Laman

Minggu, 08 Februari 2015

ANDY SNEAP "The Producer"


Lahir dengan nama Andrew Ian Sneap pada 18 Juli 1969 di Belper, Derbyshire, Inggris adalah seorang produser rekaman, penata rekaman, mixer, gitaris dan penulis lagu. Dia lebih dikenal sebagai produser dan penata musik untuk band-band heavy metal. Andy Sneap kini lebih dikenal sebagai gitaris dari band heavy metal HELL dan progressive metal THE SCINTILLA PROJECT. Dia adalah asalah satu produser musik yang paling aktif dan sukses di genre musik metal dan sudah bekerja dengan band-band seperti Accept, Saxon, Opeth, Amon Amarth, Arch Enemy, Exodus, Megadeth, Kataklysm, Kreator, Nevermore dan Testament.


Dia mendapatkan gitar dan amplifier pertamanya dari orangtuanya pada usia 12 tahun sebagai hadiah Natal. Dia mulai belajar gitar dengan anggota pendiri Hell, Dave Halliday, yang memiliki pengaruh besar pada Andy dan meninggalkannya semua hak pada semua lagu dan perlengkapannya, dalam wasiatnya setelah kematiannya. Andy bergabung dengan band heavy metal Inggris bernama Hydra sebagai gitaris kedua saat dia berusia 15 tahun. Tapi dua minggu kemudian, gitaris dan drumer asli keluar, Simon Negus bergabung dengan mereka dan nama band berubah menjadi Sabbat.



Dari tahun 1985 hingga 1991 Andy Sneap adalah gitaris Sabbat dan menghasilkan 3 album dan memproduseri 2 diantara dari 3 album tersebut. Setelah Sabbat bubar dia membentuk band thrash metal Godsend, yang bertahan 2 tahun karena kurang sukses. Dari tahun 2001 hingga 2002 dia menjadi gitaris FOZZY (yang terdiri dari pegulat WWE Chris Jericho dan Rich Ward, dari band Stuck Mojo). Sejak Sabbat reuni tahun 2006, dia kembali menjadi gitaris band tersebut dan sejak tahun 2008 dia juga menjadi gitaris HELL, dimana album mereka yang berjudul "Human Remains" mencapai nomor 46 di tangga lagu Jerman pada tahun 2011.


Andy Sneap menerima Grammy Swedia atas karyanya pada album band OPETH yang berjudul "Deliverance", juga mendapat nominasi Grammy AS atas hasil kerjanya pada album band KILLSWITCH ENGAGE yang berjudul "The End Of Heartache", singel "Sudden Death" dari album Megadeth yang berjudul Endgame. Dia juga menjadi produser album band asal Jerman ACCEPT yang bertitel "Stalingrad" dan "Blind Rage".


Andy Sneap mempunyai studio pribadi yang telah dia bangun sejak 1994 yang bernama "Backstage Studios" yang terletak di kampung halamannya yakni Derbyshire.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...