Laman

Minggu, 01 Februari 2015

MARTY FRIEDMAN



Dilahirkan dengan nama Martin Adam Friedman, pada tanggal 8 Desember 1962 di Washington DC, AS , adalah seorang gitaris berkebangsaan Amerika, lebih dikenal namanya saat menjadi gitaris Megadeth pada era 90-an. Marty Friedman saat ini menetap di kota Shinjuku yang bertetangga dengan kota Tokyo, Jepang sejak tahun 2003, dimana dia menjadi pembawa acara televisi Jepang : Rock Fujiyama dan Jukebox English.

Marty Friedman belajar gitar sendiri, dan gayanya memadukan musik Asia (Cina dan jepang) dan Barat, mulai dari neo-classical, thrash metal, sampai progressive rock.


Pada usia 14 tahun, setelah menonton kionser KISS, dia mulai belajar bermain gitar secara otodidak. Dia mulai membentuk band dan mulai memainkan lagu-lagu sendiri, alasannya karena lebih mudah dimainkan dibandingkan membawakan lagu orang lain. Dia berkata “Saat kamu salah mamainkannya, kamu bisa beralasan bahwa lagu tersebut memang ditulis demikian dan tak seorangpun akan menantangmu”



Ibu dari salah seorang teman Marty mempunyai sebuah sanggar yang mempunyai 2 buah panggung, dan Marty bersama teman-temannya menggunakannya sebagai tempat latihan. Kabar dengan cepat tersebar tentang band mereka, dan saat mereka berada di tempat yang ramai, orang-orang akan berdatangan dari jauh untuk menyimak musik mereka. Latihan tersebut dengan cepat menjadi sebuah konser. Marty membentuk band dan bermain gitar di sejumlah band, seperti Deuce, Hawaii (sebelumnya bernama Vixen), dan Cacophony. Cacophony menampilkan elemen metal neo-klasik dan disinkronisasikan dengan harmoni gitar kembar antara Marty Friedman dan Jason Becker. Dia bermain gitar di album band Christian rock, Shout, yang dirilis pada tahun 1987 “It Won’t Be Long”. Pada tahun 1988, dia merekam demo untuk band Jet Red yang pada akhirnya dirilis sebagai lagu bonus pada perilisan Jet Red tahun 2009 “Flight Plan”. Pada bulan Agustus 1988, dia merilis album solo perdana, Dragon’s Kiss.



Saat Cacophony bubar pada tahun 1989, Marty diaudisi oleh Megadeth setelah mendapat telepon dari teman sesame gitaris Jeff Loomis. Pada awalnya dia ditolak oleh pentolan Megadeth Dave Mustaine karena mempunyai warna rambut yang beragam. Akan tetapi, setelah melalui apa yang disebut oleh Dave Mustaine sebagai “Rock School 101”, Marty secara resmi bergabung dengan Megadeth pada bulan Februari 1990. Saat audisi tersebut dapat dilihat di DVD Megadeth “Arsenal Of Megadeth. Album pertama yang direkam Marty bersama Megadeth adalah ‘Rust In Peace’ yang dirilis pada tanggal 24 September 1990. Album tersebut memperoleh sertifikat platinum oleh RIAA pada tahun 1994 dan dinominasikan dalam Grammy Awards ke 33 untuk kategori ‘Best metal Performance’. Marty membangun gaya permainannya lebih jauh dengan gaya solo gitar eksotis saat masih bermain dengan Cacophony, dan menggabungkannya dengan musik Megadeth. Pada bulan Juli 1992, Megadeth merilis ‘Countdown To Extinction’ album yang lebih komersial, memperoleh penggemar yang lebih luas, dan mendapatkan platinum ganda. Marty bermain di rilisan Megadeth selanjutnya Youthanasia (1994), Cryptic Wrintings (1997), dan Risk (1999). Setelah secara keseluruhan merekam 5 album bersama Megadeth, pada bulan Desember 1999 Marty mengumumkan pengunduran dirinya dari Megadeth. Penampilan terakhir Marty bersama Megadeth adalah pada tanggal 14 Januari 2000. Marty kemudian menyatakan bahwa dia lelah memainkan musik metal dan merasa bahwa dia tidak dapat terlibat lebih jauh sebagai seorang musisi. Dalam sebuah wawancara dengan Ultimate-Guitar.com pada bulan Maret 2007, Marty mengatakan bahwa dia ingin Megadeth mempunyai musik yang lebih agresif. Selama Marty bersama Megadeth, mereka telah menjual sebanyak lebih dari 10 juta album di seluruh dunia.



