Laman

Jumat, 22 Desember 2017

CHRIS ROBINSON




Dilahirkan dengan nama Christopher Mark Robinson pada 20 Desember 1966 di Marietta, Atlanta, Georgia, AS. Dia adalah penyanyi dari band rock and roll The Black Crowes dan saudara dari gitarisnya Rich Robinson.

Dia adalah anak Nancy Jane (Stanley Bradley) dan Stanley "Stan" Robinson, yang memiliki rekaman kecil yang masuk di Billboard pada tahun 1959 yang berjudul "Boom-A-Dip-Dip" dan yang meninggal pada bulan September 2013. Bersama dengan saudaranya Rich, Robinson membentuk Mr. Crowe’s Garden pada tahun 1980an, sangat dipengaruhi oleh The Faces and The Rolling Stones. Mereka bermain berbagai klub di dan sekitar Atlanta.

Robinson belajar di Wofford College di Spartanburg, South Carolina. Sementara beberapa rekan mahasiswa memasang poster gadis bikini yang tergeletak di atas Porsche, Robinson menghiasi kamar asramanya dengan poster Tom Waits dan poster Dream Syndicate : "... bahkan pukul 18, saya sedang bermain musik."

Pada tahun 1989, Mr. Crowe's Garden mengubah nama mereka menjadi The Black Crowes. Mereka masuk ke label Rick Rubin Def American dan merilis album debut mereka Shake Your Money Maker. Dengan kesuksesan album mereka mereka pergi tur untuk mendukungnya. Mereka memainkan satu jadwal yang mendukung ZZ Top. Selama tur ini Chris dikritik karena berbicara kepada khalayak tentang penolakannya terhadap sponsor perusahaan. Hal ini menyebabkan ZZ Top memecat The Black Crowes dari tur.

Pada bulan Mei 1991, Chris Robinson meludah pada pelanggan wanita di sebuah toko barang 7-Eleven. Robinson ditangkap karena serangan dan mengganggu kedamaian, dan tidak mengajukan pembelaan enam bulan kemudian. Di media, Robinson secara terbuka membahas penggunaan ganja.


Selama sembilan tahun berikutnya The Black Crowes mengalami banyak perubahan lineup dan merilis enam album studio. Pada tahun 1997, The Black Crowes menjadi penampil utama Furthur Festival kedua, yang telah lahir pada musim panas 1996 oleh anggota sisa Grateful Dead setelah kematian Jerry Garcia pada bulan Agustus 1995. Pada awal tahun 2002, diumumkan bahwa drummer Steve Gorman akan meninggalkan band dan The Black Crowes akan beristirahat.

Rekaman solo pertamanya, "The Red Road", muncul di soundtrack Goldie Hawn 2002 (yang putrinya, Kate Hudson, adalah pasangan Robinson dari 2000-2006) film The Banger Sisters, yang menegaskan penyanyi tersebut memainkan materi yang lebih lembut. Sebuah debut penuh, New Earth Mud, muncul pada bulan Oktober dan mengumpulkan ulasan kritik positif. Ditulis dan diproduksi bersama Paul Stacey dan menampilkan kolaborasi dengan mantan Crowes Marc Ford dan Eddie Harsch, album tersebut memungkinkan Robinson untuk melakukan tur sebagai penampil utama. Band ini sendiri dikenal sebagai New Earth Mud dan mendapatkan reputasi untuk bermain dengan bagian panjang yang berorientasi untuk bermain di seluruh Amerika Serikat.

New Earth Mud melakukan tur ke tahun 2003, baik menjadi penampil utama dan berbagi panggung dengan para artis seperti Elvis Costello, Gov't Mule dan The String Cheese Incident. Robinson kembali ke studio setelah tur berakhir, lagi dengan Paul Stacey sebagai rekan penulis lagu dan produser. Hasil akhirnya adalah The Magnificent Distance, yang dirilis pada bulan Juni 2004. Album ini sukses secara komersial lebih besar dari pendahulunya dan memamerkan lebih banyak suara "full band".

