Laman

Selasa, 05 Desember 2017

NATE MENDEL




Dilahirkan dengan nama Nathan Gregor Mendel pada 2 Desember 1968 di Richland, Washington, AS adalah seorang musisi Amerika untuk band Foo Fighters, The Jealous Sound, Sunny Day Real Estate, dan The Fire Theft . Pada tahun 2015, dia mengumumkan bahwa dia adalah penyanyi, penulis lagu, dan gitaris untuk proyek barunya, Lieutenant.  

Instrumen pertamanya adalah biola. Pada usia 13, Mendel mulai tertarik pada musik rock dan bergabung dengan band, seorang teman yang bermain gitar menyarankannya untuk bermain gitar bass. Mendel menyatakan bahwa "Saat saya mengambil gitar bass itu, saya menjalani 20 tahun kedalam musik punk ", dibantu oleh kotanya yang biasanya mengadakan konser band punk DIY seperti Scream. Hal ini menyebabkan "pendidikan musik yang sangat terbatas", karena walaupun mengikuti beberapa pelajaran dengan bassis dari band lokal, Mendel kebanyakan belajar sendiri untuk bermain, dan "itu adalah musik punk rock hardcore, seperti Minor Threat, Black Flag dan Bad Brains, daripada belajar bermain bass dari seseorang seperti John Entwistle , yang akan memberi saya dasar bagaimana cara bermain. Saya hanya ingin memainkan banyak notasi dengan sangat cepat." 



Mendel memulai karir musiknya di band hardcore Diddly Squat, yang hanya merekam 7” single tapi melakukan tur nasional selama liburan musim panas 1988. Setelah Diddly Squat berakhir, Mendel pindah ke Seattle, di mana ia menghabiskan empat bulan di band straight edge Brotherhood. Kemudian bergabung dengan band Christ on a Crutch, yang menampilkan rekan band Glen Essary dan berlangsung sampai 1993. Pada tahun 1992, Mendel dan teman sekamar Universitas Washington-nya Dan Hoerner memutuskan untuk membentuk sebuah band, dan mengundang drummer William Goldsmith untuk membentuk grup yang akan akhirnya diberi nama Sunny Day Real Estate. Mendel menambahkan bahwa SDRE adalah upaya untuk "bermain musik yang lebih rumit dan menarik." Sementara Mendel mengunjungi Eropa dengan Christ on a Crutch, Jeremy Enigk bermain dengan anggota yang tersisa dan akhirnya menjadi anggota penuh SDRE.


Tepat sebelum Sunny Day Real Estate bubar pada tahun 1995, Mendel dan Goldsmith diundang oleh Dave Grohl untuk bergabung dengan bandnya, the Foo Fighters, pada minggu Halloween pada akhir Oktober 1994. Dia tetap menjadi anggota band sejak saat itu, sebagai salah satu anggota asli di Foo Fighters saat ini bersama Grohl dan mantan gitaris live Nirvana Pat Smear. Meskipun Sunny Day Real Estate bersatu kembali untuk dua album lagi (How It Feels to Be Something On dan The Rising Tide), dia tetap bersama Foo Fighters, di Sunny Day Real Estate, dia digantikan oleh Jeff Palmer, dan Palmer digantikan oleh Joey Skyward, saat Skyward meninggalkan band, Jeremy Enigk (vokalis utama, gitaris ritem dan keyboardis) pindah ke bass. Setelah Sunny Day Real Estate dibubarkan sekali lagi, dia bergabung dengan anggota Sunny Day Real Estate lainnya Jeremy Enigk dan William Goldsmith untuk membentuk The Fire Theft, yang merilis sebuah album self-titled pada tahun 2003. Pada tahun 2001, dia bermain dengan Juno


Dia mencatatkan sebuah peran di film indie Our Burden Is Light, dimana dia juga berperan kecil sebagai pacar dan bassis karakter wanita utama. Dalam film tersebut, Mendel bermain di sebuah band bernama Bleeder, terdiri dari dirinya sendiri, Jessica Ballard, dan Taylor Hawkins

Pada bulan Juni 2009, dikonfirmasi bahwa Sunny Day Real Estate berencana untuk bersatu kembali, dengan Mendel kembali dalam band. Band ini melakukan tur pada tahun 2009, mengkonfirmasi sebuah album baru dalam pengerjaan. 


