Laman

Minggu, 01 Februari 2015

VINNIE VINCENT


Dilahirkan dengan nama Vincent John Cusano pada 6 Agustus 1952 di Bridgepot, Connecticut, AS, anak dari Theresa (Farraro) dan Alfonso Cusano, seorang musisi. Dia mulai belajar gitar saat masih anak-anak dan terinspirasi oleh musik bluegrass dan rock n' roll. Pada 1980, Vinnie pindah ke Los Angeles, California dimana dia bekerja sebagai penulis lagu untuk serial televisi Happy Days dan Joanie Loves Chachi. Sebagian besar lagu ditulisnya dengan gitar akustik saat duduk di meja dapur Cunningham di lokasi syuting Happy Days, saat istirahat jadwal pertunjukan. Dia mengatakan bahwa saat-saat bekerja di Paramount merupakan "hari-hari yang membahagiakan". Menurut situs Kiss Related Recordings, Vinnie telah bermain dengan Dan Hartman dan menjadi anggota band-band Hunter, Warrior, Hitchhikers, dan Heat pada 1970-an.

Setelah diperkenalkan kepada Kiss oleh penulis lagu Adam Mitchell, Vinnie segera menggantikan posisi gitaris Ace Frehley. Kepribadian Vinnie dinilai baik oleh Gene Simmons dan Paul Stanley, yang langsung diberi tugas untuk bermain gitar pada enam dari sembilan lagu dan menulis 3 lagu di album Creatures Of The Night. Setelah menjalani tur Creatures Of The Night/Ulang tahun ke 10 yang mengecewakan, dan mengakhiri masa penampilan dengan memakai "make-up" (dan penggemar besar Kiss) di Maracana Stadium, Rio De Janeiro, Brasil, Vinnie kembali ke studio dengan Kiss untuk merekam album Lick It Up. Kerja Vinnie sangat produktif, mengerjakan penulisan 8 dari sepuluh lagu dalam album tersebut (terbanyak bagi seorang anggota Kiss hingga dipecahkan oleh Bruce Kulick dengan 9 lagu di album Carnival Of Souls dan 10 lagu oleh Paul Stanley di album Monster).


Walaupun berkontribusi di album Creatures Of The Night sebagai musisi pembantu sebelum menggantikan Ace Frehley, publik mengetahui bahwa Vinnie adalah gitaris resmi band dan memainkan semua gitar utama di album Lick It Up. Tapi kadang-kadang sama dengan yang terjadi pada mantan gitaris Ace Frehley, seorang 'ghost player' diminta untuk bermain pada album tersebut, dimana Rick Derringer merekam gitar solo pada lagu "Exciter". Michael James Jackson, produser album tersebut menjelaskan, "Ada beberapa hal yang mebuat Vinnie tidak dapat bermain. Sensibilitasnya sering terlalu melodik untuk gaya musik Kiss. Vinnie selalu berusaha menemukan tempatnya di Kiss, secara musikal maupun pribadi. Seperti yang saya sebutkan kami mengajak Rick Derringer untuk mengambil peran. Saat-saat seperti ini adalah saat yang sulit bagi Vinnie, tapi sikap kami semua untuk tetap menjaga kualitas rekaman akan selalu menjadi prioritas dibanding sikap yang mementingkan diri sendiri dari seseorang"!.


Walaupun band tersebut serasa telah memperbaharui sosok di panggung, semua tidak berjalan baik. Penolakan Vinnie akan kontrak membahayakan hubungan dengan Gene dan Paul. Permasalahan mengenai peran dan honornya di band (beberapa laporan mengindikasi bahwa honor Vinnie dibayar dimuka dan tidak menadapat laba bersih band), dan menolak tawaran dari Gene dan Paul, semua permasalahan dengan band ini Vinnie menolak untuk menandatangani kontrak apapun mengenai hasil kerjanya. Hal ini pada akhirnya membuat Vinnie mengambil keputusan untuk keluar dari band setelah tur "Lick It Up" di Amerika Utara.


Pada sebuah pertunjukan di bulan Maret di Quebec City, saat Kiss akan mengakhiri penampilan, tiba-tiba saja Vinnie memutuskan permainannya, meninggalkan anggota band yang lain berdiri di panggung tanpa bisa melakukan apa-apa. Setelah tur "Lick It Up" berakhir pada Maret 1984, Vinnie dipecat dari band, dan digantikan oleh Mark St. John (nama asli Mark Norton). Walaupun berpisah dengan tidak baik, Vinnie kemudian ditulis namanya sebagai penulis lagu pada album Revenge pada 1992, berkontribusi untuk lagu "Unholy", "Heart Of Chrome" dan "I Just Wanna". Sekali lagi Vinnie bermasalah dengan Gene dan Paul, saat mereka berkata bahwa Vinnie mulai lagi "meminta hal-hal gila dan berbuat yang tidak masuk akal terus menerus".