Robinson berpisah dengan Paul Stacey dan seluruh bandnya di awal tahun 2004, alasannya tetap tidak diketahui. Dalam sebuah pengumuman yang sangat samar di papan pesan resminya, Robinson mengucapkan selamat tinggal pada formasi aslinya dan menyambut yang baru, yang menampilkan mantan anggota Crowes Audley Freed di gitar dan studio virtuoso George Reiff pada bass. Band ini melakukan tur untuk mendukung The Magnificent Distance ini sampai musim panas 2004. Tur lain direncanakan pada musim gugur tahun 2004 namun dibatalkan tiba-tiba dan tanpa bisa dijelaskan. Robinson malah berada di luar mata publik, terlepas dari tiga penampilan bersama Phil Lesh and Friends di Warfield Theater di San Francisco (Desember 2004).

Robinson tidak tampil di depan publik sampai pertunjukan Pebruari 2005 dengan saudaranya Rich di Consumer Electronics Show di Las Vegas (sebuah acara pribadi untuk orang-orang yang bekerja di bidang consumer electronics). Dia kemudian bergabung dengan Phil Lesh lagi untuk konser Mardi Gras Spectacular di San Francisco pada akhir Februari, yang juga menampilkan anggota Railroad Earth, Particle and Galactic serta mantan anggota Jerry Garcia Band.

Anggota band New Earth Mud

n     Chris Robinson - vokal, gitar, harmonika (2002-04) 

n      Paul Stacey - gitar utama, piano, vokal (2002-04)

n      Jeremy Stacey - drum, perkusi (2002-04)

n      George Reiff - bass, vokal (2002-04)

n      George Laks - keyboard, (2002-04)

n      Audley Freed - gitar utama (2004)

n      Steve DiStanislao - drum, perkusi, vokal (2004)

n      Rob Barraco - keyboard, vokal (2004)

Pada awal tahun 2005, diumumkan bahwa The Black Crowes akan bersatu kembali untuk bermain di Hammerstein Ballroom di New York. Lineup ini termasuk mantan anggota Sven Pipien dan Marc Ford. Hal ini cepat berubah menjadi tur penuh. Meski awalnya bukan bagian dari reuni, Steve Gorman kembali ke band pada awal Mei. Pada bulan Juli 2007, selama Black Crowes Summer Tour, album live Brothers of a Feather: Live at the Roxy dirilis.

Album ini terdiri dari lagu-lagu yang dipetik dari lagu bagian tiga malam milik Chris dan Rich Robinson di Roxy, dan menampilkan lagu-lagu Black Crowes (Horsehead, Cursed Diamond, Thorn In My Pride), materi solo dari kedua bersaudara (Someday Past the Sunset, Forgiven Song), lagu milik beberapa artis favorit mereka (Over the Hill, Roll Um Easy, Driving Wheel, Forever Young), dan materi baru (Magic Rooster Blues, Cold Boy Smile). Sebuah album baru, Warpaint, dirilis pada tanggal 4 Maret 2008.

Pada tanggal 31 Agustus 2009, Black Crowes merilis album materi asli lainnya, yang direkam di depan penonton langsung di beberapa pertunjukkan di gudang Levon Helm di New York, Before the Frost ... Setiap pembelian CD disertai dengan kode unduhan untuk menerima rilis pendamping album, ... Until the Freeze. Versi vinil mencakup semua 20 lagu.

Pada bulan April 2010, diumumkan bahwa dalam rangka perayaan ulang tahun ke 20 band tersebut, mereka akan merilis Croweology, yang menampilkan rekaman akustik favorit Black Crowes yang baru. Bagian dua disk akan dijual dengan harga satu disk sebagai ucapan terima kasih kepada penggemar. Dalam hubungannya dengan rilis tersebut, band ini juga akan memulai tur "Say Goodnight to the Bad Guys", yang akan berlangsung dari Agustus 2010 - Desember 2010. Mayoritas pertunjukan tersebut melihat band ini melakukan dua set 90 menit, akustik pertama, dan listrik kedua. Di akhir tur, diumumkan band ini akan memulai hiatus panjang yang belum ditentukan.


