Laman

Jumat, 04 November 2016

NICK SIMPER




Dilahirkan dengan nama Nicholas John Simper pada 3 November 1945 di Frogmore House Maternity Home, Norwood Green, Southall, Middlesex. 

Sebelum ikut membentuk Deep Purple di tahun 1968, Simper bermain untuk sejumlah band, antara lain The Renegades (1960-1961), The Delta Five (1961)-63), Some Other Guys (1963-64), Buddy Britten & The Regents berubah nama Simon Raven Cult (1964-66) dan Johnny Kidd & The Pirates. Sayangnya, dalam beberapa bulan ikut dengan The Pirates, Simper dan Kidd terlibat kecelakaan mobil yang menewaskan Kidd dan membuat Simper cedera. Setelah sembuh, Simper segera mengaktifkan kembali The Pirates sebagai band penghormatan kepada Kidd (1966-67) sebelum ikut the Garden, band latar untuk The Flower Pot Men (1967-68), dimana dia bermain dengan Jon Lord. (Lord yang pertama kali menyarankan bahwa Simper diminta untuk ikut Deep Purple saat band itu pertama kali dibentuk). Simper juga bermain sebentar dengan Lord Sutch’s Savages.


Simper bemain bass di 3 album Deep Purple dari tahun 1968 hingga 1969. Dia dipecat dari Deep Purple di pertengahan 1969 bersama dengan penyanyi orisinil Rod Evans. Saat penyanyi baru Ian Gillan dari band Episode Six dinyatakan sebagai pengganti untuk Evans, teman sebandnya Roger Glover dibawa serta untuk bermain bass di beberapa latihan dan merekam single “Hallelujah” untuk Deep Purple tanpa Simper ketahui. Drumer Deep Purple Ian Paice kemudian menyarankan bahwa band menyewa Glover bersama dengan Gillan. Ritchie Blackmore juga menyatakan di dalam wawancara bahwa dia merasa permainan bass Simper terlalu ketinggalan jaman dan lebih cocok untuk gaya rock ‘n roll lama dari pada hard rock yang dia inginkan dalam band.


Setelah kepergiannya, dia segera bekerja dengan Marsha Hunt sebelum membentuk bandnya sendiri Warhorse, yang merekam 2 album untuk Vertigo. Warhorse dimanajeri oleh Ron Hire, aslinya bagian dari HEC Enterprises, investor awal di Deep Purple. Selama masa ini juga Simper bermain di album live Lord Sutch, bersama Ritchie Blackmore, Keith Moon dan beberapa musisi lainnya.


Untuk Warhorse, seperti dengan band lainnya, terobosan penting dalamn penjualan album tidak terjadi. Warner Bros. sangat tertarik, dengan A&R senior (Dave Dee) mengontrak band ke dalam label rekaman. Dengan biaya dari Warner Bros, mereka masuk ke studio dan merekam dua buah lagu tapi pada akhirnya menjadi sebuah pilihan antara Warhorse dan The Heavy Metal Kids.


Pada tahun 1974 penghentian biaya mengisyaratkan akhir bagi band. Warhorse manggung terakhir kali di akhir tahun 1974di Polhill College, Bedford. Sayangnya perlengkapan mereka mereka mengalami kerusakan dan meskipun usaha dari kru dan manajer mereka sudah maksimal, mereka tidak dapat tampil dengan baik. Mereka mencoba, dan membawakan lagu B.B. King (Three O’Clock in the Morning) untuk melihat jika mereka sanggup untuk tampil, tapi hal itu tidak mungkin dan mereka meminta maaf kepada penonton dan pergi.

Simper dan gitaris Pete Parks menghabiskan tiga tahun berikutnya dengan menulis, merekam dan akhirnya membentuk sebuah band baru, bernama Nick Simper’s Dynamite (1975) yang merilis sebuah single, yang kini sangat langka.

Pada 9 Oktober 1976Simper ambil bagian di Johnny Kidd 10th Anniversary Memorial Show di Edwardian Club di Loughborough Hotel di Brixton.

Tanpa dukungan keuangan, bersama dengan Parks, Simper membentuk Nick Simper’s Fandango (1977-83) dan merilis 2 buah album. Pada saat bersamaan Frankie Reid membentuk band Flying Fox (1977-84) dengan Carlo Little, Simper dan Parks untuk bermain rock n’ roll saat mereka bebas dari komitmen dari band mereka lainnya.

Setelah kepergian Little band menamakan dirinya The Good Old Boys (1985-kini). Di pertengahan 90an, drummer Mick Underwood mengundang Simper untuk menjadi bagian Quatermass yang aktif kembali, yang telah merilis sebuah album melalui Harvest di tahun 1970. Dibawah nama Quatermass II (1994-1997) mereka merekam sebuah album.

Di tahun 2007 Simper juga ikut line-up Adelle & Co dengan Parks, Adelle Kirk, Jim Byers dan Richard Hudson.

Sejak meluncurkan websitenya di tahun2000an, Simper memperbarui kontaknya dengan khalayak yang lebih luas. Pembaruan karyanya antara lain reuni dengan Warhorse di tahun 2003 (dan juga tahun 2005). Selama manggung di Austria di tahun 2007 Simper membawakan lagu Deep Purple “Emmaretta” dengan dukungan band Nasty Habits. Di bulan Maret 2009 Simper tampil lagi dengan Nasty Habits di Austria. Band ini memainkan lagu-lagu dari 3 album awal Deep Purple. Kemudian di tahun yang sama Nick Simper & Nasty Habits memainkan pertunjukan lainnya di Plock, Polandia.

Di tahun 2010 Simper dan Nasty Habits memainkan pertunjukan dengan mempersembahkan “The Deep Purple Mark One Songbook” di Austria, Swiss, Hungaria dan Polandia dan sebuah album sedang dalam pembuatan. Pertunjukan di Budapest direkam untuk rilisan di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...