Mendel pada awalnya menganggap bass sebagai instrumen melodi, dan dengan demikian suka memasukkan lebih banyak kepribadian pada bagian bassnya. Bass Player menggambarkan gaya Mendel di Sunny Day Real Estate sebagai "sangat berat, berakar pada punk rock namun rentan terhadap penerbangan melodi yang mengelilingi pengaturan band yang lapang", dan Mendel menambahkan bahwa di tahun-tahun pertamanya di Foo Fighters dia mencoba "untuk membuat lagu-lagu ini serumit yang saya bisa dan menempatkan sebanyak mungkin bass di sana". Dia akhirnya mengubah prioritasnya menjadi gaya bass yang lebih tradisional dimana instrumennya berfungsi sebagai "jembatan antara elemen melodi dan perkusi", dengan mengatakan bahwa dia "mengubah cara saya bermain bass sehingga berhasil di band ini, jadi saya dapat mendukung lagu-lagu Dave sebaik mungkin." Prioritas yang dipelajarinya adalah dengan "bermain ketat dan terkunci yang lebih baik dengan drum" menambahkan bahwa ketika Grohl dan drummer Taylor Hawkins memutuskan untuk mengulang trek drum, kadang-kadang Mendel harus membuat ulang seluruh alur bassnya.

Mendel dikenal menggunakan pick hampir secara eksklusif. Gaya pilihannya alternate picking, namun pada album kelima Foo Fighters, In Your Honour, dia mulai menggunakan downpicking karena "dengan jenis musik ini, Anda memerlukan konsistensi dan suara perkusi yang Anda dapatkan dari bermain dengan downstroke." Untuk pertunjukkan akustik, Mendel bermai fingerstyle. 

Nate jarang terlihat bernyanyi. Namun dia menyanyikan vokal pendukung dengan Chris Shiflett di Monkey Wrench di Tabernakel di Atlanta, Georgia pada tahun 2000 sambil mendukung There Is Nothing Left To Lose, Dia dan Shiflett menyanyikan vokal pendukung outro ("fall in, fall out ). Dia juga terlihat mengisi vokal latar pada "I'll Stick Around" di Bizarre Festival pada tahun 2000. Juga, dia menyanyikan vokal latar di Bucknell University pada tahun 2000 pada "Monkey Wrench".

Dia memiliki satu anak laki-laki, Noah, dengan mantan pacarnya. Pada bulan September 2011 dilaporkan oleh Billboard.biz bahwa Mendel berkencan dengan penerbit dan direktur pemasaran Sub Pop, Kate Jackson. Mereka menikah pada bulan Oktober 2014. Nate belajar di SMA Hanford Jr./Sr. di Richland, WA. Dia adalah pemain skateboard avid sekaligus pembalap BMX di Washington St. Region. Dia juga secara teratur berkontribusi ke blog resmi Foo Fighters. Di pertunjukan Foo Fighters di Oklahoma City, Oklahoma pada tanggal 30 September 2015, Dave Grohl memperkenalkan band tersebut dan menyatakan bahwa Nate terbang pulang untuk kelahiran putranya, Cormac Bloodmoon Mendel, dan kembali keesokan harinya untuk berada di Oklahoma City untuk memainkan pertunjukan. 

Nate Mendel terang-terangan tentang pandangannya yang tidak ortodoks tentang HIV & AIDS. Pada bulan Januari 2000, dia menyelenggarakan konser dengan tiket terjual habis di Los Angeles untuk amal bagi Alive & Well AIDS Alternatives, sebuah kelompok yang mempertanyakan hubungan antara HIV & AIDS. Pada bulan April 2000, MTV News melaporkan bahwa "The Foo Fighters telah melakukan advokasi Alive & Well, sebuah kelompok informasi AIDS alternatif yang mempertanyakan hubungan antara HIV dan AIDS."

Menanggapi liputan tentang acara amal Alive & Well di majalah Mother Jones, Mendel menulis "Saya bukan seorang profesional medis, dan saya relatif baru dalam pertanyaan-pertanyaan ini, namun saya yakin bahwa mereka yang telah tes HIV positif dan mereka yang menderita AIDS sedang tidak mendapatkan semua informasi yang tersedia bagi mereka. Mereka yang meluangkan waktu untuk menyelidiki akan menemukan bahwa gagasan populer tentang AIDS didasarkan pada sebuah hipotesis yang tidak sesuai dengan penelitian ilmiah.” The Foo Fighters tidak lagi mencantumkan Alive & Well sebagai amal yang didukung di situs mereka pada tahun 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...