Laman

Senin, 09 Januari 2017

JENNY LEWIS





Dilahirkan dengan nama Jennifer Diane Lewis pada 8 Januari 1976 di Las Vegas, Nevada, AS. Ibunya, Linda, adalah seorang penyanyi profesional, dan ayahnya, Eddie Gordon, adalah seorang anggota dari Harmonica Gang. Lewis adalah seorang Yahudi.


Lewis membuat debut profesionalnya di sebuah iklan Jell-O. Dia kemudian muncul dalam iklan antara lain untuk Mattel's Barbie dan Baby Skates dolls, Toys "R" Us toy stores, the Black & Decker Popcorn Maker, General Mills' Cinnamon Toast Crunch dan Kellogg's Corn Pops. Dia tampil di sitkom singkat Lucille Ball pada 1986 Life With Lucy, dimana dia berperan sebagai salah satu cucu Lucy. Dia juga memiliki peran kecil di acara-acara tv, seperti Murder She Wrote, The New Twilight Zone, Baywatch, The Golden Girls, Growing Pains, Just the Ten of Us, Roseanne, Mr. Belvedere, dan Brooklyn Bridge. Dia muncul di episode mingguan Kids dari acara permainan Card Sharks pada 6 Agustus 1987 pada usia 11 tahun, dan memenangkan $500 tapi tidak memenangkan pertandingan itu.

Lewis muncul dalam lebih dari lusinan film-film remaja, seperti Troop Beverly Hills dan The Wizard pada 1989. Dia tampil di film yang dibuat untuk tv pada 1996 Talk To Me dengan Yasmine Bleeth, juga film Foxfire, Big Girls Don't Cry... They Get Even, dan Pleasantville. Dia memainkan bagian dari Evangeline "Eva" Saint Claire di versi film 1987 dari novel milik Harriet Beecher, Uncle Tom's Cabin, dan juga muncul di film yang dibuat untuk tv 1988 yang bertempat di Vienna pada awal Holocaut, A Friendship in Vienna. Dia memainkan putri dari Beverly D'Angelo di film yang dibuat untuk 1996, Sweet Temptation. Dia terus berakting hingga 1998, walaupun film terakhir - Don's Plum, difilmkan pada 1995-197 - tidak dirilis hingga 2001.

Pada 1998, Lewis dan teman-temannya Pierre De Reeder, Dave Rock dan pacarnya Blake Sennett membentuk band Rilo Kiley. (Rock kemudian digantikan oleh Jason Boesel). Dalam sebuah wawancara dengan All Songs Considered mikik NPR, Lewis mengatakan bahwa dia ingin memberi nama grup dengan Love's Way (dari band orangtuanya di Las Vegas), tapi Sennett "didn't go for it." Pada awalnya diminta untuk menyanyikan vokal latar oleh Sennett, Lewis menolak untuk bergabung dengan band kecuali dia bisa menyanyikan vokal utama.


Dimulai dengan gaya country, Rilo Kiley berubah menjadi indie rock, mendapatkan perhatian Warner Bros., yang mengontrak band untuk perilisan (melalui label cabangnya, Brute/Beaute Records) dari album 2004 mereka More Adventurous, yang memberikan kesuksesan bagi band. Kritikus seperti Pitchfork menganggap hal ini sebagai keputusan "bijaksana" untuk menonjolkan suara milik Lewis dan menghadirkan lebih dibandingkan album terdahulu. Lagu "Portions for Foxes" adalah sebuah hit. Album 2007 milik Rilo Kiley Under the Blacklight dirilis langsung oleh Warner Bros.

Pada 2011, Sennett membuat komentar yang mengindikasikan bahwa Rilo Kiley dibubarkan. Lewis menegaskan pembubaran band pada 2014.

Sebuah rangkuman dari karir milik Lewis oleh Jessica Roy pada 2016 berkomentar bahwa Lewis adalah seorang ikon gaya untuk musik yang disukai anak muda pada 2000an.

Pada 2004, Conor Oberst mengundang Lewis untuk merekam sebuah rekaman solo untuk label rekaman Team Love. Digambarkan oleh Lewis sebagai "a kind of soul record", Rabbit Fur Coat (dirilis 24 Januari 2006) menampilkan kontribusi dari Oberst, M. Ward, dan gitaris Maroon 5 James Valentine. Ben Gibbard dari Death Cab for Cutie menjadi tamu pada sebuah cover dari "Handle with Care" milik The Travelling Wilbury. The Watson Twins menyertai dalam album ini, diberi judul sebagai Jenny Lewis with the Watson Twins. Lewis melakukan tur dengan the Watson Twins untuk mendukung album tiga kali pada 2006 dan muncul dengan bandnya di Late Night Show with David Letterman, The Late Night Show with Craig Ferguson, Late Night with Conan O'Brien dan Later with Jools Holland. Mereka juga tampil di acara musik berbasis Washington, D.C. berjudul Pancake Mountain, membawakan lagu "Fernando".

