Laman

Selasa, 01 November 2016

LARRY MULLEN, JR.




Dilahirkan dengan nama Laurence Joseph Mullen, Jr. pada 31 Oktober 1961 di Artane, Dublin, Irlandia. Dia adalah putra kedua dan satu-satunya anak laki-laki dari Laurence Josep Mullen, Sr. dan Maureen (Gaffney) Mullen. Dia tinggal di Rosemount Avenue, hingga usia 20an. Ayahnya adalah pegawai negeri dan ibunya adalah ibu rumah tangga. Dia memiliki kakak perempuan, Cecilia, dan adik perempuan, Mary (meninggal tahun 1973).

Dia belajar di School of Music di Chatham Row untuk mempelajari piano pada usia 8 tahun dan kemudian mulai bermain drum di tahun 1971 pada usia 9 tahun, dibawah arahan drummer Irlandia Joe Bonnie. Setelah Joe meninggal, putrid Bonnie, Monica, yang membimbing dia. Tapi Mullen berhenti belajar dan mulai belajar sendiri. Ibunya meninggal di sebuah kecelakaan mobil di tahun 1976.

Sebelum membentuk U2, Mullen terlibat selama tiga minggu, atas saran ayahnya, di sebuah marcing band di Dublin bernama the Artane Boys band (kini dikenal sebagai the Artane Band), berkontribusi kepada kemampuan bermain Mullen, seperti “Sundau Bloody Sunday”. Mullen tidak tertarik lagi dan meninggalkan band setelah mereka meminta memotong rambutnya yang panjang hingga bahu.


Dia menabung dan ayahnya membantunya untuk membeli perangkat drum buatan perusahaan mainan Jepang, yang dijual oleh teman kakaknya Cecilia. Dia memasang perangkat itu di kamar tidurnya dan orangtuanya memberinya waktu untuk berlatih. Kemudian ayahnya membawanya ke Post Office Workers Band, yang memainkan melodi orchestra dengan perkusi, bersama dengan marching band standar. Dia belajar di Scoil Colmcile, Marlborough Street, Dublin. Dia mengambil ujian untuk Chanel College dan St. Paul’s, dua sekolah Katolik yang ayahnya ingin dia belajar. Setelah Mary, bungsu dari tiga bersaudara Mullen, meninggal di tahun 1973 (usia 9 tahun), Larry Mullen, Sr. tidak ingin memaksakan kehendak anaknya ke sekolah tersebut dan mengirimnya ke Mount Temple Comprehensive School. 

Ayah Mullen menyarankannya untuk menempatkan sebuah pemberitahuan di papan iklan Mount Temple Comprehensive School, mengatakan “ drummer mencari musisi untuk membentuk band.” U2 terbentuk pada 25 September 1976 di dapur Mullen di Artane.

Band ini aslinya terdiri dari Mullen, Paul “Bono” Hewson, David “The Edge” Evans, adiknya Dik Evans, Adam Clayton, dan teman Mullen Ivan McCormick dan Peter Martin, yang aslinya dikenal sebagai “Larry Mullen Band” tapi nama itu dengan cepat berubah menjadi “Feedback”, karena itu adalah satu istilah musik yang mereka ketahui. McCormick dan Martin kemudian pergi, dan nama band berubah menjadi “The Hype”. Saat sebelum mereka memenangkan kontes bakat di Limerick, Irlandia, mereka merubah nama mereka lagi, untuk kali terakhir, menjadi U2 di sebuah konser perpisahan untuk Dik Evans, menjadi band beranggotan 4 orang hingga kini.

Mullen meninggalkan sekolah di tahun 1978, setelah menyelesaikan ujian Intermediate Certificate. Sekolah menhawarkan padanya kesempatan untuk melengkapi ujian Leaving Certificate. Dia dan kakaknya Cecilia bekerja untuk perusahaan Amerika di Dublin, sebuah perusahaan minyak di lepas pantai Irlandia. Mullen bekerja di sana selama 1 tahun di bagian pembelian, dengan prospek menjadi seorang programmer computer di bagian geology.

Selain dengan U2, Mullen juga melakukan karir solo seperti memgerjakan musik untuk film Mission: Impossible, yang dinominasikan Grammy Award. Mullen dan Adam Clayton berkolaborasi dengan Mike Mills dan Michael Stipe dari R.E.M. untuk membentuk grup singkat Automatic Baby. Dia juga berakting di layar film: Man on the Train dan A Thousand Times Goodnight.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...