Laman

Sabtu, 25 November 2017

CLEM BURKE




Dilahirkan pada 24 November 1954 di Bayonne, New Jersey, AS, adalah seorang musisi Amerika yang paling dikenal sebagai drummer band Blondie dari tahun 1975, tak lama setelah band ini terbentuk, sepanjang seluruh karir band ini.

Pengalaman awal Burke di balik drum kit dimulai pada akhir 1960an dan awal 1970an sebagai salah satu anggota pendiri band cover utama dari Bayonne, Total Environment dan Sweet Willie Jam Band. Burke juga mendapatkan pengetahuan perkusi dari jabatannya sebagai drummer di Saint Andrew Bridgmen Drum and Bugle Corps yang terkenal di Bayonne. Direkrut oleh Debbie Harry dan Chris Stein ketika Blondie pertama kali terbentuk pada tahun 1974, Burke bergabung dengan Blondie pada tahun 1975. Dia adalah tokoh kunci dalam menjaga kelompok ini tetap bersama-sama setelah Stein dan Harry mempertimbangkan untuk bubar, menyusul kepergian bassis asli Fred Smith ke Television dan merekrut. temannya Gary Valentine untuk bermain bass. Gaya permainannya dipengaruhi oleh Hal Blaine, Keith Moon, Ringo Starr, dan Earl Palmer.



Selama tahun 1980an dan 1990an, saat Blondie dibubarkan, Burke memainkan drum untuk antara lain the Romantics (untuk siapa Burke menjabat sebagai drummer reguler antara 1990 dan 2004), Pete Townshend , Bob Dylan, Eurythmics, Dramarama, Fleshtones, Iggy Pop, dan Joan Jett. Dia kemudian melakukan rekaman dengan line-up dari Checkered Past pada tahun 1983 dengan gitaris Sex Pistols Steve Jones, mantan rekan musik band Blondie Nigel Harrison, musisi Tony Sales dan penyanyi/aktor Michael Des Barres.


Pada tahun 1987 ia masuk sebagai drummer untuk Ramones (dengan nama "Elvis Ramone") untuk dua pertunjukan, pada tanggal 28 Agustus di Providence, Rhode Island, dan 29 Agustus di Trenton, New Jersey, setelah kepergian Richie Ramone yang tiba-tiba. Pada tanggal 8 Oktober 2004, dia sekali lagi bermain dengan nama "Elvis Ramone", saat dia bergabung dengan Tommy Ramone, CJ Ramone, dan Daniel Rey dalam konser "Ramones Beat on Cancer". Dia telah merekam dan bermain live dengan Wanda Jackson dan Nancy Sinatra. Burke juga bermain dalam rilisan solo anggota Go-Go, Kathy Valentine, Light Years pada tahun 2005. Melakukan rekaman dan tur dengan Dramarama dari Wayne NJ dan LA CA pada album rilisan 1993 mereka HiFi Sci fi. Dia dilantik ke dalam Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 2006 sebagai anggota Blondie.


Pada tahun 2007, Burke bergabung dengan Slinky Vagabond dengan gitaris David Bowie Earl Slick, Glen Matlock, dan Keanan Duffty yang memainkan konser debut mereka di Joey Ramone Birthday Bash pada bulan Mei 2007. Dia juga anggota Magic Christian (Dirty Water Records), bersama dengan gitaris Flamin' Groovies Cyril Jordan (gitar) dan gitaris Plimsouls Eddie Munoz (pada bass) dan melakukan tur beberapa kali sebagai drummer dengan Hugh Cornwell Band.


Burke bermain 90 menit di 100 konser dalam setahun dan pada tahun 2008 dilaporkan bahwa dia telah mengambil bagian dalam studi 8 tahun yang menganalisis efek fisik dan psikologis dari permainan drum dan stamina yang dibutuhkan oleh drumer profesional, yang dilakukan bersama oleh Universitas Gloucestershire dan Universitas Chichester . Pada bulan Juli 2011, Burke menerima gelar doktor kehormatan dari University of Gloucestershire, sebagai hasil dari proyek drum.


Pada bulan Desember 2011 ia membentuk band The International Swingers dengan pemain bass Sex Pistols Glen Matlock, gitaris James Stevenson dari Generation X dan penyanyi Gary Twinn dari Supernaut. Sekitar saat yang sama ia menjadi anggota pendiri Split Squad, berpartisipasi dalam tur, penampilan di festival SXSW, dan dalam rekaman albumnya, "Now Hear This ...", dirilis pada bulan Januari 2014.



Pada bulan April 2013, Burke muncul di lagu Little Steven "All I Needed Are You" bersama dengan Scott Kempner, Barry Goldberg, Gregg Sutton dan Tom Jr Morgan di album Carla Olson Have Harmony, Will Travel. Pada tahun 2014, Burke adalah anggota pendiri dari the Empty Hearts. Kelompok ini melakukan rekaman di 429 Records dan teman-teman bandnya meliputi gitaris the Romantics dan vokalis Wally Palmar, bassis the Chesterfield Kings Andy Babiuk, gitaris the Cars Elliot Easton, dan pianis Small Faces and Faces Ian McLagan. Album pertama self-titled band ini dirilis 5 Agustus 2014, dan diproduseri oleh Ed Stasium.



Pada tahun 2015, melalui PledgeMusic band The International Swingers mengumpulkan uang untuk merekam album self-titled penuh pertama mereka, The International Swingers (dengan judul sementara Watever Works Now). Album ini direkam di Studio 606 di LA yang dimiliki oleh Foo Fighters. Kemudian dicampur oleh Peter Walsh yang telah bekerja dengan Simple Minds, Pulp dan Scott Walker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...