Selama Marty Friedman di Megadeth, dia telah merilis 3 album solo yakni Scenes (1992) yang diproduseri oleh Kitaro, Introduction (1994) dan True Obsessions (1996), yang menampilkan rekan 1 band di Megadeth, Nick Menza pada dram.


Pada tahun 2002 Marty Friedman merilis album solo yang ke lima yakni "Music For Speeding", dengan lagu-lagu seprti 'Gimme A Dose', 'Fuel Injection Stingray', 'Ripped', dan sepuluh lagu lainnya.


Pada tahun 2006 Marty Friedman merilis album ke enam yang diberi judul "Loudspeaker". Di album ini terdapat beberapa bintang tamu seperti Steve Vai di lagu 'Viper', John Petrucci di lagu 'BlackOrchid', kibordis Jens Johansson di lagu 'Glycerin Flesh', Billy Sheehan di lagu 'Elixir' dan 'Paradise Express'.


Pada tahun 2008 dia merilis album ke tujuh yang diberi judul 'Future Addict' yang dibantu oleh Billy Sheehan dan gitaris Jeff Loomis. Di album ini Marty Friedman merekam lagu-lagu semasa dia di Deuce, Megadeth dan Cacophony.


Pada tanggal 20 Mei 2009 Marty Friedman merilis album yang ke delapan berjudul "Tokyo Jukebox" lagu-lagu pop Jepang yang dibawakan ulang secara lebih ngerock. Seperti Gift (Mr. Children), Amagigoe (Sayuri Ishikawa), Yuki No Hana (Mika Nakashima) dan lain-lain.


Pada tanggal 25 Agustus 2010, kembali dia merilis album solo ke sembilan berjudul "Bad D.N.A" dengan lagu-lagu seperti Specimen, Bad D.N.A., Hatejoke dan lain-lain.


Pada bulan Februari 2010, selama tur Jepang CJ Ramone, dia muncul sebagai bintang tamu untuk salah satu lagu The Ramones “California Sun”.



Tanggal 14 September 2011, album "Tokyo Jukebox 2" dirilis sebagai album ke sepuluh Marty Friedman. Lagu-lagu di album ini antara lain; Yeah! Meccha Holiday (Aya Matsuura), Ai Takatta (AKB48), Little Braver (Girls Dead Monster). Di album ini ada sumbangan solo gitar dari gitaris Steve Lukather (Toto) pada lagu milik Kyu Sakamoto 'Sukiyaki'.


Pada tahun 2011, Marty Friedman berkolaborasi dengan grup Idol Jepang, Momoiro Clover Z, mengisi gitar pada lagu “MoretsuUchu Kokyokyou Dai 7 Gakusho “Mugen no Ai””, yang menjadi lagu hit pada tahun 2012. Pada tahun 2011 juga, dia bekerja sama dengan ‘Ayanocozey Show’ untuk membuat lagu ‘Samurai Strong Style’ tema untuk film Tokusatsu : Kamen Rider x Kamen Rider Fourze & OOO : Movie War Mega Max. Tema film tersebut adalah “In Winter 2011, Movie War Will Evolve”. Marty Friedman pernah bekerjasama sebelumnya dengan Ayanocozey saat mereka bergabung di supergroup promosi Jepang FANTA, merilis sebuah single pada tahun 2010 “Fantastic Love”. Huruf F untuk Friedman di FANTA, Ayanocozey (bas) diwakili huruf A, N untuk Nana (vokalis), T untuk Takamiy (gitar) dan A untuk Akebono (drums).



Dia telah melakukan tur untuk original soundtrack ‘The Bravely Default” pada tahun 2013, termasuk melakukan konser di Budokan. Dalam masa tur tersebut, dia juga merilis album baru “Inferno” yang saat ini sudah melakukan promosi dengan melakukan tur ke Eropa yang meliputi Norwegia, Polandia, Belanda dan Jerman. Marty Friedman juga melakukan rekaman dengan Daniel Tompkins dari band Tesseract di band Daniel Tompkins yang lain, Skyharbor, di album debut, Blinding White Noise.

