Laman

Sabtu, 07 Februari 2015

ROOPE LATVALA



Bernama lengkap Roope Juhani Latvala dilahirkan pada tanggal 25 Juni 1970 di kota Helsinki, Finlandia adalah gitaris berkebangsaan Finlandia mantan anggota band Children Of Bodom dan Sinergy. Dia adalah salah seorang pendiri Stone, yang merupakan salah satu band yang diperhitungkan di sejarah musik heavy metal Finlandia.



Pada usia 15 tahun, dia membentuk band Stone bersama dengan Janne Joutsenniemi. Aliran musik band tersebut awalnya adalah heavy metal, tetapi mereka berubah ke alur yang lebih cepat dan lebih agresif, yang merupakan kunci bagi mereka untuk menerima pengakuan khalayak. Pada tahun 1991, band tersebut bubar, dengan meninggalkan 4 buah album studio,1 album live dan 1 album kompilasi. Roope adalah pengaruh utama dari banyak gitaris Finlandia, terutama bagi Alexi Laiho (Children Of Bodom).


Setelah bubarnya Stone, dia merilis band instrumental dengan adiknya, bernama Latvala Bros. Kemudian dia bermain bersama Dementia selama setahun. Pada tahun 1995 dia bergabung dengan Waltari setelah gitaris Sami Yli-Sirnio keluar dari band. Mereka bermain bersama selama enam tahun sebelum Roope memutuskan untuk keluar dari band.

Dia bergabung dengan Sinergy setelah vokalis Kimberly Goss pindah dari Swedia ke Finlandia dan harus membentuk kembali band; dia beranggapan peran itu milik Jesper Stormblad (In Flames).

Selama rentang karirnya, Roope banyak mempunyai proyek sampingan dan bermain sebagai musisi tamu di banyak band, antara lain : Warmen, Nomicon, Pornonorsu, Jailbreakers, Gloomy Grim, Amon Amarth, Children Of Bodom, dan Soulgrind. Pada saat bersamaan dia membuat komposisi musik untuk film.

Saat gitaris Alexander Kuoppala meninggalkan Children Of Bodom pada tahun 2003 di pertengahan tur mereka, anggota band dipaksa untuk mencari seorang gitaris baru dalam jangka waktu satu bulan, saat show mereka yang berikut . Gitaris baru diperlukan untuk dapat mempelajari sebanyak 20 lagu untuk dimainkan secara live. Alexi Laiho berniat untuk merekrut Kai R. Nergard dari band heavy metal asal Norwegia, Griffin, tapi Kai menolak. Dengan waktu yang tersisa, Roope mengontak Alexi dan menanyakan jika Children Of Bodom perlu bantuan seoramg gitaris untuk tur. Alexi setuju karena Roope akan menjadi pemain sementara dan karena dia satu-satunya gitaris yang punya kemampuan cukup untuk mempelajari lagu-lagu dengan akurasi yang tepat untuk menggantikan Alexander, yang telah menjadi gitaris band tersebut selama 10 tahun.


Roope bermain sukses di konser Moskow pada tanggal 16 Agustus. Walaupun pada awalnya direncanakan hanya sebagai anggota sementara, dia tetap bersama band dan merekam Trashed, Lost & Strungout EP. Dia terus bermain bersama mereka dan juga merekam album sukses “Are You Dead Yet?”. Dan menjadi anggota tetap Children of Bodom. Roope memainkan solo gitar kembar di album Children Of Bodom, “Are You Dead Yet?”, walaupun kebanyakan orang tahu bahwa Alexi Laiho yang memainkan semua solo gitar di album tersebut.


Saat bergabung dengan Children Of Bodom, Roope punya kontrak dengan ESP Guitars, yang juga mendukung Alexi Laiho dan pemain bas Henkka Seppala. Sebelumnya dia menggunakan Jackson Guitars secara ekskusif (Roope dapat dilihat menggunakan T-shirt Jackson yang bertuliskan Get The Best, Fuck The Rest), dan hal tersebut wajar baginya untuk menggunakan gitar Jackson yang lama saat tampil live.