Pada musim gugur tahun 2010, www.chrisrobinsonband.com muncul, memicu spekulasi bahwa ini adalah proyek baru Chris dengan munculnya hiatus Crowes. Hal ini dikonfirmasi pada tanggal terakhir Say Goodnight to Bad Guys Tour di San Francisco, saat stiker mengiklankan band dan situs web tersebut dipasarkan pada April 2011. Akhirnya, proyek tersebut diberi nama Chris Robinson Brotherhood (CRB), dan tur California dua bulan diluncurkan pada tanggal 29 Maret 2011 di Soho di Santa Barbara, California. Formasi The Chris Robinson Brotherhood meliputi Adam MacDougall (dari Black Crowes ) di keyboard, George Sluppick pada drum (George telah digantikan oleh Tony Leone), Mark "Muddy" Dutton (dari Burning Tree) pada bass, dan Neal Casal pada gitar. Casal menggantikan Jonathan Wilson, yang pada awalnya diumumkan sebagai anggota band tersebut, namun pergi tidak lama kemudian.

CRB pergi ke Sunset Studios untuk merekam sebuah album pada bulan Januari 2012. Album pertama mereka, Big Moon Ritual, dirilis pada tanggal 5 Juni 2012, dengan album pendamping The Magic Door yang dirilis pada 11 September 2012. CRB juga merilis 7" dari "Blue Suede Shoes" b/w versi live "Girl, I Love You" untuk Record Store Day pada tanggal 21 April 2012.

Meski sempat berkecimpung di bidang ini sebelumnya, Robinson mulai secara konsisten memproduksi album artis lain di akhir tahun 2000an. Meskipun beberapa album yang diproduksi di bawah bimbingannya merupakan kesuksesan komersial, sebagian besar mendapat pengakuan kritis yang cukup besar.

n     Crossing Bridges oleh The Kinsey Report (Capitol, 1993)

n      Very Crystal Speed Machine oleh Thee Hypnotics (Def American, 1994)

n      Vagabonds oleh Gary Louris (Rykodisc, 2008)

n      Acoustic Vagabonds oleh Gary Louris (Rykodisc, 2008)

n      Ready for the Flood oleh Mark Olson & Gary Louris (Rykodisc, 2009)

n      Truth & Salvage Co. oleh Truth & Salvage Co. (Silver Arrow, 2010)

Robinson membuat penampilan cameo (bermain sebagai seorang malaikat ) di episode terakhir dari pertunjukan sketsa populer The Kids in the Hall pada tahun 1994. Menurut komentar DVD The Kids in the Hall Season 5, Robinson bertemu dengan Kate Hudson di live pertunjukan The Kids in the Hall selama tur reuni tahun 2000 mereka. Pada tahun 2007, Chris Robinson memainkan pesta ulang tahun Wavy di San Francisco dengan nama Chris Robinson’s Wooden Family. Pertunjukan tersebut merupakan usaha untuk mendukung sebuah organisasi pembangunan internasional yang bernama the Seva Foundation yang didirikan oleh Wavy bersama dengan Ram Dass. 

Pada tahun 2009, Robinson tampil di The People Speak, sebuah film dokumenter yang menggunakan pertunjukan dramatis dan musikal dari surat-surat, catatan harian, dan pidato orang Amerika sehari-hari, yang didasarkan pada A People’s History of the United States milik seorang sejarawan Howard Zinn.

Pada tanggal 8 September 1996, ia menikahi aktris Lala Sloatman, keponakan pemusik Frank Zappa. Mereka bercerai pada tahun 1998.

Pada bulan Desember 2000, Robinson menikahi aktris Kate Hudson. Anak mereka, Ryder Russell Robinson, lahir pada tanggal 7 Januari 2004. Pada tanggal 14 Agustus 2006, setelah hampir enam tahun menikah, Hudson mengumumkan perpisahan mereka. Pada tanggal 17 November 2006, Robinson mengajukan surat cerai, dengan alasan perbedaan yang tidak dapat didamaikan dan mencari hak asuh bersama putra mereka. Perceraian diberikan pada 22 Oktober 2007, dengan Robinson diberi hak asuh bersama Ryder.

Pada tahun 2009, Robinson menikahi Allison Bridges. Putri mereka, Cheyenne Genevieve Robinson, lahir pada tanggal 26 Desember 2009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...