Marty Friedman juga merupakan salah seorang anggota grup musik Jepang, Sound Horizon, yang telah berkontribusi untuk soundtrack beraneka anime dan game. Dia juga membuat sebuah label rekaman dibawah bendera Avex Group, Gokukara Records


Marty Friedman muncul di televisi Jepang dan juga berkontribusi sebagai kolumnis di majalah musik dan koran nasional Jepang. Berbahasa dalam bahasa Jepang, dia menjadi anggota regular di acara musical televise di TXN ‘Hebimeta-san’ (dibaca dalam bahasa Inggris “Mr. Heavy-Metal”) bersama dengan idola Jepang Yoko Kumada hingga acara tersebut berakhir pada akhir tahun 2005. Dia juga mempunyai acara televisi sendiri bernama ‘Rock Fujiyama’ bersama dengan Shelly, Ken Ayugai (Kenny Guy), Yorimasa Hisatake (Rock Ninja Yorimasa) dan mantan anggota Scanch, Rolly Teranishi dari bulan April 2006 hingga bulan Maret 2007. Pada bulan Nopember-Desember 2005 dia melakukan tur dengan penyanyi Ami Suzuki pada tur “Suzuki Ami Around The World”, yang bertempat di Tokyo, Osaka dan Nagoya. Marty Friedman juga tampil di Jukebox, sebuah acara televisi dimana Marty bersama 2 orang Jepang mengartikan lagu-lagu berbahasa Inggris yang beragam ke dalam bahasa Jepang yang mudah dimengerti. Dia juga menjadi bintang tamu di acara televise ‘Eigo de Shabera Night’ dan ‘Tamori Club’. Pada tahun 2008 Marty Friedman berperan sebagai Paul Weinberg, seorang guru bahasa Inggris, di ‘Gou-Gou Datte Neko de Aru’ di acara Isshin Inudou. Pada tahun 2009, dia tampil di ‘The Quiz Show’, sebuah drama televisi yang dibintangi oleh Sho Sakurai sebagai professor tamu. Pada tanggal 4 Januari 2014, Marty Friedman ambil bagian di acara ‘New Japan Pro Wrestling’s Wrestle Kingdom 8 in Tokyo Dome’, memainkan peran Hiroshi Tanahashi yang menuju arena.



Setelah gempa bumi dan tsunami pada tahun 2011, Marty mengadakan lelang berbagai jenis peralatan musiknya saat masih menjadi gitaris Megadeth, termasuk produksi awal Jackson Kelly.


Pada akhir tahun 2012, sebuah album penuh berisi musik heavy metal dari lagu Momoiro Clover Z juga dirilis oleh sebuah band bernama “Metal Clone X”. Di band ini Marty Friedman bertindak selaku produser, penata musik dan gitaris, juga ada Freddy Lim anggota band asal Taiwan, Chthonic. Pada bulan Desember juga, Marty Melangsungkan pernikahannya dengan dengan seorang pemain celo Jepang di gedung balai kota saat hari ulang tahunnya.



Pada tahun 2013 Marty Friedman merilis pustaka tentang teknik bergitarnya yang pertama di ‘LoopArtists’. 


Tanggal 27 Mei 2014, Marty meluncurkan album solo yang ke sebelas "Inferno" melalui label 'Prosthetic Records' (di Jepang lewat Universal Records). Album terdapat beberapa bintang tamu seperti Alexi Laiho (Children Of Bodom) berduet gitar dan vokal pada lagu 'Lycanthrope', kibordis Jens Johannson (eks Yngwie Malmsteen, Stratovarius) pada lagu 'undertow', duet gitaris Rodrigo y Gabriela pada lagu 'Wicked Panacea', pemain drum Gregg Bissonette dan pemain bas fretless Tony Franklin pada lagu 'Undertow', juga terdapat sumbangan lagu dari Jason Becker yang berjudul 'Horrors'. Album ini terjual sejumlah 2.100 keping pada minggu pertama penjualannya dan berada di peringkat 186 pada Billboard 200.


