Laman

Jumat, 04 November 2016

STEVEN WILSON




Dilahirkan dengan nama Steven John Wilson pada 3 November 1967 di Kingston upon Thames, London, Inggris. Mulai usia 6 tahun dia tumbuh di Hemel Hempsted, Hertfordshire, dimana dia menemukan minatnya dalam musik sekitar usia 8 tahun. Menurut Wilson, kecintaannya akan musik mulai di suatu Natal saat orangtuanya saling membeli hadiah dalam bentuk LP. Ayah dan ibunya menerima The Dark Side of the Moon milik Pink Floyd dan Love to Love You Baby dari Donna Summer. Steven muda menghabiskan sebagian masa kecilnya dengan mendengarkan album-album ini sesering mungkin.

Saat masih anak-anak, Steven dipaksa untuk belajar gitar, tapi dia tidak menikmatinya; orangtuanya kemudian tidak membiayai less-nya lagi. Namun, pada usia 11 tahun Wilson menemukan sebuah gitar nilon dari loteng rumahnya dan mulai berkeksperimen dengannya. Pada usia 12 tahun, ayahnya, yang merupakan insinyur elektronik, membuatkannya mesin rekamannya yang pertama dan sebuah vocoder maka dia bisa memulai eksperimen dengan studio rekaman.


Wilson mulai berkeksperimen dengan musik saat masih remaja, dengan cara membentuk band dengan teman-temannya dari sekolah dan manggung. Namun, aktifitas yang membuatnya puas adalah saat melakukan eksperimen dengan sound dan memproduksi rekaman. Antara tahun 1983 dan 1986 dia mulai merekam materi untuk dirilis. Beberapa rekaman itu dimunculkan seiring dengan popularitas Porcupine Tree.


Sala satu dari proyek ini adalah duo psychedelic Altamont (menampilkan Wilson yang berusia 15 tahun bekerja dengan pemain synth/electronic Simon Vockings). Album satu-satunya milik mereka, Praer for the Soul, menampilkan lirik oleh Alan Duffy yang akan mengerjakan dua buah lagu Wilson yang akan menjadi milik Porcupine Tree. Pada saat bersamaan dia juga di band progressive rock remaja bernama Karma, yang merekam 2 buah album, The Joke’s On You (1983) dan The Last Man To Laugh (1985).


Di tahun 1986, Wilson meluncurkan 2 buah proyek yang akan menggunakan namanya. Yang pertama bernama “No Man Is An island (Except The Isle Of man)”, walaupun nantinya bernama “No-Man”. Sebuah poyek instrumental solo milik Wilson yang mencampur progreesive rock dengan synth, kemudian menjadi art-pop saat penyanyi/penulis lirik Tim Bowness masuk proyek ini di tahun berikutnya. Proyek kedua adalah “Porcupine Tree”, yang aslinya dimaksudkan sebagai band psychedelic rock utuh (terinspirasi oleh proyek Dukes of Stratosphear oleh XTC) yang mewakili hasrat musik Wilson dan teman masa kecilnya Malcolm Stocks.

Wilson juga membuat proyek lain: Bass Communion, Incredible Expanding Maindfuck, Blackfield dan Storm Corrosion. Dia juga mulai merilis album dibawah namanya sendiri. Album solonya berjumlah 5 buah.

Dia juga bekerja sebagai produser untuk Opeth pada album Blaxkwater Park, Delievrance, dan Damnation. Dia juga bekerja dengan OSI, Marillion, JBK, Orphaned Lands, Paatos, Theo Travis, Yoko Ono, Fish, Cipher, Anathema dan Anja Garbarek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...