Laman

Minggu, 15 Januari 2017

DAVID DeFEIS




Lahir pada 4 Januari 1961 di Los Island, New York, AS, adalah penyanyi, pemain kibord, penulis lagu dan produser Amerika. Dia adalah komposer utama dan pimpinan dari band Virgin Steele.

DeFies secara klasik berlatih piano, dengan sebuah gelar sarjana dalam komposisi dari S.U.N.Y. Stony Brook. Sebagai seorang vokalis dia belajar sendiri, memiliki suara sekitar tiga setengah oktaf : (Bb1-)E2-C#6(-B6). Sebagai seorang musisi dan penyanyi, dia mengaku sangat terpengaruh oleh para pemain gitar seperti Jimmy Page, Brian May dan Eddie Van Halen karena dia ingin melakukan dengan suaranya apa yang mereka lakukan dengan gitar mereka.

Dia juga terpengaruh oleh para penyanyi rock seperti Freddie Mercury, Robert Plant, David Coverdale, Ronnie James Dio dan Ian Gillan.

Bagian besar dari lirik yang ditulis DeFeis adalah mitologi, berhubungan dengan subyek terutama dari mitos Yunani, Sumeria dan agama Kristen. Semuanya berdasarkan kehidupan nyata dalam beberapa bentuk atau lainnya.


DeFeis datang dari keluarga teatrikal: ayahnya adalah seorang aktor Shakespeare yang menjalan usaha teater "The Arena Players Theatre" sementara kakak perempuannya Doreen adalah seorang penyanyi opera berbakat yang tampil di seputaran Eropa.

Seorang penggemar berat dari musik klasik Eropa, pada usia 9-10 tahun dia diperkenalkan pada musik rock dengan mendengarkan band Stalk, dengan saudara-saudarinya Damon (pada organ dan piano) Danae (pada vokal), bermain di ruang bawah kamarnya.

Dia memulai pelajaran piano pada usia 8 tahun. Pada usia 11 tahun, dia memulai karirnya dengan band heavy metal lokal Long Island, Phoenix.

Pada usia 16 tahun, dia bertemu pertama kali dengan rekan masa depannya Edward Pursino saat band DeFeis pada saat itu, Mountain Ash, sedang ikut audisi untuk sebuah acara di dansa SMA. Mountain Ash sebenarnya adalah sebuah band cover Black Sabbath dan, setelah menampilkan lagu "War Pigs", Pursino menghampiri dan memperkenalkan dirinya pada DeFeis.

Pada awal 1980an, bersama dengan Jack Starr dan Joey Ayvazian, dia memulai formasi pertama dari band Virgin Steele. Mereka melakukan debut pada 1982 dengan lagu "Children of the Storm" yang ditampilkan di kompilasi U.S. Metal Vol. II.

Pada 1985, gitaris Edward Pursino menggantikan Starr. Selama bertahun-tahun, dalam hubungan jangka panjang mereka dalam Virgin Steele, DeFeis dan Pursino merilis banyak klasik heavy metal seperti album-album: Noble Savage, Invictus, The Marriage of Heaven and Hell Part I, dan The Marriage of Heaven and Hell Part II.

DeFeis mengkoleksi pedang: koleksinya meliputi lebih dari 20 jenis. Di studio, terkadang dia menggunakan pedang-pedangnya untuk menciptakan efek tertentu untuk lagu-lagu Virgin Steele, dan selama konser dia biasanya membakar sebuah pedang diatas panggung.

Selama akhir 1990an dan 2000an, dia menulis musik untuk para aktor berdasarkan mitos Yunani yang berhubungan dengan Aeschykus. Sesuai dengan para artis Walter Weyers dan Martina Krawulsky, dengan nama "Klytaimnestra". Opera Metal "The House of Atreus" (secara musik tersedia di album-album Virgin Steele, The House of Atreus Part I, The House of Atreus Part II) ditampilkan diatas panggung di teater Jerman oleh Landestheater Production.

Penayangan perdana dari "Klytaimnnestra" di Memmingen, 5 Juni 1999, adalah yang pertama sebuah pertunjukan rutin teater yang berdasarkan konsep heavy metal.

Setelah kesuksesan "Klytaimnestra", David DeFeis & Landestheater Production membuat sebuah musikal Opera metal kedua, berjudul "The Rebels", dari album Virgin Steele sebelumnya dari trilogi the Marriage of Heaven and Hell ("The Marriage of Heaven and Hell Part I", "The Marriage of Heaven and Hell Part II", "Invictus").

Pada 2003, tim yang sama merilis opera metal ketiga, berjudul "Lilith", berdasarkan materi dari album Vision of Eden. "Visions of Eden" kemudian diterbitkan dalam bentuk CD pada 2006.

DeFeis memiliki studio rekaman pribadi bernama: "The Hammer of Zeus" (terkadang juga bernama "The Wrecking Ball of Thor").

Album-album Virgin Steele diproduseri oleh DeFeis.

Dia juga memproduseri album-album yang dirilis oleh para artis lain seperti: Out of the Darkness dan No Turning Back oleh Jack Starr, Nightmare Theatre oleh Exorcist, Stay Ugly oleh Piledriver, The Sign of the Jackal oleh Damien Thorn, Sin Will Find You Out oleh Original Sin.

Pada 1990 dia bermain di band blues proyek sampingan bernama Smokestack Lightning dengan Jack Starr dan pemain bass Virgin Steele masa depan Rob De Martino.

Pada 2001, muncul sebagai tamu khusus, menyanyikan lagu "The Final Sacrifice" yang dimasukkan ke dalam single pertama milik Tobias Sammet's Avantasia.

Pada 2013, ikut menulis dan memproduseri proyek solo dari Kiara Laetitia (mantan vokalis Skylark), yang dirilis pada 22 November. EP itu juga berisi sebuah cover dari Victory Is Mine.

Pada 2014, berkontribusi vokal pada "Reise of the 4th Reich", lagu dari Angels of the Apocalypse milik Timo Tolkki's Avalon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...