Laman

Sabtu, 07 Februari 2015

RICHIE KOTZEN


Dilahirkan dengan nama Richard Dale Kotzen, Jr pada 3 Februari 1970 di Reading, Pennsylvania, AS.  Richie Kotzen mulai bermain piano pada usia lima tahun. Pada usia tujuh tahun ia terinspirasi oleh band Kiss untuk belajar gitar listrik. Dia memulai karirnya di sebuah band bernama Arthurs Museum, yang menghasilkan album Gallery Closed (1988). Kotzen akhirnya ditemukan oleh Mike Varney-nya Shrapnel Records, dan ia merekam album solo pertamanya pada usia 19 tahun. Dia menciptakan video Rock Chops untuk Reh video pada tahun 1989, menyoroti banyak teknik formatifnya, antara lain menggunakan wide-interval dan fluid sweeping.
 
Pada tahun 1991, di usia 21, Kotzen bergabung dengan band glam-metal Poison, ikut menulis dan tampil di album Native Tongue. Album ini menghasilkan 2 single top 20 yang ikut ditulis Kotzen, "Stand" dan "Until You Suffer Some (Fire & Ice)".


Pada tahun 1994, Kotzen menjadi vokalis latar di album Rats milik Sass Jordan. Dengan gitaris Greg Howe, Kotzen menghasilkan 2 buah album dengan judul Tilt (1995) dan Project (1997).


Pada tahun 1999 Kotzen menggantikan Paul Gilbert sebagai gitaris di band Mr. Big, tampil di album mereka Get Over It. Dia juga memberikan kontribusi gitar untuk rilisan mereka berikutnya Actual Size. Rekaman ini memasukkan lagu Kotzen, Shine, yang memulai debutnya di nomor satu di tangga lagu radio Jepang. Setelah Mr. Big bubar, Kotzen merilis album solo Change, pada tahun 2003. Lagu Change dan Get a Life ditampilkan dalam iklan TV di seluruh Jepang.


Pada tahun 2002, Kotzen membeli sebuah bangunan komersial di Los Angeles dan mendirikan sebuah studio rekaman dan perusahaan produksi. Sejak itu dia telah menghasilkan album solo yang diakui dan berkolaborasi dengan berbagai tokoh di ranah rock (Gene Simmons), jazz dan fusion, termasuk legenda jazz, Stanley Clarke, dakam proyek Vertu.


Pada tahun 2005, Kotzen merilis sebuah album dengan judul Nothing to Lose dibawah nama Forty Deuce. Band ini dibentuk Kotzen (vokal & gitar) yang berisikan anggota-anggota Taka (gitar(, Ari (bass), dan Thr3e (drum).

Pada tahun 2006, Kotzen adalah aksi pembuka untuk The Rolling Stones di Jepang pada tur Bigger Bang mereka.
 
Kotzen terlibat dengan band Wilson Hawk. Band ini merilis album The Road pada tahun 2009.


Pada 2013 supergrup rock, The Winery Dogs merilis album debut self-titled mereka pada 15 Mei di Jepang dengan rilis berikutnya di seluruh dunia pada tanggal 23 Juli tahun yang sama. The Winery Dogs adalah supergup yang terdiri dari Kotzen pada gitar & vokal, bassis Billy Sheehan dan drummer Mike Portnoy (Dream Theater, Transatlantic). The Winery Dogs telah merilis album kedua mereka, Hot Streak, pada 2 Oktober 2015.


Kotzen mendeskripsikan gaya permainannya sebagai campuran rock, blues, jazz, fusion, dan musik soul. Kotzen memanfaatkan jumlah berat Legato dan sweeping dalam permainannya. Sebagai pengaruh utamanya dia menyebut Jimi Hendrix, Stevie Ray Vaughan, Eddie Van Halen, Jason Becker, yang memproduksi album pertamanya, Allan Holdsworth dan banyak pemain jazz dan fusion lain. Dalam beberapa tahun terakhir Kotzen memilih untuk berhenti menggunakan pick gitar dan sekarang bermain dengan jari-jarinya.


Pada tahun 1993, Kotzen dikeluarkan dari Poison, diduga karena perselingkuhannya dengan Deanna Eve Lindstrom, mantan tunangan dari drummer Poison Rikki Rockett. Kotzen dan Lindstrom kemudian menikah dan bercerai. Selama pernikahan mereka, dia menyanyikan vokal latar pada beberapa rekamannya. Kotzen sebelumnya menjalin hubungan dengan Diva WWE, Brie Bella.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...