Pada 2008, Lewis merilis album solo kedua, kali ini tanpa the Watson Twins, berjudul Acid Tongue.

Pada 29 Juli 2014, Lewis merilis The Voyager. Album ini dikerjakan selama 5 tahun dan adalah sebuah refleksi dari pembubaran Rilo Kiley dan kematian ayah Lewis. Perilisan album ini didahului oleh single "Just One of the Guys". Video musik untuk "Just One of the Guys" dirilis pada 15 Juli 2014 melalui GQ dan dibintangi Lewis, Anne Hathaway, Kristen Stewart, Brie Larson, dan Tennessee Thomas, mantan drumer dari The Like (kini bubar). Lewis juga menyutradarai video musik itu.

Pada 2010, Lewis membentuk duo Jenny and Johnny dengan pacarnya, musisi Johnathan Rice, dan pasangan ini merilis sebuah album berjudul I'm Having Fun Now melalui Warner Bros. Records. Pada 2015, Rice dan Lewis menulis lagu "Cold One" untuk film Ricki and the Flash.

Pada 8 Juli 2014, Lewis memulai tur "The Voyager" miliknya di Ottawa Bluesfest di Ontario, Kanada. Dia kemudian menghabiskan bulan Juli tur di AS dan merilis album The Voyager pada 29 Juli. Turnya terdiri dari banyak tempat di AS dan UK, meliputi penampilan di Newport Folk Festival, Lollapalooza, Outside Lands Music and Arts Festival, Red Rocks Amphitheatre, the 2014 iTunes Festival di London, dua penampilan di the Austin City Limits Music Festival, dan the Life Is Beautiful Festival di Las Vegas.

Pada 2002, Lewis diminta untuk berkontribusi vokal untuk The Postal Service. Lewis tampil di video untuk hit "We Will Become Silhouttes", dan melakukan tur dengan band pada 2013.

Pada 2003, Lewis berkontribusi vokal untuk lagu-lagu di album the Cursive, The Ugly Organ.

Pada 2005, Lewis berkontribusi untuk lagu amal UNICEF "Do They Know It's Hallowe'en?", bersama dengan Sennett dan Jimmy Tamborello.

Pada 2006, Lewis membuat sebuah cameo dalam Episode 25, musim 1 dari Theme Time Radio Hour milik Bob Dylan, dan enam dari lagunya (tiga dengan The Watson Twins dan tiga dengan Rilo Kiley) ditampilkan di berbagai episode dari acara itu.

Pada 2007, Lewis berkontribusi vokal untuk berbagai lagu di album milik Johnathan Rice, Further North, dan dia muncul di video musik untuk "We're All Stuck Out In The Desert (And We're Gonna Die)". Dia mengisi vokal untuk sebuah lagu di LP Dumb Luck milik Dntel.

Pada 2008, Lewis berkontribusi vokal latar untuk beberapa lagu di album Momofuku milik Elvis Costello and the Imposters.

Pada 2008, Lewis menyuarakan peran dari wakil direktur untuk Bolt milik Walt Disney dan mengisi lagu "Barking at the Moon."

Pada Maret dan April 2009, Lewis pergi ke Australia untuk pertama kali, sebagai seorang pengisi untuk V Festival, juga sebagai pengisi pendukung untuk Snow Patrol dan menampilkan satu pertunjukan solo di Sydney.

Pada 18 April 2009, Lewis tampil di Coachella Valley Music and Arts Festival di Indio, Califronia.

Pada 5 Mei 2009, Lewis tampil di The Late Night Show with Craig Ferguson.

Lewis muncul di lagu "Hard Enough", diambil dari album 2010 Flamingo oleh sesama warga Las Vegas Brandon Flowers.

Pada 2013, Lewis menciptakan musik untuk film milik Tribeca Film, Very Good Girls. Dia memberikan musik asli dan juga menampilkan musik lama dari bandnya terdahulu, Rilo Kiley, seperti lagu, "Go Ahead".

Pada 2014, Lewis berkontribusi sebuah lagu eksklusif untuk Girls milik HBO, dalam koloborasi dengan Rostam Batmanglij dari Vampire Weekend berjudul "Completely Not Me". Lagu ini tampil di penayangan perdana musim 3 "Females Only". Lagu ini adalah lagu kedua di Girls Volume Two: All Adventurous Women Do.


Pada 2016, trio Nice As Fuck yang terdiri dari Lewis, Erika Forster (dari Au Revoir Simone), dan Tennessee Thomas (dari The Like) melakukan debut di acara amal Bernie Sanders. Grup ini akan membuka di sebuah jadwal tur untuk M. Ward.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...