...