Setelah keluar dari Kiss pada 1984, Vinnie menggunakan uang yang dia dapat dari Kiss untuk berlibur panjang dan melakukan perjalanan mengunjungi tempat seperti Tahiti, Filipina, Mozambiq, India dan Eropa, termasuk mengunjungi kota kecil Mora di Dalarna, Swedia. Kemudian dia membentuk band Vinnie Vincent Invasion bersama mantan vokalis Journey Robert Fleischman di pertengahan 1980-an dan merilis 2 album. Album pertama, Vinnie Vincent Invasion, personil band terdiri dari Vinnie Vincent (gitar), Robert Fleischman (vokal), Dana Strum (bas) dan Bobby Rock (drum), dirilis pada tahun 1986. Terdapat 2 singel yang dirilis dari album ini, "Boyz Are Gonna Rock" dan "Back On The Streets". Musik video yang dibuat adalah "Boyz Are Gonna Rock". Dalam video ini bukan vokalis Robert Fleishman yang tampil tapi Mark Slaughter yang melakukan lipsinc terhadap suara Robert. Robert keluar dari band karena masalah tersebut. Lagu "Animal" menjadi soundtrack film Summer School. Band ini menjadi band pembuka untuk Alice Cooper pada 1987 sebagai media promosi album tersebut. Album ini tercantum di nomor 8 pada daftar album hard rock oleh majalah Kerrang! pada tahun 1986. Majalah tersebut juga menempatkan album tersebut di nomor 100 pada daftar 100 Greatest Heavy Metal Albums of All Time. Dalam buku Fargo Rock City, wartawan Chuck Klosterman menyebutnya sebagai the second greatest heavy metal album of the 1980's, setelah album Appetite For Destruction milik Guns N' Roses.

Pada 17 Mei tahun 1988, mereka merilis album kedua bertajuk All The Systems Go yang menampilkan vokalis Mark Slaughter yang menggantikan Robert Fleischman. Di album ini juga menampilkan vokalis dari Yngwie Malmsteen, Jeff Scott Soto, sebagai penyanyi latar.

Album All The Systems Go mencapai peringkat 64 di Billboard 200. Dua singel "Love Kills" dan "That Time Of Year" dirilis dengan video musik. "Love Kills' tampil di soundtrack film A Nightmare On Elm Street 4 : The Dream Master. MTV menyiarkan seluruh film tersebut yang menampilkan Robert Englund sebagai Freddy Krueger dan Vinnie Vincent untuk mempromosikan video musik tersebut. Lagu ketiga dari album tersebut "Ashes To Ashes" mendapatkan tanggapan yang bagus dari radio. Band ini bubar pada tahun 1989. Setelah itu, vokalis Mark Slaughter dan pemain bas Dana Strum membentuk Slaughter.

Pada 1996, Vinnie Vincent merilis EP solo yang diambil dari materi studio yang dibuat pada 1990, berjudul Euphoria, kembali dengan vokalis Robert Fleischman. Vinnie, memainkan semua gitar, bas dan drum programming dengan nama V. Meister. Andre LaBelle mengisi bagian dram tapi diganti dengan drum programming oleh Vinnie. Suara dram Andre LaBelle dapat didengar pada bootleg CD Guitarmageddon/Guitars from Hell yang menampilkan lebih 5 lagu dibandingkan EP Euphoria. Terdapat setidaknya 4 lagu lainnya dari sesi tersebut tapi hanya satu yang dapat didengarkan pada chanel Youtube Vinnie untuk menjual Guitarmageddon.


Album penghormatan berjudul Kiss My Ankh : A Tribute To Vinnie Vincent dirilis oleh SplitScreen Entertainment pada 27 Agustus 2008. Album tersebut berisi rekaman versi lagu yang baru dari Vinnie Vincent selama berkarir bersama Kiss dan Vinnie Vincent Invasion. Menampilkan artis-artis seperti Steve Brown (Trixter), Troy Patrick Farrell (White Lion), T.J. Racer (Nitro), Mike Weeks (Robert Fleischman band), Sheldon Tarsha (Adler's Appetite), Chris Caffery (Savatage/Trans-Siberian Orchestra), Ryan Roxie (Alice Cooper) dan komedian Rock N' Roll, C.C. Banana, yang membawakan parodi lagu Kiss "Unholy" (ditulis ulang oleh Ted Poley dari Danger Danger).

Pernyataan, "Hubungan saya dengan band membantu mereka kembali ke puncak dan memberi mereka kredibilitas musik yang tidak pernah peroleh sebelumnya, saya belum pernah mendapatkan pengakuan sebelumnya. Saya merasa terpenjara di sebuah kubus kecil, seperti tinggal di rumah orang lain..." (Vinnie tentang keluar dari Kiss untuk majalah Kerrang!. Black Diamond (penulis : Dale Sherman), 1997).

Sumber : Wikipedia, Metal Archives

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...