Laman

Sabtu, 07 Februari 2015

PAUL SAMWELL-SMITH



Paul Samwell-Smith (lahir dengan nama Paul Smith, pada tanggal 8 Mei 1943, di Richmond, Surrey), lebih dikenal sebagai pendiri dan pemain bas dari band Inggris 1960-an, The Yardbirds, sebuah band yang melambungkan nama-nama musisi seperti Jeff Beck, Eric Clapton, dan Jimmy Page. Saat masih muda, Paul bersekolah di Hampton School bersama pemain dram The Yardbirds, Jim McCarthy.


Pada akhir bulan Mei 1963, dia membentuk The Yardbirds bersama vokalis Keith Relf, gitaris Anthony Topham, ritem gitaris Chris Dreja, dan pemain dram Jim McCarthy. Bas utama Paul adalah Epiphone Rivoli. Dia bermain pada album versi Inggris, Five Live Yardbirds dan Yardbirds (juga dikenal dengan judul Roger The Engineer) dan pad album versi AS, For Your Love, Having A Rave Up, dan Over Under Sideways Down (yang diberi judul ulang "Roger The Engineer"), semua dirilis lewat Epic Records. Dia berperan sebagai vokal latar pada lgu-lagu seperti "Good Morning Little School Girl", "For Your Love", "Heart Full Of Soul", "Evil Hearted You", dan lain-lain. Saat bersama The Yardbirds dia sudah mulai bekerja sebagai tenaga teknis dalam studio. Pada tahun 1966, dia berkata bahwa dia lelah karena melakukan tur dan peduli tentang ketergantungan Keith Relf pada alkohol dan keluar dari Yardbirds; dia digantikan oleh Jimmy Page (ya, Jimmy Page awalnya bermain bas di Yardbirds). Album terakhir Paul bersama yardbirds adalah Yardbirds (Roger The Engineer).


Saat berada di The Yardbirds, dia memproduksi dan merekam sebagian besar musik band tersebut, bekerja sama dengan produser-produser rekaman seperti Mickie Most (produser untuk musisi seperti : the Animals, Herman's hermits, the Nashville Teens, Donovan, Lulu, Suzi Quatro, Hot Chocilate, Arrows, Racey, dan Jeff Beck Group), Simon Napier-Bell (produser untuk para musisi seperti : John's Children, Marc Bolan, Japan, London, Asia, Ultravox, Boney M, Sinitta, Wham!, Blue Mercedes, Alsou dan Candi Staton) dan Giorgio Gomelsky (produser untuk para musisi seperti : Rolling Stones, The Paramount, Magma, Blossom Toes, Julie Driscoll, Gong, Soft Machine, Material). Dia keluar dari The Yardbirds pada bulan Juni 1966 untuk mengejar karir sebagai produser musik.


Pada awal tahun 1980-an, Paul tampil bersama reuni band Yardbirds, Box Of Frogs, dengan anggot asli Chris Dreja dan Jim McCarthy. Box Of Frogs tidak melakukan tur karena Chris Dreja sibuk dengan pekerjaan fotografinya dan Paul sibuk dalam studio rekaman.

Nama Paul tercatat ke dalam Rock N' Roll Hall Of Fame sebagai anggota Yardbirds pada tahun 1992.


Paul sukses berkarir sebagai produser rekaman dan sukses dengan album-album dari Cat Stevens, Jethro Tull, Carly Simon, Renaisaance, Murray Head, Chris De Burgh, Beverley Craven, Illusion dan Claire Hamill, juga menjadi produser dua album dari Amazing Blondel untuk Island Records, dan album pertama dan kedua dari All About Eve untuk Mercury Records. Paul juga menjadi produser bersama Paul Simon untuk lagu "American Tune".


Paul adalah merupakan penata musik untuk film Harold and maude (sebuah film komedi gelap romantis yang dibintagi oleh Ruth Gordon dan Bud Cort) pada tahun 1971, dengan musik yang ditulis oleh Cat Stevens, menjadi musik film yang terkenal. Pada dua dekade berikutnya, dia memproduksi Postcards From The Edge (film drama komedi yang dibintangi oleh Meryl Streep, Shirley McLaine dan Dennis Quaid, naskah oleh Carrie Fisher-pemeran putri Leia di trilogi Star Wars) pada tahun 1990, sebagai penata dan pimpinan rekaman.

Pemain bas yang terpengaruh oleh Paul Samwell-Smith adalah Billy Sheehan, Steve Harris, Jeff Pilson, Jimmy Bain.

Diskografi

Box Of Frogs
·         Box Of Frogs (1984)
·         Strange Land (1986)

Produser :

Cat Stevens
Jethro Tull
·         1982 : The Broadsword And the Beast 

Carly Simon
·         1971 : Anticipation

Renaissance
·         1969 : Renaissance

Murray Head
·         1975 : Say It Ain't So
·         1981 : Voices

Chris De Burgh
·         1977 : At the End of a Perfect Day

Beverley Craven
·         1990 : Beverley Craven
·         1993 : Love Scenes

Illusion
·         1977 : Out Of The Mist
·         1978 : Illusion

Claire Hamill
·         1973 : October

Amazing Blondel
·         1970 : Evensong
·         1971 : Fantasia Lindum

All About Eve
·         1988 : All About Eve
·         1989 : Scarlet And Other Stories

Paul Simon
·         1973 : There Goes Rhymin' Simon (on "American Tune")

 Sumber : Wikipedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...