Pada tahun 2014 Marty Friedman berkolaborasi kembali dengan Momoiro Clover Z, mengisi gitar pada single ‘Moon Pride’. Lagu tersebut juga dipergunakan sebagai lagu tema pembuka seri televisi ‘Sailor Moon Crystal’, yang ditayangkan di bulan Juli tahun tersebut.


Gitar yang dipergunakan Marty Friedman antara lain :

  • Paul Reed Smith Singlecut dan Tremonti model guitars
  • Carvin Guitars, terutama model V220M (Cacophony dan album pertama "Dragon's   Kiss")
  • Jackson Guitars (berhenti memakainya pada tahun 2000 saat Fender membeli Jackson)
  • Jackson Kelly (dia membuat model ini terkenal dan punya gitar signature KE1 model)
  • Ibanez Guitars (punya model Signature yang tersedia di Jepang)
  • Ibanez Marty Friedman Model (Ibanez MFM-1, terutama model SZ dengan gambar bintang di frets dan body)
  • Gretsch Chet Atkins
  • Fender Stratocaster
  • Dean Guitar
  • Ibanez Iceman
  • Ovation (beragam model) acoustic guitars
  • Gibson Les Paul Custom Shop with ebony fretboard
  • PRS SE signature model guitar
  • Seymour Duncan/Ibanez pickups
  • Fender Precision bass


Amps and effects

  • Fractal Audio Axe-FX II processor (sekarang)
  • Engl Special Edition (sekarang)
  • Engl Powerball (2011 tour)
  • Custom Audio Electronics CAE 3+ preamp ( Countdown, Youthanasia, albums and tours)(former)
  • Soldano SLO-100- custom rackmount with slave out and effects loop circa 1992, used in studio for both guitar and bass tracks
  • Bogner Triple Giant #11/25 ( Rust in Peace) album and tour (former)
  • Rocktron/ Bradshaw RSB 11 controller
  • Crate Blue Voodoo (as power amp, former)
  • VHT 2150 power amp (former)
  • Maxon AF-9 Auto Wah

Strings and Picks



·         D'Addario 010-.046  and .10 - .52 gauge strings

·         Pickboy Picks

·         Dunlop Tortex picks



Diskografi


Vixen

  • Made In Hawaii (EP) (1983)

Hawaii

  • One Nation Underground (1983)
  • Loud, Wild And Heavy (EP) (1984)
  • The Natives Are Restless (1985)

Aloha


·         Aloha/Demo (Demo) (1982)


Cacophony

  • Speed Metal Symphony (1987)
  • Go Off! (1988)

Deuce


·         Deuce (1997)


Megadeth

  • Rust in Peace (1990)
  • Countdown to Extinction (1992)
  • Youthanasia (1994)
  • Hidden Treasures (1995)
  • Cryptic Writings (1997)
  • Risk (1999)

Metal Clone X


·         Metal Clone X (2012)

·         Louder Than Your Mother (2014)


Rock Fujiyama Band


·         Rock Fujiyama (2007)


solo

  • Dragon's Kiss (1988)
  • Scenes (1992)
  • Introduction (1995)
  • True Obsessions (1996)
  • Music For Speeding (2003)
  • Loudspeaker (2006)
  • Exhibit A : Live In Europe (2007) (Live Album)
  • Exhibit B : Live In Japan (2007) (Video)
  • Future Addict (2008)
  • Tokyo Jukebox (2009)
  • Bad D.N.A. (2010)
  • Tokyo Jukebox 2 (2011)
  • Inferno (2014)

Bintang Tamu :


1987 - Shout "It Won't Be Long"

1988 - Jason Becker "Perpetual Burn" (on 'Temple Of The Absurd','Eleven Blue                      Egyptians','Dweller In The Cellar')

1991 - Jet Red "Flight Plan" (on 'Take It Down','Lonely','Let It Roll')

1993 - Phantom Blue "Built To Perform" (on 'A Little Evil')

1999 - Jason Becker "The Raspberry Jams" (on 'Black Stallion Jam')

2002 - Animetal "Animetal Lady Marathon II" (on 'wakakusa no Charlotte')

2002 - Explorers Club "Raising The Mammoth"

2003 - Ken Tamplin "Wake The Nations" (on '7 Eleven People' duet dengan Reb Beach)