Ada desas-desus yang mengatakan bahwa dia akan bertukar tempat dengan Jesper Stromblad dari band melodic death metal In Flames, tapi dia menyangkalnya dengan mengatakan bahwa dia belum pernah mendengar apapun tentang hal tersebut, dan menambahkan “Saya berkata bahwa saya suka Dark Tranquillity dan In Flames. Tapi seseorang salah mengerti tentang saya dan menulis hal-hal bodoh di sebuah majalah metal. Maka kami bersama dengan teman tercinta kami Alexi Laiho dan seluruh awak band”.

Pada akhir bulan Mei 2015, Roope Latvala bukan lagi menjadi anggota Children of Bodom, dan Bodom akan melakukan rekaman album berikut hanya dengan 4 orang anggota.

Di laman MySpace Latvala Bros., disebutkan bahwa Roope menggunakan plectrum metal. Roope memainkan gitar ESP Random Star miliknya di panggung dan di studio, dan masih juga, dalam beberapa tampilan, menggunakan Jackson RR lamanya. Gitar-gitar tersebut menjadi gitar yang paling terkenal diantara gitaris Finlandia, dan Roope adalah sebuah alat untuk membuat Jackson Guitars sebagai merk gitar yang tinggi penjualannya di Finlandia.
ESP Guitar merilis pada awal tahun 2008 sebuah gitar signature LTD Roope Latvala. Gitar yang mewah, berbentuk bintang, neck kayu maple neck-through dengan fretboard kayu ebony, inlay bergambar salib dan headstock keatas (reverse). Terdapat bridge Original Floyd Rose, Grover tuner, EMG HZ H-2 bridge pick-up dengan control suara tunggal. Signature gitar ini berlanjut di Amerika Utara pada tahun 2011. ESP memproduksi gitar ESP Roope Latvala sesuai dengan signature yang ada di Jepang. 

Diskografi

Band Aktif :

Children Of Bodom (2003-Sekarang)
2005 - Are You Dead Yet? (Rhythm Guitars, Songwritter "Bastards Of Bodom")
2008 - Blooddrunk (Rhythm Guitars)
2011 - Relentless Reckless Forever (Rhythm Guitars)
2013 - Halo Of Blood (Rhythm Guitars)

Stone (1985-1991, 1999, 2000, 2008, 2012-Sekarang)
1988 - Stone (Guitars & Cover art)
1989 - No Anesthesia! (Guitars)
1990 - Colours (Guitars)
1991 - Emotional Playground (Guitars)

Band Lampau :

Dementia
1995 - Dementia (Guitars)

Evince (Guitars)

Latvala Bros
1994 - Plays Wooden Eye (Bass, Guitars, Komposisi, Cover Art, Fotografi)

Nomicon
1997 - Yellow (Guitars)
2001 - Halla (Lead Guitars)

Sinergy
2000 - To Hell And Back (Guitars)
2002 - Suicide By My Side (Guitars)

Walhalla
2000 - Firereich (Guitars)
Waltari
1996 - Yeah! Yeah! Die! Die! - Death Metal Symphony in Deep C (Guitars)
1997 - Space Avenue (Guitars)
1999 - Radium Round (Guitars)
2000 - Channel Nordica (Guitars & Asistant Engineers)

Bintang Tamu :

Amon Amarth
2008 - Twilight Of The Thundergod (Lead Guitars on "Twilight Of The Thundergod")

Divine Decay
2001 - Songs Of The Damned (Lead Guitars on "Hollow" and "Genocide")

Evince
2009 - Abandon Believe (Guitar Solos (on three songs)

Gloomy Grim
1998 - Blood, Monsters, Darkness
2001 - Grim Fate (Single) (Lead Guitars on "Black Funeral" (Mercyful Fate cover))

Kyyria
1995 - Blessing Ravings (Lead Guitars on "Winter Winds")

Sentiment
2009 - From Here To Ever After (Guitars)

Shaman
1999 - Idja (Additional Guitars & Produser)

Soulgrind
1995 - LADIT A.D. 1999 : BIHTTPOTB (Acoustic Guitars)
2002 - Into The Dark Vales Of Death (Lead Guitars)
2005 - The Origins Of the Paganblood (Lead Guitars)
2010 - The Tuoni Pathway (Guitars Solo on "Rain Before The Dawen" dan "Farewell To Misery")

Thunderstone
2005 - Tools Of Destrction (Guitar Solo on "Welcome To The Real")

Warmen
2000 - Unknown Soldier (Guitars)

Kompilasi
2007 - Guitar Heroes (on "Soap On The Roope")

Sumber : Wikipedia & Metal Archives

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...