Laman

Kamis, 03 November 2016

RON McGOVNEY "Metallica's Original Bass Player"




Dilahirkan dengan nama Ronald McGovney pada 2 November 1962 di Los Angeles, AS.

Pada Juni 1981, McGovney membentuk band pertamanya, Leather Charm, dengan teman masa kecilnya James Hetfield dan gitaris Hugh Tanner dari band terdahulu Hetfield, Phantom Lord. Tanner segera meninggalkan Leather Charm untuk mengejar karir dalam manajemen musik; formasi berikutnya menampilkan gitaris Troy James dan drumer Jim Mulligan. Grup ini berlatih dengan lagu-lagu cover new wave of British heavy metal dan materi asli untuk beberapa bulan, tapi kepergian Mulligan pada tahun itu membawa pada pembubaran band.


Hetfield dan drumer Lars Ulrich membentuk proyek baru mereka, Metallica, pada akhir 1981. Dengan penambahan dari McGovney dan gitaris Dave Mustaine pada awal tahun selanjutnya, formasi pertama band menjadim lengkap. Setelah penampilan debut mereka pada 14 Maret, band menjalani tahun 1982 dengan ikut ambil bagian dalam skena heavy metal Los Angeles. Mereka merekam beberapa demo selama masa ini, termasuk satu yang direkam di garasi McGovney, demo Power Metal, dan lagu live No Life 'Til Leather. Sebuah rekaman lagu "Hit the Lights" dengan McGovney bermain bass ditampilkan di album Metal Massacre Vol. 1.

Masa McGovney di Metallica dilaporkan tidak bagus, karena dia sering berseteru dengan Ulrich dan Mustaine. Dia merasa perannya adalah sebagai penyedia dana dan transportasi, daripada seorang anggota band yang dihormati. Dia akhirnya mengundurkan diri pada 10 Desember karena ketengan yang makin memuncak, dan digantikan oleh Cliff Burton. Setelah meninggalkan Metallica, McGovney menjadi tidak tertarik untuk bermain musik dan menjual sebagian besar peralatan musiknya.


Pada 1986, vokalis Hirax Katon W. De Pena membujuh McGovney untuk kembali ke musik. Keduanya membentuk band thrash metal Phantasm dengan gitaris Rodney Nicholson dan beberapa musisi lain, secara singkat termasuk drumer Dark Angel Gene Hoglan. Phantasm merilis sebuah demo tapi tidak pernah merekam sebuah album, dan dibubarkan pada 1988 karena ketidakcocokan antara para anggota. Pada 2001, label thrash metal Deep Six Records merilis CD Wreckage, versi remaster dari demo milik band dengan judul yang sama dengan daftar lagu live dari 1987.


McGovney menghentikan karir profesionalnya setelah pembubaran Phantasm, tapi memberikan wawancara sporadis dan muncul di acara yang berhubungan dengan Metallica. Phantasm mendiskukan sebuah kemungkinan reuni pada 2007, tapi hal ini akhirnya gagal untuk diwujudkan.

Dia tampil secara umum untuk pertama kalinya dalam 23 tahun pada 10 Desember 2011, memainkan dua lagu dengan Metallica, Mustaine, dan gitaris studio awal Lloyd Grant di The Fillmore sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke 30 milik grup. Dua tahun kemudian, dia bergabung dengan band milik Mustaine Megadeth diatas panggung di Charlotte, North Carolina pada 5 Desember 2013, berbagi vokal utama pada sebuah versi cover dari "Cold Sweat" milik Thin Lizzy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...