2003 - Tourniquet "Where Moth And Rust Destroy"

2004 - Angelina "Muse" (on 'Babybabyboo')

2004 - Gitar Klinik 2 (on 'Innerfire Symphony' by Mayzan)

2004 - Spastic Ink "Ink Compatible"

2005 - Firewind "Forged By Fire" (on 'Feast Of The Savages')

2005 - Fozzy "All That Remains" (on 'Born Of Anger')

2005 - Nanase Aikawa 'R.U.O.K.???' Single

2006 - Masaki Project "Universal Syndicate" (on 'Chaos Of Beauty')

2007 - Age Of Evil "Living In A Sick Dream" (on 'Living In A Sick Dream)

2007 - Kotoko "Maria-sama ga Miteru" (on 'Kirei na Senritsu')

2007 - Mitsuhiko Izumi (on 'Model DD 8')

2007 - Nana Kitade "Berry Berry Singles" (on 'Tsubureta Berry','Kesenai Tsumi','Love Your   Money' (Daisy Chainsaw cover)

2008 - Jason Becker "Collection" (on 'River Of Longing (Reprise)', duet with Steve Vai)

2008 - Nami Tamaki "Don't Stay" (on 'Hitchhiker')

2008 - Ruby Gloom single

2010 - Fanta 'Fantastic Love' single

2010 - Sonic And The Black Knight Final Boss Theme 'With Me'

2010 - Sound Horizon "Marchen"

2010 - Takamiy "Fantasia" (on 'エデンの君')

2011 - Ayanocozey Show 'Samurai Strong Style' Single

2012 - Eric Martin "Mr. Rock Vocalist" (on 'I For You')

2012 - Jeff Loomis "Plains Of Oblivion" (on 'Mercurial')

2012 - Momoiro Clover Z "5th Dimension" (on 'Mōretsu Uchū Kōkyōkyoku Dai 7 Gakushō         "Mugen no Ai')

2012 - Skyharbor "Blinding White Noise : Illusion & Chaos"

2012 - Takayoshi Ohmura "Devils In The Dark" (on 'Never Surrender')

2012 - Tourniquet "Antiseptic Bloodbath" (on 'The Maiden Who Slept In The Glass Coffin')

2012 - Yossi Yassi "Melting Clocks" (on 'The Routine')

2013 - Steve Hunter "The Manhattan Blues Project" (on 'Twilight In Harlem' duet with Joe       Satriani)

2014 - Stephan Forte "Enigma Opera Black" (on 'Zeta Nemesis')

2014 - Momoiro Clover Z "Sailor Moon Crystal Op : Moon Pride" single

2014 - Tourniquet "Onward To Freedom" (on 'Stereotaxic Atrocities')

2014 - Yossi Yassi "Desert Butterflies" (on 'Orient Sun')



Tibute Albums :



1997 - Dragon Attack : A Tribute To Queen (on 'Sheer Heart Attack')

2001 - Stone Cold Queen : A Tribute To Queen (on 'Play The Game')

2001 - Warmth In The Wilderness : A Tribute To Jason Becker (on 'Black Stalion Jam')

2003 - Mr. Big-Influences & Connections Volume One (on 'Colorado Bulldog' with Joe Lynn     Turner)

2007 - Luna Sea Memorial Cover Album-Rebirth (on 'Shine')



Produser :


1987 - Apocrypha "The Forgotten Scroll"

1987 - Cacophony "Speed Metal Symphony"

1988 - Apocrypha "The Eyes Of Time"

1988 - Cacophony "Go Off!"

1988 - Jason Becker "Perpetual Burn"

1988 - Marty Friedman "Dragon's Kiss"

1992 - Marty Friedman "Scenes"

1994 - Marty Friedman "Introduction"

1996 - Marty Friedman "True Obsessions"

2002 - Marty Friedman "Music For Speeding"

2006 - Marty Friedman "Loudspeaker"

2007 - Marty Friedman " Exhibit A: Live in Europe (Live album)"

2009 - Marty Friedman "Tokyo Jukebox"

2010 - Marty Friedman "Bad D.N.A."

2011 - Marty Friedman "Tokyo Jukebox 2"

2012 - Animetal USA

2012 - Metal Clone X "Metal Clone X"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...